Di era ekonomi digital seperti saat ini, Anda telah terhubung dengan teknologi berbasis cloud atau yang biasa dikenal dengan saas. Saas adalah software as a service yang memudahkan Anda dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Untuk mengenal lebih jauh mengenai saas, mari simak ulasan berikut ini.

Software As A Service (Saas)

Mengenal Apa Itu Saas
Mengenal Apa Itu Saas

Sebagian orang mungkin belum terlalu paham dengan apa itu saas. Tanpa disadari, saas sangatlah akrab dengan kehidupan sehari-hari, misalnya Microsoft Office, Google Docs, dan lain sebagainya yang hanya membutuhkan beberapa sentuhan pada smartphone atau klik pada PC dan laptop.

Software as a service atau yang disingkat saas adalah perangkat lunak yang bisa digunakan dan diakses melalui internet tanpa harus melakukan pembelian program atau sistem, serta perangkat keras. Karena berada pada server dengan basis cloud, Anda tidak perlu mengunduh perangkat lunak jika ingin menggunakannya atau melakukan pembaharuan sistem.

Untuk mengakses dan menggunakan saas, yang Anda butuhkan hanyalah internet. Penyedia layanan juga sudah menjamin ketersediaan dan reliabilitas aplikasi, sehingga sebagai pengguna, Anda bisa langsung menggunakannya tanpa harus mengeluarkan biaya investasi atau membeli lisensi yang relatif mahal.

Aplikasi Saas

Berkat perkembangan teknologi yang semakin maju dan pesat, beberapa perusahaan memanfaatkan celah yang ada yaitu bisnis saas. Bisnis saas adalah bisnis atau usaha yang dijalankan oleh perusahaan dengan memanfaatkan saas. Pada umumnya, produk dari bisnis saas dapat diakses secara online, baik menggunakan medium aplikasi atau peramban.

Di Indonesia sendiri, tidak sedikit perusahaan startup digital yang mengembangkan produk saas. Berikut ini daftar startup di Indonesia yang menggunakan aplikasi saas.

  1.   Jubelio

    Jubelio
    Jubelio

Belakangan ini, bisnis online kian marak di masyarakat seiring dengan industri e-commerce yang kian meroket. Salah satu tool berbasis cloud yang menyediakan layanan manajemen pesanan pembeli dari berbagai situs marketplace yaitu Jubelio. Tidak hanya bisnis online saja, pemilik toko offline juga menggunakan aplikasi karena memadukan data transaksi bisnis online dan offline secara otomatis.  

  1.   Gawean

Gawean merupakan salah satu portal lowongan kerja yang ditujukan bagi pekerja kerah biru (blue collar) yang bergerak di industri perhotelan, retail, dan industri makanan dan minuman untuk memudahkan kedua belah pihak, baik perusahaan maupun kandidat pekerja. Dengan adanya aplikasi ini, proses rekrutmen tidak memerlukan waktu yang lama dan biaya yang tidak banyak.

Dibandingkan aplikasi pencari kerja lainnya, Gawean memiliki sistem penilaian yang berbeda yaitu dengan memilah resume calon pekerja. Hal ini bertujuan untuk membantu perusahaan menemukan kandidat pekerja yang sesuai dengan kriteria, sehingga mempercepat proses rekrutmen.

  1.   AkuntansiOnline

    AkuntansiOnline
    AkuntansiOnline

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini menyediakan layanan sistem akuntansi virtual yang tidak hanya menyediakan layanan penghitungan saja, namun mendukung konsultasi pendampingan juga. Startup yang digagas bersama PT. Zahir Internasional ini memfasilitasi 3 bidang, yaitu pembuatan SOP bisnis dan sistem akuntansi perkantoran, konsultasi bisnis, dan jasa pembuatan laporan keuangan.

Baca juga : Software Akuntansi Terbaik Saat Ini

  1.   NoLimit

NoLimit merupakan layanan saas berplatform big data gagasan startup asal Bandung yang bertujuan untuk memonitor dan menganalisa media sosial. NoLimit memiliki 3 pilar produk utama yaitu NoLimit Care, NoLimit Dashboard, dan Online Loyalty.

Aplikasi yang menyediakan bantuan bisnis untuk mengadakan layanan pelanggan melalui media sosial, seperti Facebook atau Instagram yaitu NoLimit Care. Untuk NoLimit Dashboard, sistem yang disediakan membantu pengguna dalam menganalisis dan memantau informasi yang disajikan dari media sosial, termasuk kampanye online yang dilakukan kompetitor dan memahami warganet.

  1.   Quintal

    Quintal
    Quintal

Quintal merupakan layanan untuk menunjang kebutuhan administratif sekolah, yaitu LMS (Learning Management System) dan Sistem Informasi Administratif Sekolah. Quintal juga menyediakan layanan belajar online yang membantu guru mengunggah kegiatan ujian dan bahan ajar. Sistem Quintal juga didesain untuk memudahkan orang tua siswa dalam memantau perkembangan anak di sekolah.

  1.   Sales1CRM

Sales1CRM merupakan layanan berbasis cloud yang fokus di sektor korporasi. Tujuan layanan Sales1CRM adalah untuk membantu perusahaan dalam menjalankan tim penjualan sehingga lebih produktif, kompetitif, dan efisien. 

  1.   Gadjian

    Gadjian
    Gadjian

Gadjian merupakan layanan yang menyajikan pengelolaan SDM dan hadir dalam layanan berbasis web dan aplikasi mobile. Gadjian mendukung berbagai layanan, seperti memberikan fungsionalitas untuk perusahaan dalam memonitor karyawan yang bekerja di luar kantor, mengelola presensi, dan mengelola kebutuhan HRD mulai dari penggajian, cuti, lembur, dan lain sebagainya.

  1.   Sleekr

Sleekr merupakan aplikasi akuntansi yang sekarang ini menjadi sebuah solusi bisnis end-to-end. Salah satu layanan yang disediakan oleh Sleekr yaitu pengurusan pajak yang sudah terintegrasi dengan sistem akuntansi perusahaan secara online.

Sleekr pada awalnya didesain untuk membantu UMKM dan korporasi dalam melakukan kegiatan akunting hingga HR agar lebih mudah dan kini Sleekr juga sudah terintegrasi dengan berbagai layanan seperti mPOS dan Kartunama.net

  1.   MailToGo
MailToGo by Qwords.com
MailToGo by Qwords.com

MailToGo merupakan aplikasi online yang dirancang untuk membantu dan memudahkan pelaku bisnis dalam memasarkan produk melalui kanal email. Aplikasi ini berfokus pada layanan otomasi email untuk pemasaran dan sudah dilengkapi dengan fitur terbaru. Aplikasi ini juga sangat membantu pelaku bisnis untuk bersaing dengan produk luar negeri.

Penjelasan mengenai saas adalah dan aplikasi saas dapat menambah pengetahuan Anda. Meski masih asing di telinga Anda, namun aplikasi saas sangat dekat dengan Anda dan berperan dalam kehidupan sehari-hari juga tentunya.

Jangan lupa untuk kebutuhan website bisnis, Kami memiliki rekomendasi hosting bisnis Indonesia dari Qwords. Hosting bisnis ini bisa Anda dapatkan dengan harga mulai dari 150.000/bulan saja dengan spesifikasi yang sangat mumpuni. Tunggu apalagi pesan sekarang juga dan dapatkan free domain.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *