SSHD adalah suatu model penyimpanan jenis terbaru yang menggabungkan jenis HDD dan SDD. Selama ini, kita hanya mengenal dua jenis penyimpanan pada PC atau laptop. Namun SSHD hadir dan ditemukan menggabungkan nilai plus dari kedua jenis penyimpanan untuk jadi yang lebih efektif.

Penyimpanan data menjadi salah satu prioritas orang memilih perangkat, terutama untuk aktivitas yang berhubungan dengan pekerjaan Seperti apa kelebihan SSHD sehingga bisa disebut sebagai model penyimpanan paling efisien? Simak penjelasan di bawah ini.

Apa itu SSHD?

SSHD
SSHD

SSHD adalah singkatan dari Solid State Hybrid Drives yakni sebuah inovasi baru dalam memori penyimpanan internal dalam sebuah PC atau laptop. Model penyimpanan SSHD ini menggabungkan dua jenis penyimpanan yakni HDD (Hard Disk Drive) dan SSD (Solid State Drive).

Dengan penggabungan dua jenis penyimpanan tersebut, SSHD memiliki beberapa keunggulan seperti kecepatan transfer data yang mengalahkan jenis penyimpanan lain seperti HDD dan SDD. Tak cuma itu, kapasitas penyimpanan SSHD juga besar sehingga orang lebih cenderung memilih SSHD karena efisien.

Di dunia kerja saat ini, PC atau laptop dengan jenis penyimpanan SSHD lebih disukai karena cepat dan kapasitas yang luas. Hal ini bisa meningkatkan produktivitas seseorang dalam mengerjakan suatu pekerjaan.

Klaim ini juga dibuktikan dari Forrester riset pada karyawan di sejumlah perusahaan di Amerika Utara

Kelebihan SSHD

Berikut keunggulan dan kelebihan SSHD dibanding dengan penyimpanan HDD dan SDD, di antaranya adalah:

  • Kecepatan Transfer Data Tinggi

Selama ini kita mengenal SSD sebagai penyimpanan yang memberikan transfer data cepat. Dalam komponen SSHD hal itu juga bisa ditemukan. Karena dia memadukan antara SSD dan HDD, maka kecepatan booting, loading data juga dimiliki oleh SSHD.

  • Tingkat Kegagalan Penyimpanan Internal Rendah

Lagi-lagi, penggabungan model jenis SDD dan HDD dalam model SSHD memberikan keuntungan lain yakni berupa tingkat kegagalan yang rendah. Meski sebenarnya tingkat kegagalan selalu ada, namun dengan adanya SSHD dianggap lebih efisien kinerjanya.

  • SSHD Lebih Awet

SSHD terbukti lebih awet daripada HDD karena bagian yang bergerak lebih sedikit ketika pemrosesan data Misalnya saja, ketika HDD mengalami bad sector dan data gagal dibaca.

SSHD tak akan mengalami hal tersebut, Sehingga bisa dipastikan pemeliharaan SSHD juga lebih mudah yang menjadikannya lebih awet dan tahan lama.

  • Cocok untuk Gamers

SSHD menjadi penyimpanan PC yang cocok untuk seorang gamers karena menawarkan kecepatan data serta booting. Game yang memiliki ukuran besar juga terakomodasi dengan ukuran SSHD yang juga luas.

Memainkan game tidak akan terganggu dengan proses booting yang lama atau lemot jika memakai SSHD.

  • Daya Baterai

Jenis penyimpanan juga turut mempengaruhi daya baterai dalam sebuah perangkat, Menggunakan SSHD bisa dibilang merupakan win-win solution untuk mengakomodasi penyimpanan yang luas.

Dari segi ketahanan daya baterai, SSHD lebih hemat ketimbang HDD, namun masih kalah tipis ketimbang penggunaan SDD.

Meski banyak keunggulan, tetapi pasti ada kekurangan pada SSHD. Berikut ini adalah kekurangan dari penggunaan SSHD sebagai penyimpanan laptop, di antaranya:

Baca juga : 7 Perbedaan SSD dan HDD

Kekurangan dari SSHD

Penggabungan SSD dan HDD pada SSHD tidak semata-mata membuat SSHD adalah pilihan sempurna. Karena masih ada komponen dari HDD, maka SSHD masih punya kelemahan dari sector HDD seperti bobotnya yang berat, suara saat disk berputar, dan kecepatan yang masih di bawah model SSD.

  • Harga yang Lebih Mahal

Secara umum, SSHD memiliki harga yang lebih mahal ketimbang HDD. Namun hal tersebut tidak lebih mahal ketimbang SSD. Jadi untuk urutan dari yang termahal ke yang terjangkau adalah SSD, SSHD, dan HDD. Harga biasanya diukur dari kapasitas penyimpanannya.

Perbedaan SSHD dan HDD

Perbedaan SSHD dan HDD
Perbedaan SSHD dan HDD

Untuk mengetahui perbedaan antara SSHD dan HDD, maka Anda perlu mengetahui pengertian dan cara kerja dari masing-masing jenis penyimpanan. HDD atau Hard Disk Drive yakni model penyimpanan generasi lama pada PC. Keunggulan utama HDD adalah kapasitas penyimpanannya yang besar.

Cara kerja HDD adalah menggunakan Disk atau cakram yang dilapisi bahan magnetik yang mengumpulkan informasi digital. Disk akan bergerak pada porosnya untuk mengaktifkan proses baca tulis. Kecepatan HDD bervariasi ada yang 5200 RPM hingga 7200 RPM.

Sedangkan SSHD seperti sudah disinggung di atas, adalah penggabungan model penyimpanan SSD dan HDD. SSD adalah penyimpanan yang memanfaatkan rangkaian IC untuk menyimpan data atau informasi. Susunannya seperti USB Flash Drive karena terdiri dari beberapa IC.

Penggabungan dua jenis penyimpanan SSD dan HDD membuat SSHD memiliki kinerja paling efisien karena kelebihan dari dua jenis penyimpanan tersebut ada pada SSHD. Dua hal yang paling bisa dirasakan adalah pada segi kecepatan transfer data dan ukuran penyimpanan yang luas.

Salah satu brand pencipta SSHD pertama kali adalah Seagate. Mereka benar-benar berinovasi untuk menciptakan penyimpanan yang unggul dari segi performa maupun kapasitas. Teknologi yang dipakai oleh Seagate ini dinamakan sebagai teknologi Adaptive Memory.

Dalam teknologi tersebut, Seagate menciptakan atau mengatur sebuah algoritma yang bisa melacak penggunaan data dan menganalisis data secara pintar yang disimpan di flash memori dan piringan (disk). Maka akan muncul kelebihan dari dua jenis penyimpanan tersebut yakni HDD dan SDD.

SSHD adalah teknologi baru yang saat ini ramai diperbincangkan. Di era sekarang yang membutuhkan kecepatan sekaligus kapasitas penyimpanan yang besar, SSHD menjadi pilihan yang efektif. Jika Anda merencanakan membeli PC atau laptop, pertimbangkan spesifikasi SSHD pada perangkat Anda.

Qwords selaku penyedia domain hosting murah di Indonesia selalu berupaya untuk memberikan informasi menarik kepada semua pelanggannya, salah satunya lewat artikel tentang SSHD ini. Jika Anda membutuhkan hosting SSD akses cepat bisa langsung saja pesan di Qwords.com.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *