10 Rekomendasi Aplikasi Burning CD Terbaik

3 min read

Rekomendasi Aplikasi Burning CD

CD bisa menjadi penyimpanan opsional jika kapasitas memori penyimpanan komputer mulai penuh sedangkan data yang ingin disimpan semakin banyak. Untuk bisa menyimpan berbagai file di CD dengan aman, maka dibutuhkan aplikasi burning CD yang terpasang di komputer.

Banyak software burning CD untuk komputer yang diciptakan oleh perusahaan pengembang, jadi wajar kalau banyak pengguna yang bingung mana aplikasi terbaik. Namun jangan khawatir, di artikel ini akan kami rangkum daftar software burning CD terbaik untuk komputer.

10 Daftar Aplikasi Burning CD

Rekomendasi Aplikasi Burning CD
Rekomendasi Aplikasi Burning CD

1. Ashampoo Burning Studio

Ashampoo Burning Studio merupakan software burning CD yang kompatibel untuk OS Windows 7, 8 dan 10. Software ini telah berpengalaman selama puluhan tahun serta telah digunakan oleh sekitar 20 juta pengguna dari seluruh dunia.

Melalui software ini, Anda bisa burning berbagai jenis file ke CD semisal folder, musik, video bahkan hingga disk yang memiliki format ISO. Anda juga tidak perlu khawatir akan kapasitas CD yang mulai penuh, karena Ashampoo memiliki fitur backup.

2. Nero

Nero Burning
Nero Burning

Selanjutnya ada Nero, software burning CD paling populer yang digunakan berbagai generasi. Melalui software ini, pengguna bisa burning banyak jenis media dengan berbagai format ke CD dengan mudah dan aman. Anda bisa download Nero versi gratis, namun jika ingin fitur lebih lengkap bisa upgrade ke versi premium.

Layaknya software burning CD, Nero memiliki banyak fitur unggulan semisal burner, converter, ripper hingga media manager. Ada juga fitur backup untuk mencadangkan data dan mengompresnya agar ukurannya mengecil.

3. ImgBurn

Selanjutnya Anda bisa mencoba ImgBurn untuk membakar berbagai file ke CD dengan pengoperasian yang mudah. Bukan hanya CD, software ini bahkan bisa digunakan untuk burning file ke DVD, Blu-Ray dan HD-DVD.

Seperti namanya, aplikasi ini bisa sangat berguna untuk burning file, terutama gambar dengan berbagai format yang berbeda. Selain support ekstensi JPG, JPEG dan PNG, ImgBurn juga bisa membakar file ekstensi BIN, CCD, IMG, MDS dan masih banyak lagi.

4. CDBurnerXP

CDBurnerXP
CDBurnerXP

CDBurnerXP bisa diandalkan untuk membakar file di komputer OS Windows 7 hingga 10. Aplikasi ini merupakan rekomendasi karena bisa dimanfaatkan untuk burning berbagai file ke CD agar kapasitas memori komputer tidak penuh.

CDBurnerXP memiliki fitur dasar untuk membakar file ISO ke CD, Blu-Ray, DVD dan lain sebagainya. Jika piringan penuh, Anda juga tidak perlu khawatir karena sudah ada fitur backup untuk enkripsi dan kompresi file agar lebih minim ukurannya.

Baca juga : Cara Kompres Video Tanpa Mengurangi Kualitas

5. Active ISO Burner

Software untuk burning CD yang bisa digunakan selanjutnya adalah Active@ ISO Burner, yang bisa membakar file ISO ke CD-R, CD-RW, DVD+R, DVD-RW dan lain sebagainya. Aplikasi ini sangat disarankan untuk pengguna pemula karena pengoperasiannya yang sangat mudah.

Cara burning CD menggunakan aplikasi ini sangat mudah, Anda hanya butuh memasukkan kepingan CD ke CD Room lalu pilih “Path” dan “Target”. Setelahnya Anda bisa menentukan kecepatan burning, mode serta jumlah salinan yang dibutuhkan.

6. Power ISO

Power ISO
Power ISO

Sesuai namanya, Power ISO sangat powerfull untuk membakar file dengan format ISO, NRG, BIN, DAA dan seterusnya. Aplikasi burning CD ini memang memiliki fitur super lengkap, karena selain fitur dasar, Power ISO juga memiliki fitur ekstrak dan mount file. Belum lagi fitur Ripping yang bisa membakar audio ke CD dalam format MP3, BIN, WMA dan masih banyak lagi.

7. Ultimate CD/DVD Burner

Software untuk burning CD yang bisa Anda gunakan selanjutnya adalah Ultimate CD/DVD Burner, yang memiliki pengoperasian yang mudah dan praktis. Sesuai namanya, aplikasi ini bisa digunakan untuk burning file ke CD maupun DVD.

Selain mudah digunakan, Ultimate CD/DVD Burner juga memiliki fitur yang sangat komplit nan memudahkan. Karena selain memiliki fitur burning file, Ultimate CD/DVD Burner juga terdapat fitur copy disc, photo album, backup data dan seterusnya.

8. Infra Recorder

Infra Recorder
Infra Recorder

Selain memiliki fitur super lengkap, Infra Recorder juga dapat dioperasikan dengan mudah serta praktis. Pengguna hanya butuh melakukan drag and down untuk membakar berbagai file ke CD untuk menormalkan kapasitas memori komputer. Melalui aplikasi ini, Anda tidak butuh menghapus data penting karena bisa menyimpannya ke CD, yang harganya sangat terjangkau.

9. Star Burn

Jika masih bingung untuk menggunakan software burning CD, maka bisa memasang Star Burn di komputer Anda. Aplikasi ini dijamin akan memudahkan Anda (drag and down) dalam membakar berbagai jenis dan format file ke CD. Selain fitur dasar burning file, Star Burn juga masih memiliki fitur dukungan yang lumayan komplit, yang pasti tidak akan mengecewakan penggunanya.

10. BurnAware

BurnAware
BurnAware

Terakhir, ada BurnAware, yang bermanfaat untuk menggandakan data jaga-jaga jika ada masalah tertentu dengan komputer. Melalui aplikasi ini, Anda bisa burning file sehingga akan tersimpan dalam bentuk CD maupun DVD.

Aplikasi dengan banyak pengguna ini juga akan memudahkan Anda untuk bisa membakar ISO Image dengan mudah. Pastinya BurnAware memiliki fitur yang lengkap, karena selain CD software ini juga bisa membakar file ke DVD dan Blu-Ray.

promo domain .com
promo domain .com

Bagaimana? tertarik untuk mencobanya? silahkan pilih langsung mana yang paling bagus. Perlu diketahui bahwa Qwords adalah penyedia layanan hosting, domain, server, VPS, VPN, email marketing dan jasa pembuatan.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *