Mengenal Apa Itu Tracert dan Kegunaannya

2 min read

Apa Itu Tracert

Bagi siapa saja yang sering menggunakan internet maka dijamin akrab dengan beberapa istilah, misalnya saja istilah Ping dan Tracert atau Traceroute. Kedua istilah ini digunakan atau akan diingat pengguna internet ketika mendapati masalah koneksi. Misalnya saja secara mendadak jaringan internet terputus, dan tentu penyebabnya sangat beragam.

Bagi pengguna internet yang tergolong awam biasanya akan berpangku tangan dan menunggu jaringan kembali normal. Namun bagi yang sudah paham dunia internet dan beberapa pengaturannya dijamin akan melakukan Ping ataupun Traceroute tadi. Apabila masih belum terlalu familiar dengan Traceroute ini, maka bisa menyimak penjelasan berikut.

Apa Itu Tracert?

Apa Itu Tracert
Apa Itu Tracert

Langkah awal untuk bisa memperbaiki error pada jaringan internet memakai ping maupun traceroute tadi, adalah mengenal definisi dan seluk beluk lainnya. Supaya lebih mudah dipahami dan dipraktekan maka bisa mengenal dulu tentang Traceroute yang bisa dipakai di komputer berbasis Windows maupun Linux.

Tracert atau Traceroute sendiri adalah sebuah alat yang digunakan untuk memecahkan masalah terkait jaringan, yakni dengan melakukan pelacakan pada rute perjalanan paket jaringan internet yang digunakan. Secara sederhana Traceroute ini bisa disebut sebagai alat bantu untuk melacak bagian atau letak yang menyebabkan masalah pada koneksi jaringan internet.

Hasil pelacakan memakai Traceroute ini akan ditampilkan di layar komputer berupa deretan coding. Tidak perlu cemas tidak bisa membaca tampilan coding tersebut, karena intinya adalah mencari coding yang mengandung kata-kata “request timed out”. Jika menjumpai kalimat coding yang memiliki kata-kata tersebut maka disitulah asal muasal masalah jaringan internet bisa terputus.

Tracert Online

Eksekusi Traceroute tidak hanya bisa dilakukan manual lewat CMD saja, namun tersedia pula website yang khusus membantu melakukan perintah tersebut. Terdapat sejumlah website yang menyediakan layanan Traceroute online sehingga bisa memberi kemudahan untuk mencari letak masalah jaringan yang terputus.

Bagaimana bisa menggunakan layanan Traceroute online tersebut, sementara jaringan internet bermasalah? Solusinya tentu saja dengan menggunakan perangkat lain. Misalnya saja bermasalah dengan putusnya koneksi internet di laptop, maka untuk melakukan Traceroute bisa mengakses website tersebut melalui smartphone.

Sehingga bisa mengetahui letak masalah tanpa harus mengetikan perintah Traceroute tersebut secara manual. Sistem kerja website Traceroute online ini biasanya dengan menginput atau memasukan IP Addres dari perangkat komputer yang digunakan. Dalam beberapa detik website tersebut akan melakukan pengecekan rute jaringan internet.

Hasil pencariannya akan membantu menemukan pusat masalah yang menyebabkan jaringan internet terputus. Selanjutnya tentu saja Anda bisa melakukan perbaikan di pusat masalah tersebut. Sehingga lebih hemat waktu, dan bisa segera mengembalikan akses internet untuk berbagai keperluan.

Baca juga : Tips Mengakses Jaringan Internet Dengan Aman

Kenapa Harus Tracert IP?

Kenapa harus menggunakan Tracert? Memiliki Traceroute IP atau Traceroute ini akan membantu mengetahui penyebab putusnya jaringan internet. Tidak hanya itu saja, namun juga memberi lebih banyak informasi. Seperti:

  1. Bisa mendapatkan nama ISP dari perangkat yang digunakan untuk online, biasanya informasi mengenai ISP ini akan muncul di baris coding ketiga atau keempat. Namun jika tidak terdapat di kedua baris ini maka bisa mencarinya di domain pertama.
  2. Melihat semua router atau jalur yang telah dilalui untuk bisa terhubung ke jaringan internet yang terputus. Biasanya terlihat dari jumlah baris coding yang muncul, jika ada 13 baris maka artinya ada 13 jalur yang dilewati oleh perangkat.
  3. Mendapatkan informasi mengenai nilai latensi, yakni besaran angka yang menunjukan besar kecilnya masalah yang menyebabkan terputusnya jaringan internet.
  4. Mengetahui dengan pasti titik mana yang menjadi pusat terputusnya koneksi internet, dan bisa fokus ke titik tersebut saat melakukan perbaikan jaringan.
  5. Membantu memberi informasi mengenai kualitas jaringan, sehingga Traceroute ini bisa menjadi alat untuk menganalisa kekuatan jaringan yang digunakan.

Tracert Domain & Caranya

Ping dengan Command Prompt
Ping dengan Command Prompt

Ada kalanya masalah terputusnya jaringan berpusat di perangkat yang digunakan atau dari domain website yang diakses. Maka bisa mencoba melacak Tracert domain untuk memastikannya. Anda bisa menggunakan CMD atau command di perangkat komputer yang dipakai untuk mengecek domain tersebut. Detail tata caranya adalah sebagai berikut:

  1. Klik “Start” kemudian Run.
  2. Ketik “CMD” di kolom yang tersedia,lalu klik tombol “OK”
  3. Maka akan muncul kotak dialog CMD berupa kotak warna hitam dengan beberapa baris coding di dalamnya.
  4. langkah berikutnya memanggil domain dengan mengetik “Ping” disusul dengan nama domain dari website yang dimiliki atau akan diakses.

Apabila setelah memanggil domain, di CMD menunjukan respon jawaban maka artinya domain website tidak memiliki masalah. Namun jika muncul kata-kata “Ping request could not find host….”, maka bisa melakukan Tracert domain. Caranya cukup mengetikan kata “Tracert (spasi) nama domain”.

Apabila di jendela CMD tidak menunjukan respon maka artinya domain website tersebut menjadi pusat masalah. Namun jika ada jawaban maka artinya adalah kebalikannya, yakni domain tidak bermasalah.

Memahami apa itu Tracert dan bagaimana menggunakannya akan membantu aktivitas online Anda. Tidak hanya saat mengakses sebuah website namun juga saat mengelola website untuk tujuan apapun, sehingga tepat untuk dipelajari.

Qwords selaku penyedia hosting domain murah Indonesia selalu berkontribusi untuk memberikan artikel-artikel yang berisi pengetahuan dalam hal teknologi informasi. Jika Anda sedang membutuhkan website jangan sungkan-sungkan untuk mengunjungi website Kami di www.Qwords.com.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *