Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan bahasa pemrograman JavaScript. Para developer biasa menggunakan JavaScript untuk membuat web. Setelah kehadiran Node.js, JavaScript tidak hanya digunakan untuk membangun sebuah web, tapi juga membuat aplikasi dan banyak hal lainnya. Apa itu Node.js? Apa kelebihan yang dimilikinya? Artikel ini akan membahas lebih lanjut mengenai dua hal tersebut.

Apa Itu Node.js?

Pengertian Apa Itu Node Js dan 4 Kelebihan yang Dimilikinya (1)
Pengertian Apa Itu Node Js dan 4 Kelebihan yang Dimilikinya (1)

Node.js adalah sebuah platform yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi berbasis web. Platform ini menggunakan JavaScript sebagai bahasa pemrogramannya. Seperti yang Anda ketahui, JavaScript merupakan bahasa pemrograman yang hanya berjalan di sisi klien. Namun dengan aplikasi ini, Anda bisa melengkapi kekurangan tersebut dengan menjalankannya di sisi server sehingga perannya sama dengan PHP, Ruby, Perl, dan sejenisnya.

Platform berbasis JavaScript yang diperkenalkan sejak tahun 2009 ini juga memiliki pustaka server HTTP sendiri. Dengan demikian, memungkinkan developer bisa menjalankan server web tanpa perlu menggunakan program serupa Apache atau Nginx. Sahabat Qwords bisa membaca artikel lebih lengkap mengenai NginX di halaman berikut ini: Mengenal NGINX Lengkap dengan Cara Kerja dan Kelebihannya

Agar bisa mendukung kemampuannya dalam menjalankan JavaScript dari sisi server, Node.js tercatat telah dibekali dengan engine JavaScript V8. Engine V8 ini merupakan engine yang dimiliki oleh Google dan digunakan oleh peramban paling banyak digunakan yakni Google Chrome.

Sebelum munculnya Node.js, JavaScript hanya digunakan untuk kebutuhan pembuatan website. Kemudian pada tahun 2009, Ryan Dahl menciptakan Node.js. Diciptakannya platform ini berawal dari ide untuk mengeksekusi JavaScript di luar browser.

Perlu Sahabat Qwords ketahui, JavaScript sejatinya merupakan bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan hingga saat ini. Sebelum Node.js diciptakan, JavaScript hanya bisa dijalankan di browser karena browser memiliki runtime engine. Setelah munculnya Node.js, developer bisa membuat aplikasi desktop, web, mobile, hingga IoT (Internet of Things) dengan menggunakan JavaScript di Node.js.

 

Kelebihan Node.js

node js adalah
node js adalah

Setelah paham mengenai pengertian Node.js, sekarang saatnya Anda mengetahui apa saja kelebihan yang dimiliki oleh platform ini. Sebenarnya, ada banyak kelebihan yang dimiliki Node.js. Artikel ini akan membahas 4 dari banyak kelebihan tersebut, yaitu sebagai berikut :

1.Bekerja Dengan Konsep Non-blocking

Node.js bekerja dengan konsep non-blocking. Misalnya begini, ada dua proses yang berjalan yaitu proses A dan proses B. Sayangnya proses A mengalami blocking karena suatu hal. Meskipun demikian, Anda masih tetap bisa menjalankan proses B jika proses ini tidak membutuhkan output dari proses A. Itulah yang disebut konsep non-blocking. Dengan demikian, akan terjadi efisiensi.

 

2.Cepat Dalam Mengeksekusi Kode

Kelebihan lainnya yang dimiliki oleh Node.js adalah kemampuannya dalam mengeksekusi dengan cepat. Hal ini juga bisa terjadi berkat engine V8 dari Google yang digunakan untuk membuat Node.js.

 

3. Single-threaded

Node.js juga memiliki karakteristik single-threaded. Dengan karakter ini, program yang dibuat dengan Node.js akan mengalokasikan thread hanya pada proses yang sedang berlangsung sehingga kinerja program tersebut akan lebih ringan daripada program yang multi-threaded.

 

4. Bersifat open source

Platform ini bersifat open source, artinya semua orang bisa melihat struktur kode dari program tersebut. Selain itu, Anda juga bisa berkontribusi untuk mengembangkan program tersebut agar bisa lebih baik.

Dengan segala kelebihan yang dimilikinya, tidak mengherankan jika Node.js kerap dipakai oleh banyak platform populer. Sebut saja situs streaming populer Netflix dan platform blogging ternama Medium yang menggunakan Node.js untuk backend-nya. Aplikasi LinkedIn juga dibangun menggunakan platform besutan Ryan Dahl ini lho! Jadi tidak heran kalau Node.js sangat digemari oleh perusahaan masa kini.

Demikian pembahasan mengenai apa itu Node.js dan segala kelebihan yang dimilikinya. Untuk sahabat Qwords yang ingin belajar bahasa pemrograman untuk membuat aplikasi desktop atau situs web, bisa belajar menggunakan Node.js. Sementara terkait urusan web hosting dan nama domain percayakan kepada layanan Qwords.com yang sudah dipercaya oleh belasan ribu pelanggan dari seluruh Indonesia.

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *