Apa Itu VPN dan Hal Penting Lain Yang Perlu Anda Tahu

3 min read

Apa Itu VPN dan Gunanya

VPN sudah ada sejak jaman dahulu tetapi memang tidak banyak yang menggunakannya, hanya orang-orang yang tahu dan butuh saja untuk menggunakan layanan VPN. VPN juga masih digunakan sampai dengan saat ini.

Bahkan, hampir seluruh masyarakat di berbagai negara menggunakannya untuk mendapatkan jaringan internet yang aman. Pengguna VPN juga akan dapat melakukan akses VPN mereka secara remote. Anda ingin lebih paham tentang VPN, maka Anda harus simak artikel ini sampai selesai.

Apa Itu VPN dan Fungsinya

Apa Itu VPN dan Gunanya
Apa Itu VPN dan Gunanya

VPN sendiri memiliki kepanjangan Virtual Private Network yang mana berfungsi untuk memberikan layanan berupa akses internet ke website-website secara private dan lebih aman. Keamanan VPN bisa lebih terjamin, karena memang dapat mengubah jalur koneksi yang melewati server sambil menyembunyikan setiap pertukaran data yang diakses oleh pengguna VPN.

VPN memungkinkan banyak peralatan canggih akses internet untuk dapat melakukan koneksi ke internet. Beberapa perangkat yang dimaksud, seperti smartphone, tablet, laptop, dan juga komputer. Intinya, adakalanya Anda akan dapat mengakses suatu informasi hanya dari tempat yang berbeda. Saat Anda berada di tempat yang sama, bisa jadi Anda tidak bisa akses hal itu.
Dengan kata lain, VPN bisa membuat pengguna terhubung dengan antar PC secara private juga. Beberapa fungsi sebenarnya dari VPN adalah untuk menjaga kerahasiaan data, menjamin keutuhan data yang diakses, dan melakukan otentikasi sumber.

Fungsi VPN dalam menjaga kerahasiaan data agar orang lain yang tidak berkepentingan tidak bisa dengan sembarangan mengakses data tersebut. Hal ini jauh lebih aman daripada jaringan biasa atau umum yang dapat diakses oleh siapapun. Ada lebih banyak ancaman hacker atau cracker dengan mengakses melalui jaringan publik.

Banyak perusahaan besar yang menggunakan VPN demi menjaga kerahasiaan data yang mereka miliki. Menggunakan VPN memungkinkan untuk melakukan akses dan mengakhiri akses dengan metode enkripsi yang lebih private dan aman. Saat pengguna VPN mengakhiri akses, maka data sebelumnya yang diakses akan benar-benar disembunyikan dan tidak dapat dilihat sama sekali.

Fungsi dalam menjaga keutuhan data yang dimaksud adalah VPN menjaga keselamatan data dari akses para oknum yang memiliki niatan tidak baik. VPN selalu memastikan bahwa data yang dikirim dan diterima oleh penggunanya selalu sesuai dengan permintaan dan tidak ada pihak ketiga yang mampu melakukan perubahan terhadap data tersebut. Intinya manipulasi data oleh pihak ketiga tidak akan terjadi.

Fungsi VPN dalam otentikasi sumber adalah VPN melakukan pengecekan terhadap sumber pengirim data. VPN akan memastikan, mengecek, dan menganalisa data yang akan masuk ke penerima dari sumbernya langsung. Saat proses autentikasi sukses, maka pengiriman data akan disetujui. VPN akan menyaring berbagai sumber yang tidak terpercaya, sehingga pengiriman virus dan malware bisa lebih minim.

Manfaat VPN

Mencari Informasi di Google
Mencari Informasi di Google

Ada banyak sekali manfaat yang bisa Anda peroleh saat anda dan kantor tempat Anda menggunakan VPN. Salah satunya adalah remote access, fitur tersebut memungkinkan Anda untuk dapat akses internet dengan memakai jaringan internet saja.
Hal ini juga tetap dapat dilakukan, meskipun Anda menggunakan jaringan yang berbeda. Selama jaringan Anda dikenali oleh VPN, maka Anda akan tetap dapat terhubung ke internet. Selain itu, ada banyak manfaat lain yang bisa Anda dapatkan lho.

1. By Pass

Anda biasanya memiliki keterbatasan akses suatu situs saat berada di suatu negara. Misalkan Anda berada di negara A yang melarang akses terhadap website A. Saat Anda berpindah negara, jaringan Anda dikenal sebagai jaringan yang berasal dari negara B, maka Anda akan diperbolehkan untuk mengakses website A. Hal ini disebut dengan By Pass internet.

2. Adanya Sistem Pengaman Data

Anda yang memiliki VPN sendiri juga bisa mendapatkan banyak manfaat, terutama dalam hal pengamanan data saat akses ke jaringan public. VPN akan berguna untuk melakukan proteksi terhadap pertukaran data yang Anda lakukan saat akses ke jaringan yang tidak terpercaya. Hal ini sangat berguna saat Anda menggunakan WiFi yang ada di café, bar, dan tempat public lainnya.

3. Menjamin Keamanan Informasi Pribadi

Setiap orang yang tidak menggunakan VPN bisa dengan mudah terlacak lokasi realtime saat sedang menggunakan akses internet. Bisa dikatakan hampir semua orang yang tahu cara ini akan dapat melacak posisi Anda. Pastinya Anda tidak ingin hal itu terjadi bukan. Untuk menghindari hal tersebut, maka Anda bisa menggunakan VPN yang mana dapat menyembunyikan lokasi Anda saat sedang akses internet.

Baca juga : Tips Menjaga Keamanan WordPress

Cara Kerja VPN

Cara Kerja VPN
Cara Kerja VPN

VPN ini memiliki cara kerja yang sangat simple dimana akan melakukan enkripsi pertukaran data dengan sigap. Bahkan, enkripsi tersebut dilakukan dengan cepat sebelum koneksi public, seperti café membaca pertukaran data. Akses internet seperti dilakukan dengan menggunakan lorong spesial VPN alias tidak pakai jaringan utama.

Setiap pertukaran data dan apa yang Anda akses akan dapat dengan mudah terbaca jika tidak menggunakan VPN. Hal itu terjadi, karena tidak adanya enkripsi setiap kali melakukan pertukaran data alias akses internet. Saat Anda menggunakan VPN, maka setiap pertukaran data akan dilewatkan Server VPN terlebih dahulu untuk mendapatkan enkripsi.

Kapan Harus Menggunakan VPN

Pertanyaan selanjutnya yang sangat sering ditanyakan adalah kapan harus menggunakan VPN. Sebenarnya sih, Anda bisa terus memanfaatkan VPN setiap kali konek ke internet dengan jaringan apapun. Pengamanan yang diberikan oleh VPN ini juga tetap berlaku, meskipun jaringan internet lambat. Tetap akan ada enkripsi data setiap kali Anda login dan akses internet dengan menggunakan jaringan publik.

Anda juga dapat menggunakan VPN ini untuk bisa menghapus adanya akses website akibat batasan negara. Anda akan dapat mengakses website yang dibatasi untuk beberapa negara saja dengan menggunakan VPN ini. Pastikan untuk tidak mengakses hal yang melanggar hukum ya. Anda bisa mengganti VPN sesuai dengan negara yang dapat melakukan akses terhadap website tersebut.

Kabar baiknya saat ini Qwords.com memiliki layanan baru yaitu Diego VPN yang memungkinkan Anda mengakses website dengan private network yang aman, super cepat, easy to use dan yang paling penting harganya murah.

Kemudian, proses akses bisa dilakukan dengan menggunakan laptop, komputer, maupun smartphone Anda. Intinya proses akses terserah Anda ingin menggunakan perangkat seperti apa. Anda juga dapat menggunakan VPN ini saat ingin berbelanja di suatu toko online yang memberikan diskon hanya untuk negara tertentu.
Pastinya hal ini sangat lumayan untuk bisa menghemat keuangan bukan, walaupun memang bergantung pada apa yang hendak Anda beli. Anda hanya perlu mengubah VPN ke negara yang diperbolehkan untuk mendapatkan diskon, sehingga Anda bisa membayar dengan lebih murah.

Anda sekarang sudah sangat paham akan apa itu VPN. Anda yang tertarik bisa segera menggunakan VPN ini, terutama demi keamanan data saat akses internet. Untuk Anda yang sekarang ini membutuhkan layanan email marketing, kami memiliki rekomendasi Email Marketing Indonesia by Qwords.com, cukup dengan harga 66.000/bulan Anda sudah bisa menikmati layanan kirim email kebanyak contact secara otomatis, tunggu apalagi miliki email marketing Anda sekarang juga.
Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *