Sekarang ini untuk bisa memiliki toko online bukanlah hal yang mustahil. Sudah tersedia banyak platform toko online builder yang ada saat ini, Anda tidak perlu capek-capek untuk ngoding selama berhari-hari, tinggal install saja semua sudah jadi.

Beberapa platform pembuat toko online terkenal seperti Woo Commerce Prestashop, Magento, OpenChart, Shopify dan lain sebagainnya. Tetapi yang menarik perhatian disini adalah Shopify, karena memiliki banyak perbedaan dengan toko online builder lainnya. Terbukti pada beberapa akhir tahun ini Shopify mengalami perkembangan yang cukup pesat, termasuk Shopify di Indonesia juga sudah banyak yang menggunakan. Lalu apa itu Shopify?

Apa itu Shopify

Apa itu Shopify
Apa itu Shopify

Bagi Anda yang belum tahu, Shopify adalah platform pembuatan toko online dengan fitur untuk manajemen produk, pembayaran, inventarisasi sampai shipping. Lengkapnya fitur yang ditawarkan ini membuat banyak orang tertarik untuk menggunakan Shopify. Termasuk untuk Anda selaku owner bisnis yang membutuhkan website untuk keperluan berjualan, tidak perlu pesan di jasa pembuatan website yang membutuhkan biaya yang lumayan besar.

Shopify merupakan layanan yang bersifat hosted, jadi semua data yang dimiliki disimpan pada server milik Shopify. Untuk itu Anda diharuskan membayar secara bulanan layanan dari Shopify, untuk Shopify pricingnya beragam mulai dari yang paling murah 29$/bulan dan yang paling mahal Shopify plus dengan biaya bulannya dapat nego secara langsung. Anda juga bisa melakukan trial terlebih dahulu untuk memastikan Shopify sesuai dengan kebutuhan yang Anda cari.

Jika dibandingkan yang lain, platform pembuat toko online lain bersifat self hosted. Anda diharuskan menyiapkan hosting untuk keperluan install toko online sendiri. Untuk itu kami memiliki rekomendasi VPS Murah dari Qwords untuk keperluan toko online self hosted. Jika menggunakan Shopify Anda tinggal bayar tidak perlu repot mencari server hanya perlu menyiapkan domain name untuk toko online saja.

Dibalik segudang fitur yang dimiliki Shopify pasti ada kelebihan dan kekurangan yang dimiliki. Agar Anda tidak salah sebelum memutuskan membeli, silahkan lihat dulu pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan Shopify berikut ini.

Baca juga : Tips Memilih Nama Toko Online

Kelebihan Shopify

Berikut beberapa kelebihan Shopify yang perlu Anda tahu:

  • Mudah digunakan

    Kelebihan Shopify
    Kelebihan Shopify

Banyak orang yang masih berfikir untuk membuat e -commerce itu sulit, perlu memiliki keahlian dalam programing, tetapi dengan Shopify Anda tinggal melakukan drag and drop saja sesuai dengan kebutuhan. Shopify builder ini memudahkan Anda dalam membuat e-commerce sesuai dengan kebutuhan. Bagaimana tertarik untuk menggunakan?

  • Shopify themes

Tidak perlu memikirkan themes, Shopify sudah menyediakan berbagai macam themes Shopify yang bisa Anda pergunakan. Silahkan fokuskan pada penjualan produk toko online yang Anda miliki tanpa perlu memikirkan tampilan, karena semua tinggal pakai saja.

  • Unilimited products

Shopify tidak memberikan batasan jumlah produk, Anda bebas melakukan upload jumlah produk. Ini cocok untuk toko online yang menjual berbagai keperluan tanpa memikirkan kapasitas hosting yang Anda gunakan.

  • Fitur akun staff

Akun staff memudahkan Anda sebagai owner untuk manajemen staff toko online dengan mudah. Selain itu Anda selaku owner bisa langsung berkomunikasi dengan staff.

  • Manajemen toko mudah

Shopify memiliki fitur manajemen toko yang fleksibel, Anda bisa memantau langsung melalui aplikasi dari smartphone. Tidak hanya sebatas menerima pesanan saja, Anda juga bisa melakukan upload produk dan pekerjaan lainnya hanya dengan smartphone.

  • Support 24/7

Anda tidak perlu takut jika terjadi masalah, karena customer service dari Shopify selalu online 24 jam setiap hari bisa dihubungi melalui chat, email atau telephone.

  • Fitur manual order

Tidak hanya otomatis order saja, manual order juga dibutuhkan terutama untuk e commerce yang menjual barang-barang custom yang memerlukan deskripsi lengkap dari pembeli secara langsung.

  • Fitur discount code

Untuk fitur pembuatan kupon diskon bisa dilakukan secara mudah. Dengan menggunakan diskon akan lebih menarik konsumen untuk melakukan pembelian.

  • Dropshipping

Untuk Anda yang berjualan dengan sistem dropshipping, Shopify sangat mendukung.

  • Tersedia trial 14 hari

Jika Anda belum yakin, Shopify menyediakan fitur trial selama 14 hari. Silahkan bisa dicoba agar tahu semua fitur yang dimiliki Shopify.

Baca juga : Keuntungan Memiliki Toko Online

Kekurangan Shopify

Dibalik semua kelebihan yang dimilikinya, Anda perlu tahu juga tentang kekurangan yang dimiliki oleh Shopify. Apa saja itu? Mari kita bahas dibawah ini.

  • Mahal

    Shopify Pricing
    Shopify Pricing

Shopify terbilang mahal, karena untuk paket basic setiap bulannya saja memerlukan biaya 29$, apalagi untuk versi plus memiliki harga yang lebih mahal lagi.

  • Akses fitur lanjutan mahal

Fitur yang didapatkan untuk paket basic dan advanced berbeda, Anda harus menebus dengan memilih paket diatasnya tentunya dengan selisih harga yang lumayan banyak.

  • Fitur report bulanan terbatas

Fitur report bulanan tidak tersedia pada paket basic, Anda perlu upgrade paket Shopify untuk bisa menikmati fitur report bulanan ini.

  • Belum mendukung semua Negara

Shopify belum mendukung di semua Negara, fitur pembayaran masih menggunakan dollar belum bisa menggunakan mata uang lokal.

  • Potongan biaya tiap transaksi

Setiap transaksi menggunakan Shopify dikenakan potongan yang beragam, yang terbesar 2% setiap terjadi transaksi.

  • Tidak ada hosting email

Shopify tidak memiliki layanan email hosting, jadi Anda perlu menambahkan email pribadi untuk melakukan komunikasi dengan konsumen.

Nah bagaimana apakah Anda tertarik untuk menggunakan Shopify? Jangan ragu lagi karena Shopify sampai bulan Oktober 2019 kemarin saja sudah memiliki pengguna aktif 1,4 juta lebih. Jika tertarik jangan lupa persiapkan nama domain toko online Anda yang akan digunakan. Silahkan mencari domain murah dengan ekstensi sesuai yang Anda inginkan di website Qwords.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *