Apa itu URL? Fungsi, Jenis dan Struktur URL

2 min read

Apa itu URL

Bagi Anda yang aktif menggunakan internet, maka tentu sudah tidak asing lagi mengenai apa itu URL. Namun tak jarang masih ada juga beberapa orang yang belum memahami tentang URL. Padahal, secara tidak langsung mereka telah menggunakan URL saat berselancar di internet.

Ketidaktahuan seseorang mengenai URL biasanya disebabkan karena kurangnya pemahaman mengenai apa itu URL. Untuk mengurangi rasa penasaran Anda, simak beberapa informasi lengkap mengenai apa itu URL di bawah ini.

Pengertian URL

Apa itu URL
Apa itu URL

URL merupakan singkatan dari Uniform Rescure Locator. Yakni sebuah karakter yang memiliki standar tertentu yang menunjukkan alamat dari sumber-sumber internet. Baik itu berupa dokumen, gambar, file page dan lain sebagainya. Adapun rangkaian karakter yang umumnya digunakan dalam URL adalah angka, huruf, hingga simbol-simbol yang masih sesuai standar.

Salah satu standar tersebut seperti tidak terdapat spasi, diawali dengan http, dan masih banyak lagi. URL sendiri sangat penting ditetapkan oleh web developer. Pada web browser sendiri sudah secara otomatis mengarahkan kolom URL Anda pada mesin pencarian, sehingga Anda hanya perlu mengetikkan keyword yang diperlukan saja.

Fungsi URL

Jika bisa diibaratkan, website merupakan sebuah rumah. Sementara untuk menuju rumah tersebut, maka Anda memerlukan sebuah alamat. Dalam dunia virtual sendiri alamat tersebutlah yang disebut dengan URL. Apa itu URL sendiri memiliki beberapa fungsi, diantaranya sebagai berikut:

  1.   Sebagai pengidentifikasi dokumen yang ada pada web
  2.   Memberikan nama dokumen yang ada pada web
  3.   Memberikan alamat bagi setiap web yang nantinya diisikan dokumen
  4.   Mempermudah dalam mengingat alamat dokumen yang terdapat dalam sebuah web
  5.   Mempermudah dalam mengakses file maupun dokumen lewat sebuah web

Baca juga : Cara Menganti URL Login Website

Jenis dan Struktur URL

Jenis URL
Jenis URL

URL sebenarnya memiliki berbagai jenis yang bisa Anda gunakan, diantaranya:

1. URL Absolute

Merupakan sebuah alamat lengkap yang menyertakan nama domain. Alamat tersebut secara langsung juga menentukan lokasi dokumen ataupun director yang ada dalam internet. Adapun format penyusunan dari sebuah URL Absolute yakni domain-direktori-dokumen. Yang berarti direktori berada dalam suatu doman, sementara dokumen terdapat dalam suatu direktori pada domain utama.

2. URL Relative

Yakni sebuah URL yang menentukan sebuah alamat menurut URL aktif saat itu. Jika URL Absolute sudah memiliki format atau susunan yang baku, maka berbeda dengan URL Relative. URL ini tidak memiliki format penyusunan yang baku karena hanya ada petunjuk nama dokumen yang saat itu Kita buka pada halaman internet.

Bagian Pada URL

Selain beberapa jenis URL diatas, Anda juga perlu mengetahui apa saja bagian-bagian URL. Terdapat tiga bagian umum yang biasanya Anda akan jumpai pada sebuah URL. Tiga bagian tersebut antara lain Protokol, Hostname, serta Path. Di bawah ini merupakan bagian-bagian utama apa itu URL tersebut.

1. Protokol

Merupakan bagian dari URL yang menjelaskan bagaimana proses komunikasi akan dilakukan. Jika diartikan secara sederhana, maka Protokol merupakan seperangkat aturan yang menjelaskan tentang bagaimana proses komunikasi yang terjadi antara dua atau lebih komputer.

Jaringan akan mengikuti aturan tersebut agar bisa mentransmisikan data dengan tepat. Adapun jenis Protocol yang umumnya Anda temukan di internet adalah https dan http. Pada kegiatan browser sendiri, Protokol adalah bagian yang opsional. Hal ini berarti, Anda bisa mengetikkan URL baik itu dengan Protokol atau tidak pada bagian address bar browser.

2. Hostname

Hostname sering kali disebut juga dengan domain name. Ini merupakan salah satu bagian yang menunjukkan alamat utama dari sebuah website yang menerbitkan informasi yang bersangkutan.

3. Path

Yakni bagian yang menunjukkan lokasi file yang dapat diakses.

Umumnya, dalam suatu URL minimal terdiri dari Protocol dan juga Hostname.

Selain tiga bagian-bagian URL diatas, masih terdapat pula dua bagian lain dari URL yang sering Anda jumpai pada sebuah website. Bagian-bagian URL tersebut antara lain Parameter dan juga Anchor.

  1.   Parameter

Parameter merupakan sebuah query pada URL. Umumnya, Parameter berfungsi untuk memproses sebuah data pada halaman dengan dinamis. Pada URL sendiri, pendefinisian Parameter ditulis dengan awalan ? serta lokasinya berada setelah Path URL.

URL yang memiliki bagian Parameter umumnya sering Anda jumpai pada situs jual beli online.

  1.   Anchor

Anchor merupakan sebuah query yang berfungsi sebagai kepentingan navigasi halaman. Bagian URL yang satu ini digunakan untuk membuat link bisa mengarah pada bagian tertentu dalam sebuah halaman web. Pada suatu URL sendiri, pendefinisian Anchor umumnya ditulis dengan awalan # dan berlokasi di bagian akhir URL.

Dengan mengetahui lebih lanjut apa itu URL maka Anda tidak perlu bingung dan pusing lagi saat ingin mengidentifikasi sebuah file dalam internet. Pasalnya, dari karakter URL sendiri akan sangat memudahkan Anda sebagai pengguna internet saat berselancar mencari informasi yang diperlukan.

Keberadaan URL sendiri sangatlah penting bagi perkembangan dunia digital. Hal ini tak lain karena dengan URL Kita akan lebih mudah dalam mengingat nama domain dalam sebuah website. Jika tidak terdapat URL maka Anda harus mengingat nomor IP pada website tersebut. Jadi bagaimana, apakah Anda sudah memahami lebih dalam mengenai apa itu URL?

Sebelum diakhiri, untuk Anda yang saat ini membutuhkan layanan hosting murah untuk keperluan bisnis Anda, Kami memiliki layanan hosting dari Qwords dengan harga mulai dari 14.500/bulan saja. Tunggu apalagi segera miliki website dengan URL domain terbaik.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *