Memiliki blog sendiri akan memberikan banyak keuntungan, dan jika beruntung blog yang dimiliki bisa dikomersilkan. Ada banyak platform yang bisa dipilih untuk membangun sebuah blog atau website. Mayoritas orang akan menggunakan Blogger maupun WordPress, namun bukan berarti pilihannya hanya terbatas pada dua nama ini.

Bagi Anda yang ingin mencoba platform lain atau mungkin merasa sudah menguasai kedua platform di atas. Maka bisa mencoba menggunakan platform Weebly Indonesia yang ternyata tidak kalah populer di tanah air.

Platform ini juga sering dipilih untuk membantu membangun blog pribadi, baik untuk tujuan bisnis maupun yang lainnya. Namun, sudahkah Anda mengenal apa itu Weebly?

Apa Itu Weebly?

Apa Itu Weebly
Apa Itu Weebly

Apabila masih asing dengan platform Weebly, maka penting sekali untuk mengetahui dulu apa itu Weebly dan bagaimana menggunakannya. Weebly sendiri merupakan platform yang bisa digunakan untuk membuat blog atau website secara gratis maupun berbayar. Tinggal disesuaikan dengan kebutuhan, karena terdapat perbedaan fitur antara versi gratis dan berbayarnya.

Sebaiknya cek dulu fasilitas apa saja yang bisa didapatkan jika menggunakan versi gratis, dan jika dirasa cukup Anda tidak perlu memilih versi berbayar, pun sebaliknya. Jika dirasa tujuan membangun blog memerlukan fitur lebih kompleks misal untuk tujuan komersial. Tentunya akan lebih baik jika memakai versi berbayar agar lebih profesional.

Weebly Pricing

Weebly Pricing
Weebly Pricing

Jika tertarik untuk mengetahui detail biaya penggunaan layanan Weebly Web Builder, maka bisa mengecek detail biayanya di bawah ini:

  • Weebly Free

Sesuai dengan namanya, Weebly versi ini adalah versi gratis yang bisa digunakan fitur-fiturnya tanpa biaya. Hanya saja dengan memilih paket ini maka alamat domain akan menyertakan nama Weebly. Namun sudah mendapatkan fasilitas SSL Security gratis dan ruang penyimpanan sebesar 500MB.

  • Weebly Connect

Pilihan berikutnya adalah Weebly Connect yang satu tingkat di atas Weebly versi gratis. Lantas, apa itu Weebly Connect? Jadi dengan paket satu ini Anda perlu membayar biaya bulanan sebesar $5 dengan beberapa fitur tambahan. Salah satunya mendapatkan alamat domain khusus tanpa nama Weebly.

  • Weebly Pro

Weebly Pro juga bisa dijadikan pilihan untuk Anda yang berencana membangun situs organisasi atau komunitas melalui platform satu ini. Biaya bulanannya adalah $12 yang sudah dilengkapi fasilitas Google Ads sampai $100 dan domain gratis senilai $20.

  • Weebly Business

Ingin membangun toko online profesional dengan Weebly? Maka bisa memilih model Weebly Business yang menyuguhkan fitur lengkap untuk menghadirkan website jual beli profesional.

Fitur yang disediakan tidak beda jauh dengan Weebly Pro dan biaya bulanannya adalah $25. Perbedaan terletak pada adanya fitur untuk menghitung ongkos pengiriman, label pengiriman, tampilan produk jualan, dan lain sebagainya yang membuat tampilan website selayaknya marketplace besar.

Baca juga : Cara Membuat Website WordPress Untuk Pemula

Cara Membuat Blog di Weebly

Mengenal Weebly
Mengenal Weebly

Melalui penjelasan mengenai apa itu Weebly di atas, bisa jadi Anda tertarik untuk mencoba fitur dan fasilitas yang disediakan. Jika memang demikian, maka Anda bisa langsung mencoba membangun website di platform ini. Berikut adalah tata caranya:

1. Membuat Akun

Langkah pertama untuk membuat website dengan Weebly tentu saja dengan membuat akun. Kunjungi website Weebly website builder dan lakukan registrasi dengan klik tombol “Sign Up”. Nanti akan muncul dua pilihan, jika ingin membuat blog biasa bisa memilih model “I just need a website”. Jika ingin membuka toko online pilih model “I need a website with an online store”.

2. Memilih Tema

Usai memilih jenis atau model website, maka langkah selanjutnya adalah menentukan tema. Pilihannya beragam, silahkan memilih kategori sesuai selera dan kebutuhan.

3. Menentukan Nama Domain

Berikutnya adalah menentukan nama domain, dan tersedia tiga pilihan. Yakni “fin a custom domain”, “use a domain I own”, dan “use a weebly subdomain”. Jika masih bingung maka bisa dilewati dan langsung ke langkah berikutnya.

4. Membuat Desain Website

Berikutnya adalah mendesain tampilan Weebly ketika nanti dipublikasikan, pilih menu yang dirasa diperlukan. Nantinya bisa ditambah, dikurangi, dan tentunya diedit sesuai kebutuhan.

5. Menambahkan Apps

Langkah berikutnya adalah menambahkan Apps, yakni bentuk plugin jika menggunakan WordPress yang membantu memaksimalkan fitur dari website Weebly.

6. Memilih Paket

Jika memperhatikan pilihan paket Weebly diatas maka setelah menambah Apps, Anda bisa menentukan pilihan. Sesuaikan dengan kebutuhan maupun anggaran agar pilihannya tepat.

7. Publikasi Blog

Langkah final dalam pembuatan website Weebly adalah melakukan publikasi. Caranya Anda masuk ke menu “dashboard” lalu klik menu “publish your website”. Berikutnya cari menu “edit website” kemudian klik lagi menu “publish”. Jika sudah sampai di tahap ini maka website sudah bisa diakses siapa saja secara online.

Jika memerlukan editing lebih lanjut, maka bisa melakukan Weebly login dan mengakses menu yang dibutuhkan untuk diedit sesuai keperluan. Khusus untuk langkah yang dilewati maka perlu segera dilengkapi, yakni dalam tahap menentukan domain. Dianjurkan untuk memakai domain yang tepat untuk kemudahan optimasi.

Memahami apa itu Weebly dengan baik akan membantu Anda membangun toko online ataupun website profesional dengan mudah. Jadi, silahkan pahami lebih dalam penjelasan di atas agar eksekusinya lebih mudah dan cepat.

Untuk Anda yang saat ini membutuhkan jasa pembuatan website untuk keperluan bisnis  Anda, Kami memiliki rekomendasi jasa pembuatan website di bikin.website. Anda bisa mengkustom desain dan kebutuhan website untuk keperluan bisnis dengan harga yang murah dan berkualitas. Tunggu apalagi miliki website untuk bisnis Anda sekarang juga.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *