Apa Itu SSL, Fungsi, Jenisnya dan Beda SSL Gratis

3 min read

Apa itu ssl

Istilah SSL tentu sudah tidak asing lagi bagi para blogger atau web developer, namun bagaimana dengan sahabat Qwords semua?

Apakah kalian sudah tau apa itu SSL? Secara umum, sertifikat SSL adalah salah satu elemen penting dalam menunjang performa sebuah website.

Ada banyak fungsi yang dimiliki oleh sertifikat SSL.

Mulai dari melakukan enkripsi data pribadi, meningkatkan ranking SEO, hingga menambah reputasi di mata calon pembeli.

Agar Anda tidak semakin penasaran, langsung saja mari kita simak penjelasan terkait pengertian SSL, Fungsi SSL, serta tutorial singkat cara beli SSL murah bagi pengguna di Indonesia.

Apa Itu SSL?

Pengertian SSL
Pengertian SSL

Apa itu SSL? Menurut wikipedia, SSL adalah singkatan dari Secure Socket Layer, sebuah lapisan keamanan terenkripsi yang memiliki fungsi sebagai pengaman data pribadi.

SSL bekerja ketika pengunjung website melakukan transaksi data antar server melalui web browser.

Sertifikat SSL sebenarnya merupakan sebuah file berisi kode yang diinstal pada situs asal. File ini berisi informasi terkait public key dan identitas si pemilik website.

Di era teknologi informasi seperti sekarang ini, sebuah website diwajibkan untuk menggunakan sertifikat SSL agar reputasi di mata pengguna semakin tinggi.

Baca juga: Apa itu Multi Domain SSL?

Fungsi SSL Certificate

fungsi SSL
fungsi SSL

Ada banyak sekali fungsi SSL yang bisa dinikmati, berikut ini merupakan beberapa contoh kegunaan SSL certificate yang perlu Anda ketahui:

1. Menambah Kredibilitas Website

Di era digital seperti sekarang ini, kepercayaan dan reputasi merupakan hal yang sangat penting untuk dijaga.

Nah, salah satu cara untuk memperoleh reputasi tinggi dari calon pembeli adalah dengan memasang sertifikat SSL pada website.

2. Melindungi Data Pengunjung

Untuk meminimalisir penyalahgunaan data pribadi, saat ini Google menyarankan setiap pemilik website agar memasang sertifikat SSL.

Jika himbauan ini tidak dilakukan, maka secara otomatis website Anda akan menampilkan peringatan “not secure” ketika diakses lewat berbagai browser.

Adapun perlindungan yang diberikan oleh sertifikat SSL sendiri berupa enkripsi seluruh data menggunakan public key dan private key.

3.Menambah Poin SEO

Meski hanya salah satu dari sekian banyak faktor yang bisa menentukan ranking SEO, sertifikat SSL mampu memberikan dukungan yang lumayan signifikan untuk SEO website.

Sebagai raksasa mesin pencari, pada tahun 2014 silam Google sendiri secara terbuka sudah memberikan pernyataan bahwa sertifikat SSL harus diterapkan jika ingin mendapatkan posisi terbaik di halaman depan.

Jenis-Jenis SSL

Jenis jenis SSL
Jenis jenis SSL

Saat ini ada tiga jenis sertifikat SSL berdasarkan harga, jumlah domain, serta level keamanannya, di antaranya yakni DV (Domain Validated) untuk website personal, OV (Organization Validated) untuk website organisasi dan EV (Extended Validated) untuk website perusahaan.

Anda bisa mempelajari jenis-jenis SSL berikut ini agar tidak salah pilih:

Baca juga: Tips Membeli Sertifikat SSL Sesuai Kebutuhan

1. Sertifikat SSL Extended Validated (EV)

Sertifikat SSL Extended Validation (EV) merupakan jenis SSL yang memiliki tingkat keamanan paling tinggi.

SSL EV sangat direkomendasikan bagi para pemilik website e-commerce dan perusahaan finansial, karena bisa menampilkan green bar sebagai lambang tingkat keamanan yang tidak mudah dipalsukan.

Dari sisi pengguna, sertifikat SSL EV harus didaftarkan menggunakan beberapa dokumen legal, seperti SIUP, NPWP dan lain sebagainya.

Soal harga, jenis SSL EV adalah yang paling mahal di antara tipe sertifikat SSL lainnya.

2. Sertifikat SSL Organization Validated (OV)

Sertifikat SSL jenis OV biasanya digunakan oleh organisasi yang ingin tampak lebih mapan di ranah digital.

Sertifikat SSL yang satu ini kerap kali disamakan dengan sertifikat SSL jenis DV karena dari segi tampilan, baik DV maupun OV sama-sama tidak bisa menampilkan green bar.

3. Sertifikat SSL Domain Validated (DV)

Jenis sertifikat SSL ini sangat populer digunakan oleh para blogger personal ataupun pemilik bisnis rumahan yang menggunakan website sebagai media pemasaran.

Secara kualitas, DV SSL jauh lebih baik dibandingkan SSL gratisan Let’s Encrypt atau Cloudflare, karena biasanya terdapat garansi yang menjamin bahwa data benar-benar terenkripsi dengan aman.

Dari segi harga, SSL tipe DV juga tidak terlalu mahal, bahkan harganya relatif murah untuk ukuran masa aktif satu tahun penggunaan.

Anda bisa melihat daftar harga sertifikat SSL DV, EV, maupun OV melalui halaman berikut ini.

SSL Gratis vs SSL Berbayar

Ada perdebatan cukup panjang terkait penggunaan SSL terbaik, antara SSL gratisan atau SSL berbayar.

Untuk SSL gratisan memang kerap kali dipilih pengguna awam, karena selain tidak perlu mengeluarkan dana, SSL gratis dari Let’s encrypt atau Cloudflare juga memiliki kinerja yang lumayan.

Terlepas dari itu, SSL gratisan dari Let’s Encrypt memiliki kelemahan pada masa aktif yang hanya berlaku 3 bulan dan perlu antri untuk melakukan proses renewal.

Sementara untuk SSL berbayar memiliki masa aktif setahun dengan garansi jaminan keamanan data yang tentunya lebih baik dibandingkan layanan SSL gratisan.

Cara Beli SSL Certificate

Cara beli SSL sangat mudah dan gampang, Anda bisa membeli sertifikat SSL dari website Qwords.com atau GudangSSL.id menggunakan pembayaran via transfer bank, minimarket, virtual account, atau melalui uang digital. Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka situs https://www.qwords.com/services/secured-sockets-layer-certificate/

2.Pilih Sertifikat SSL Sesuai Kebutuhan

3.Lakukan Pemesanan Sertifikat SSL

4.Login Akun Qwords

5.Bayar Invoice

6.Sertifikat SSL Siap Dipasang ke Website

Kesimpulan

Bagaimana? Apakah ulasan terkait apa itu SSL di atas sudah cukup jelas? Untuk saat ini, kehadiran SSL Certificate memang sangat penting untuk menunjang optimasi sebuah website.

Bayangkan jika Anda merupakan pemilik situs toko online atau marketplace yang sehari-hari digunakan untuk bertransaksi.

Tentunya Anda memerlukan sistem keamanan seperti Sertifikat SSL agar data pribadi pengguna tidak mudah dibobol oleh pencuri.

Sekian pembahasan kali ini, jangan lupa berlangganan newsletter Qwords atau meninggalkan jejak di komentar jika ada yang ingin disampaikan.

Semoga bermanfaat.

Konektor Jaringan, Pahlawan di Balik Konektivitas…

Dunia digital saat ini sangat bergantung pada jaringan internet.  Mulai dari berselancar di dunia maya, streaming film terbaru, hingga terhubung dengan rekan kerja secara...
Eril Obeit Choiri
6 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *