Banyak orang berbicara mengenai jenis, pengembangan, dan manfaat website. Namun, tidak sedikit dari orang-orang tersebut tidak mengetahui apa itu website sebenarnya. Memahami pengetahuan dasar mengenai website dapat membantu Anda merapikan cara berpikir mengenai bagaimana website itu diciptakan, apa bedanya dengan blog, pengembangannya melalui CMS, dan bagaimana mendapatkan profit dari website itu sendiri.

Apa Itu Website

apa itu website
apa itu website

Apa itu website dan ada berapakah jenis website? Pertanyaan tersebut merupakan pertanyaan populer mengenai website. Pertanyaan populer lain mengenai website adalah bagaimana cara membuat website dan apa bedanya blog dengan website. Kendati banyak disebut dan telah menjadi bagian penting dalam kehidupan umat manusia sejak 20 tahun yang lalu, masih banyak orang tidak memahami website itu apa.

  • Website (web, site, situs) adalah tempat sentral dimana web pages (halaman) disimpan.
  • Halaman tersebut mengandung konten atau isi dari website.
  • Home page (laman) adalah halaman utama dimana seluruh konten saling terhubung.
  • URL (Uniform Resource Locator, www) adalah alamat website.
  • Untuk mengakses alamat website tersebut, Anda membutuhkan web browser (Firefox, Chrome, Opera dll).

Jenis Website

Jenis Website
Jenis Website

Pada umumnya, perbedaan jenis website dapat dikategorikan berdasarkan server atau konten. Berdasarkan server, website dapat dibedakan ke dalam 2 jenis, website static dan website dynamic. Berdasarkan konten, website dapat dibedakan ke dalam hingga belasan jenis. Pengklasifikasian website berdasarkan konten ini merupakan pengklasifikasian paling populer. Berikut adalah beberapa jenis website berdasarkan konten:

1. Pribadi

Anda bisa mengeluarkan seluruh isi pikiran Anda dengan membuat website pribadi. Apapun itu, dari mulai curhat, opini publik, karya sastra, hingga catatan perjalanan. Jenis website ini memang tidak dibuat untuk profit. Namun, dengan isi yang menarik website ini bisa menghasilkan profit dalam jumlah yang tidak dapat diremehkan.

Baca juga : Membuat Website WordPress Untuk Pemula

2. E-Commerce

Pasar atau toko online bukan lagi sesuatu yang asing di telinga masyarakat dunia. Website e-commerce menyediakan tempat jual-beli, baik baru maupun bekas, dari merek ternama hingga tanpa merek sekalipun. Apapun website yang menyediakan fasilitas bertransaksi dapat dikategorikan ke dalam website e-commerce.

3. Media

Beragam informasi terkini yang dirilis secara cepat dan akurat, kolom-kolom opini, hasil riset, survei terbaru, hingga wawancara dengan tokoh berpengaruh ditampilkan di website ini. Website media mendapatkan profit biasanya dari iklan.

4. Hiburan

Apapun bidangnya, film, video game, musik, komik, dunia selebriti, termasuk sesuatu yang dapat menghibur adalah jadi konten utama dari website hiburan. Website media dan hiburan memang mirip terutama dalam menyajikan informasi terkini. Bedanya, website hiburan lebih mengutamakan aspek kesenangan.

5. Organisasi

Website organisasi atau instansi memuat seluruh program yang ditawarkan oleh instansi atau organisasi terkait. Instansi pendidikan, pemerintahan, hingga LSM atau non-profit masuk dalam kategori website ini. Konten yang ditawarkan selain ditujukan kepada pegawai atau calon pegawai ditujukan juga untuk khalayak umum.

6. Komunitas

Apa itu website komunitas? Website komunitas berisi konten yang dipublikasikan oleh kontributor, baik secara sukarela (bagian dari forum) atau tidak. Contoh website ini adalah Wikipedia, “wiki-wiki” lainnya, dan forum-forum internet. Konten yang dbuat akan bergantung pada partisipasi orang-orang yang ada di forum tersebut.

7. Perusahaan

Website perusahaan ini menampilkan informasi mengenai semua hal yang ingin dipresentasikan perusahaan ke publik. Perbedaan mendasar antara website perusahaan dengan e-commerce adalah website ini tidak menjual produk secara langsung, tetapi sebagai media perkenalan produk sekaligus media pencitraan brand.

CMS Website

Logo WordPress
Logo WordPress

Setelah Anda mengetahui apa itu website dan contohnya, sekarang saatnya Anda mengenal lebih dekat Content Management System atau yang lebih dikenal dengan singkatannya, yaitu CMS. Apa itu website CMS? CMS adalah software atau program yang membantu Anda membuat, mengembangkan, memodifikasi, mengatur sebuah website tanpa harus memiliki kemampuan spesifik mengenai coding.

CMS adalah alat yang akan membantu Anda melewati proses pembuatan kode program atau sistem yang berfungsi sebagai tempat dimana Anda menyimpan halaman dan konten lain pada hosting. CMS akan membuat Anda langsung fokus menentukan desain, membuat konten, dll. CMS memiliki dua bagian penting, CMS (Content Management Application) dan CDA (Content Delivery Application).

CMA adalah bagian yang membuat Anda dapat menambah dan melakukan manajemen konten. Sementara CDA adalah proses internal (tidak terlihat) yang membuat konten tersebut dapat disimpan dengan baik dan pada akhirnya bisa dilihat oleh publik. Cara CMS bekerja sama dengan kebanyakan software produksi lainnya dimana Anda membuka software dan membuat website dengan tools yang tersedia di aplikasi tersebut.

CMS adalah salah satu alasan kenapa jumlah website semakin hari semakin banyak dan berkembang. CMS berhasil meningkatkan animo dan meyakinkan publik jika membuat website itu tidaklah sulit. Setelah Anda mengetahui apa itu CMS website, Anda tentu penasaran CMS mana saja yang paling banyak digunakan dan merupakan pilihan populer sekaligus pilihan terbaik. Berikut adalah contoh CMS-CMS terpopuler.

Selain CMS ada juga yang disebut mockup website. Apa itu mockup website dan apa perannya dalam dunia “perwebsite-an”? Mockup adalah semacam desain atau rancangan website yang dibuat dengan menggunakan aplikasi desain. Selain aplikasi desain, ada juga aplikasi yang khusus digunakan untuk membuat mockup. Setelah mockup dibuat oleh seorang desainer, mockup tersebut akan dijadikan website dengan CMS atau secara manual.

Untuk Anda yang kebingungan dalam membuat website, kami memiliki rekomendasi layanan pembuatan website di bikin.website dengan berbagai layanan serta fitur yang bisa dicustom sesuai dengan kebutuhan.

Perbedaan Blog dan Website

blogspot atau wordpress
blogspot atau wordpress

Mengetahui apa itu website tidak berarti Anda paham apa perbedaan blog dengan website. Percayalah bahwa hal ini sepele tetapi fatal jika dibiarkan. Masih banyak orang kebingungan apa bedanya blog dengan website. Selain kebingungan, dilema anatara memilih membuat website atau blog juga kerap menimpa banyak orang.

  • Blog adalah jenis website dimana konten yang dipublikasikan akan dirilis berdasarkan kronologi dari yang terbaru ke yang terlama. Blog biasanya digunakan oleh seseorang yang ingin mempublikasikan konten personal dan berusaha lebih dekat dengan pengunjung dengan menyertakan kolom komentar. Kendati demikian tidak sedikit blog yang berisi informasi non-personal atau menjadi bagian dari website lain.
  • Website adalah tempat dimana konten blog tersebut disimpan. Jenis website lain merilis konten sesuai dengan visi pemiliknya dimana blog merilis konten secara kronologis. Sebuah blog bisa dipastikan adalah sebuah website. Blog bisa menjadi bagian dari sebuah website. Sebaliknya, tidak semua website itu berbentuk blog. Baik blog maupun website dapat dibuat dengan menggunakan CMS.

Sekarang Anda mengetahui apa itu website dan blog. Hal lain selain desain dan konten yang perlu Anda pikirkan adalah server dan host yang akan digunakan website Anda. Qwords hosting Indonesia adalah tempat yang tepat jika Anda hendak mencari server dan hosting yang berkualitas. Qwords menyediakan jasa pengembangan website sekaligus hosting dan server untuk beragam jenis website dengan kapabilitas dan harga yang bervariasi dan terjangkau. Tunggu apalagi miliki websitemu sekarang juga di Qwords.com

Terima kasih

8 Replies to “Apa Itu Website? Jenis dan Contohnya

    1. Untuk saat ini WordPress masih jadi yang terdepan.
      Tapi perlu dipertimbangkan juga terkait kebutuhan website yang ingin dibuat.

      Pengguna WordPress juga bisa pakai WordPress hosting untuk mendapaatkan kinerja optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *