Apa Itu Payment Gateway & Rekomendasinya di Indonesia

3 min read

Pengertian Payment Gateway

Perkembangan teknologi telah membawa kemudahan dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat. Seiring dengan habit masyarakat yang beralih dari belanja di toko menuju belanja online, dibutuhkan sebuah sistem yang aman untuk memproses pembayaran.

Salah satu dampak positif kemajuan teknologi adalah munculnya payment gateway sebagai sistem yang membawa kemudahan dalam proses transaksi pembayaran.

Sebagai masyarakat Indonesia yang gemar melakukan transaksi digital atau online, simak penjelasan terkait Pengertian payment gateway di bawah ini.

Apa Itu Payment Gateway

Pengertian Payment Gateway
Pengertian Payment Gateway

Pengertian payment gateway adalah sebuah gerbang atau layanan yang mengotorisasi pembayaran untuk transaksi digital melalui kartu kredit, debit, transfer bank, mapun e-money. Sistem yang memfasilitasi pembayaran ini biasanya digunakan oleh e-commerce yang bisnisnya berbasis digital.

Payment gateway hadir untuk membantu masyarakat yang mulai gemar berbelanja atau melakukan transaksi digital. Menjamurnya e-commerce di Indonesia juga berperan besar dalam menciptakan habit belanja online di masyarakat Indonesia. Para e-commerce memberikan berbagai penawaran promo yang menarik sehingga semakin meningkatkan minat belanja masyarakat.

Payment gateway dijalankan serba otomatis dan memudahkan proses transaksi. Semua transaksi keuangan diproses secara aman dan real time. Standar keamanan layanan ini sangat tinggi, setiap transaksi dilindungi dengan 3 sistem pelacakan, yaitu :

1. Address Verification System (AVS)

Melalui tools ini, setiap tagihan akan diperiksa dan disesuaikan dengan alamat kartu yang sudah terdaftar

2. Card Security Code (CV2)

Setiap kali akan melakukan pembayaran, customer akan diminta untuk memasukkan 3 digit terakhir kartu kredit atau kartu debitnya.

3. 3D Secure Password

Setiap pembayaran mengharuskan customer memasukkan rangkaian kata sandi tertentu untuk mengotorisasi pembayaran

Baca juga : 5 Tips Menjaga Keamanan WordPress

Rekomendasi Payment Gateway Providers Di Indonesia

Di Indonesia terdapat beberapa Payment Gateway Providers yang sudah beroperasi dan digunakan sebagai media transaksi elektronik atau online. Berikut beberapa aplikasi penyedia layanan payment gateway lengkap dengan Payment Gateway charges-nya:

1. Doku

Payment Gateway DOKU
Payment Gateway DOKU

Doku merupakan salah satu layanan penyedia jasa transaksi secara online yang ada di Indonesia. Penjual yang menggunakan layanan Doku untuk membantu proses transaksi di tokonya, bisa menawarkan pembayaran melalui Doku e-wallet, Internet Banking, Transfer Bank, dan pembayaran melalui minimarket yang sudah terdaftar seperti Alfa Mart, Alfa Midi, Alfa Express, Lawson, serta DAN+DAN.

Biaya yang harus dikeluarkan untuk layanan dari Doku adalah :

  • Doku e-wallet 2%
  • Virtual Account Bank Rp 4500
  • E-commerce Banking Rp 5000
  • Alfamart Group Rp 5000
  • Credit Card 3% + Rp 2500

2. IPaymu

Payment Gateway iPaymu
Payment Gateway iPaymu

IPaymu merupakan salah satu penyedia jasa transaksi keuangan online tidak hanya ketika ingin membayar produk yang dibeli tetapi juga untuk memberikan sumbangan, mentransfer uang, berlangganan, dan melakukan penarikan uang. Melalui jaringan iPaymu memungkinkan transaksi dilakukan melalui 137 Bank yang ada di Indonesia dan melalui Pos Indonesia.

Layanan iPaymu mematok harga layanan Rp 3.500 setiap transaksi berhasil.

3. Midtrans

Payment Gateway Midtrans
Payment Gateway Midtrans

Payment gateway yang ditawarkan oleh midtrans memberikan kemudahan pembayaran dengan Kartu kredit dan debit, BCA Klikpay, CIMB Clicks, XL Tunai, Mandiri Clickpay, Linkaja, transfer bank, serta pembayaran melalui minimarket yang sudah terintegrasi melalui VT_Link, VT_Web, VT-Direc.

Biaya untuk layanan dari Midtrans adalah sebagai berikut :

  • Pembayaran dilakukan dengan Kartu Kredit/Debit (Visa / MasterCard / JCB / Amex) adalah 2.9% + Rp 2000 / transaksi
  • Virtual Account dari seluruh ATM Rp 4000/transaksi, kecuali BCA Rp 2000/transaksi + biaya BCA
  • Akulaku 1.7%/transaksi
  • Kartu debit Rp 5000/transkasi kecuali BCA Rp 2000/transaksi + biaya BCA
  • Gopay 2%/transaksi, Linkaja Rp 3000/transaksi, dan Mandiri e-cash 1%/transaksi dengan minimal biaya Rp 2500
  • Alfamart Rp 5000/transaksi

4. Fastpay

Payment Gateway FastPay
Payment Gateway FastPay

Sejalan dengan pengertian payment gateway, melalui layanan ini e-commerce bisa menerima pembayaran dari kartu kredit, debit, virtual money, hingga e-money. Selain itu melalui Faspay memungkinkan e-commerce untuk menerima pembayaran dari 120 Bank Nasional.

Salah satu layanan dari Faspay yaitu Faspay Billing memungkinkan penjual atau e-commerce untuk memproses data tagihan yang telah terintegrasi dengan kartu kredit, transfer bank, POS, Internet Banking, dan e-wallet.

5. EsPay

Payment Gateway ESPay
Payment Gateway ESPay

Espay merupakan satu-satunya sistem payment gateway dengan konsep B2C2B (business-to-consumer-to-business) di Indonesia. Espay bisa diintegrasikan dengan situs website e-commerce dan menyediakan portal pembayaran bernama Tagih.ID dan Kasir.ID.

Biaya yang harus dikeluarkan untuk layanan Espay melalui kartu kredit adalah 2,2% MDR + Rp. 3000, Virtual Account mulai dari Rp. 2000, dan e-money mulai dari 1,5% MDR.

6. iPay88

Payment Gateway ipay88
Payment Gateway ipay88

Perusahaan penyedia layanan Payment Gateway ini berkantor pusat di Malaysia dan sudah beroperasi di kawasan Asia Tenggara seperti Indonesia, Filipina, Thailand, dan Singapura. Metode pembayaran yang difasilitasi iPay88 adalah melalui kartu kredit dan debit, serta beberapa e-wallet seperti e-cast, linkaja, xl tunai, dan lain sebagainya.

Itulah penjelasan terkait Pengertian payment gateway dan Payment Gateway Providers yang ada di Indonesia. Melalui penjelasan dari artikel ini anda semakin tahu tentang payment gateway sehingga anda akan semakin merasa nyaman ketika melakukan transaksi atau belanja online.

Setiap toko online yang menjalankan atau menggunakan layanan payment gateway seperti yang dijelaskan di atas, otomatis toko tersebut telah terotorisasi dan aman. Hal-hal yang tidak diinginkan seperti penipuan atau penyalahgunaan data tidak akan anda temui.

Untuk Anda yang saat ini memiliki toko online tetapi belum memiliki website, kami memiliki rekomendasi VPS Indonesia untuk keperluan toko online. Tidak  perlu takut masalah harga karena dengan mulai 135.000/bulan Anda sudah bisa mendapatkan layanan VPS dari Qwords.com. Tunggu apalagi miliki VPS untuk keperluan toko online Anda sekarang juga.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *