Pengertian Apa Itu SITU & Syarat Mendaftarnya

3 min read

Pengertian Apa Itu SITU

Dalam memulai bisnis bukan hanya tentang membuat produk dan strategi marketing saja, ada satu hal penting lain dan ini sering terlewat yaitu urusan perizinan. Sekarang memulai bisnis tidak bisa langsung buka begitu saja, ada beberapa perizinan yang harus Anda selesaikan terlebih dahulu yaitu SITU dan juga SIUP. Lalu apa itu SITU dan SIUP itu?

Sahabat Qwords tidak perlu khawatir tentang perizinan tersebut karena cara pengurusannya cukup mudah, asal berkas-berkas yang dibutuhkan sudah lengkap. Pada pembahasan artikel kali ini kita akan membahas lebih ke pengertian SITU, perbedaan SITU dengan SIUP, syarat mendaftar SITU, cara membuat SITU dan terakhir biaya. Untuk itu silahkan simak artikelnya sampai akhir pembahasan.

Pengertian SITU

Bisnis Kecil
Bisnis Kecil

Surat Izin Tempat Usaha atau biasa disebut SITU adalah surat yang dikeluarkan secara resmi untuk perorangan, badan usaha dan juga perusahaan yang membuka tempat usaha. Surat tersebut isinya menyatakan bahwa usaha yang dijalankan sudah sesuai dengan ketentuan tata ruang pada wilayah sekitar tempat usaha.

SITU ini berlaku untuk semua bidang usaha seperti perdagangan, perkantoran, perusahaan dan lainnya. Dengan memiliki SITU, legalitas usaha Anda sudah diakui dan sudah sesuai dengan aturan hukum yang berlaku di Indonesia. SITU ini bisa diurus saat bersamaan dengan pendirian usaha/bisnis, karena SITU menjadi kewajiban bagi para pelaku usaha.

Usaha Anda bisa dibubarkan dan digusur secara paksa oleh aparat keamanan jika tidak memiliki SITU. Maka dari itu jika belum memiliki sampai sekarang maka segeralah mengurusnya sebelum terkena penertiban dari aparat keamanan.

Perbedaan SITU dan SIUP

SIUP atau Surat Izin Usaha Perdagangan adalah surat perizinan yang dikeluarkan oleh instansi pemerintah lewat Dinas Perindustrian dan Perdagangan sesuai domisili bisnis. Surat ini harus dimiliki bagi usaha bidang perdagangan barang dan jasa yang berada di Indonesia. SIUP ini harus ada saat mendirikan bisnis atau perusahaan, SIUP juga bisa untuk keperluan tender lelang yang dilakukan oleh pemerintah serta kegiatan eksport import barang.

Tanpa memiliki SIUP, suatu usaha bisa terkena sanksi dari pemerintah, kemungkinan besarnya usaha bisa diberhentikan secara paksa dan tidak diizinkan untuk melanjutkan kegiatan jual beli. Jika sudah kejadian seperti ini bisnis Anda sudah bisa dipastikan bangkrut.

Sedangkan SITU seperti penjelasan sebelumnya, kaitannya lebih kepada izin untuk mendirikan tempat usaha dan tata ruang pada wilayah tersebut. Jadi SITU lebih ke perizinan tempat usaha dan SIUP lebih ke izin untuk melakukan usaha perdagangan.

Jadi Anda bisa mengira-ngira bisnis yang akan jalankan membutuhkan surat izin apa saja? jika produk Anda adalah makanan dan minuman jangan lupakan izin PIRT yang sudah dibahas pada artikel sebelumnya.

Syarat Mendaftar SITU

Nah berikut syarat-syarat yang harus Anda persiapkan untuk mendaftar surat izin tempat usaha:

  1. Membuat surat permohonan dengan dilengkapi materai Rp 6.000 lengkap dengan stempel/cap dari usaha yang akan didaftarkan.
  2. Fotocopy KTP dari pemohon langsung (pemilik usaha, direktur, penanggung jawab) atau surat izin sementara bagi warga negara asing.
  3. Surat kuasa dan fotocopy penerima kuasa jika pengurusan dilakukan oleh orang lain.
  4. Fotocopy IMBG (Izin Mendirikan Bangunan Gedung) yang masih sesuai dengan kegiatan usaha.
  5. Fotocopy bukti penguasaan hak atas tanah. Untuk Anda yang menggunakan tanah milik sendiri bisa melampirkan fotocopy sertipikat, untuk yang menggunakan tanah sewa bisa menggunakan surat perjanjian sewa menyewa, perjanjian pinjam pakai dan perjanjian tertulis lainnya.
  6. Fotocopy akta pendirian perusahaan dan juga akta pengesahannya.
  7. Fotocopy surat pemberitahuan pajak terutang (SPPT) dan surat tanda terima setoran (STTS) pajak bumi bangunan (PBB) setahun terakhir.
  8. Surat persetujuan dari tetangga, warga, lingkungan radius 200 m dari tempat usaha dengan diketahui oleh RT, RW, Kepala Desa.
  9. Surat keterangan domisili usaha

Jika semua syarat tersebut sudah terkumpul semuanya, Anda bisa langsung menuju ke Dinas Penanaman Modal di wilayah tempat usaha Anda didirikan. Saat semua berkas tersebut sudah benar dan lengkap, petugas dari Dinas akan langsung melakukan peninjauan lokasi usaha. Jika lolos, setelah itu petugas akan menerbitkan Surat Izin Tempat Usaha (SITU) kepada Anda.  

Proses penerbitan SITU ini umumnya 5 hari kerja, tetapi balik lagi dari banyak tidaknya pengajuan pada wilayah tempat Anda tinggal.

Baca juga : 15 Tips Memulai Usaha Sendiri Bagi Pemula

Masa berlaku SITU

Masa berlaku SITU
Masa berlaku SITU

Surat Izin Tempat Usaha memiliki masa berlaku selama tiga tahun setelah SITU terbit dan dapat diperpanjang lagi jika masa berlakunya sudah habis. Asalkan usaha masih sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan oleh peraturan perundang-undangan.

Tips Memilih Tempat Usaha

Siapa yang mau kalau sudah memiliki izin SITU tetapi usahanya sepi? Nah berikut ini kami berikan tips memilih tempat usaha yang bisa Anda jadikan panduan untuk memulai usaha. Berikut pembahasannya:

  • Tempat yang  strategis

Tips pertama dalam memilih tempat usaha adalah pilihlah lokasi yang strategis. Strategis disini maksudnya lokasi Anda dekat dengan konsumen dan dekat dengan tempat-tempat penting pada wilayah tersebut.

  • Akses lokasi yang mudah

Akses yang mudah menuju tempat usaha  akan membuat para konsumen datang ke tempat usaha Anda. jika memang lokasinya agak masuk maka berikan penunjuk jalan agar konsumen tidak kebingungan dalam menemukan tempat usaha Anda.

  • Lokasi yang aman

Lokasi yang aman akan membuat para konsumen nyaman mendatangi tempat usaha. Selain itu lokasi yang aman akan memperlancar proses bisnis Anda, hindari lokasi-lokasi dengan tingkat keamanan rendah karena berbahaya untuk para pelaku usaha dan juga konsumen.

  • Dekat dengan supplier

Keuntungan dekat dengan supplier adalah biaya transport bisa ditekan sehingga produk bisa lebih murah. Jadi usaha Anda bisa bersaing dengan usaha sejenis tetapi dengan harga yang sedikit lebih murah.

  • Tingkat kompetisi rendah

Membangun usaha baru pada lokasi yang memiliki kompetensi tinggi sama halnya dengan bunuh diri. Memulai usaha ada baiknya memilih lokasi yang strategis, mudah diakses dan memiliki tingkat kompetisi rendah, sehingga bisnis Anda bisa berkembang tanpa adanya halangan.

Nah agar usaha Anda makin dikenal oleh banyak konsumen, Anda bisa mempromosikannya lewat website. Kabar baiknya saat ini harga website sudah murah terjangkau untuk semua kalangan. Rekomendasi kami Anda bisa membeli layanan nama domain bisnis dan web hosting di Qwords.com. Harganya murah pelayanan siap selama 24 jam membantu Anda saat ada masalah pada website bisnis Anda.

Selamat mencoba 

One Reply to “Pengertian Apa Itu SITU & Syarat…”

  1. Identifikasi bentuk komunikasi apa saja dan dari siapa ke siapa yang ada disekitarmu!
    Hasil identifikasi:
    Bentuk komunikasi:
    Dari siapa ke siapa:
    Bentuk komunikasi:
    Dari siapa ke siapa:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *