Apa itu NFC, Penjelasan, dan Cara Menggunakannya

2 min read

Apa itu NFC

Meski tidak sedikit smartphone memilikinya, tidak semua orang tahu apa itu NFC. NFC biasanya ditanamkan pada beberapa jenis atau merk smartphone, fitur ini sendiri membuat smartphone memiliki beberapa keunggulan dalam mengakses perangkat lain seperti halnya Bluetooth. Akan tetapi, NFC jauh lebih baik dari pada Bluetooth. 

Apa itu NFC?

Sampai saat ini, masih banyak yang belum tahu apa itu NFC. Padahal, sebelum dapat menggunakannya, pertama anda harus mengetahui tahu tentang NFC. NFC merupakan singkatan dari Near-field Communication atau dalam Bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai Protokol Komunikasi Jarak Dekat.

Fitur NFC ditemukan dan dipatenkan oleh seorang bernama Charles Walton pada tahun 1983. Pada dasarnya, fitur NFC sendiri merupakan pengembangan lebih lanjut dari RFID (Radio Frequency Identification) yang lebih dulu ditemukan. 

Apa Fungsi NFC?

Apa itu NFC
Apa itu NFC

Setelah mengetahui apa itu NFC, berikutnya kita akan membahas fungsinya. Fungsi utama dari NFC adalah untuk melakukan transfer atau memindahkan data dari sebuah perangkat ke perangkat yang lain dalam waktu singkat tanpa perlu menggunakan kabel atau semacamnya. Selain itu, masih ada beberapa fungsi lain dari NFC yang belum diketahui banyak orang. Berikut penjelasan lengkap tentang beberapa fungsi atau kegunaan dari NFC.

Fungsi NFC pada HP yang pertama, NFC dapat digunakan untuk mengirim berbagai macam file dari satu perangkat ke perangkat lain. Untuk dapat mentransfer atau mengirim file ke perangkat lain, pengguna cukup mendekatkan perangkatnya dengan perangkat lain yang juga didukung dengan teknologi NFC.

Kedua, dapat digunakan untuk melakukan pembayaran secara digital atau Cashless. Salah satu fungsi yang paling menarik dari NFC yakni sebagai alat pembayaran. Cara untuk melakukan pembayaran dengan NFC juga cukup mudah, yaitu dengan mendekatkan perangkat anda ke alat transaksi tertentu. Setelah itu, NFC akan menampilkan data – data yang anda perlukan dalam melakukan transaksi.

Ketiga, cek saldo kartu E-Toll dan sejenisnya. Dengan menggunakan fitur NFC, anda bisa melakukan cek saldo dari kartu E-Toll atau E-Money. Selain itu, anda juga bisa mengisi saldo kartu E-Money atau E-Toll dengan menggunakan fitur NFC yang terdapat pada smartphone anda. Dengan menggunakan fitur canggih ini, anda tidak perlu lagi mendatangi bank atau tempat – tempat lainnya untuk melakukan isi ulang atau cek saldo kartu anda.

Bagaimana cara menggunakan NFC?

Setelah mengetahui apa itu NFC dan fungsinya, berikutnya kita perlu membahas bagaimana cara menggunakan fitur NFC yang ada pada smartphone. Dengan mengetahui cara mengaktifkan dan menggunakan fitur NFC, para pengguna fitur NFC akan dapat memaksimalkan fitur canggih ini. Cara menggunakan fitur NFC sudah disinggung sebelumnya, kini kita akan membahasnya secara lengkap. Berikut langkah – langkah penggunaan fitur NFC yang perlu anda ketahui.

1. Transfer file dengan teknologi NFC

NFC
NFC

Setelah mengetahui apa itu NFC, kita akan langsung membahas fungsi pertamanya, yaitu mengirim file. Sebelum dapat mengirim berbagai macam file dengan fitur NFC, tentu anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu. Langkah – langkah untuk mengaktifkan fitur NFC yakni sebagai berikut.

  1.   Masuklah ke menu Pengaturan pada smartphone anda
  2.   Masuk ke menu Other atau Pengaturan Lainnya
  3.   Pilih pengaturan NFC dan aktifkan NFC

Setelah mengaktifkan fitur NFC, barulah anda dapat mengirim berbagai macam file ke perangkat lain yang kompatibel. Langkah – langkah untuk mengirim file dengan menggunakan fitur NFC:

  1.   Pilih file yang akan dikirim dan tekan tahan hingga muncul menu baru atau pilihan
  2.   Setelah muncul menu atau pilihan, pilihlah menu Share atau Send
  3.   Pilih menu melalui atau android beam
  4.   Dekatkan smartphone android anda agar file dapat terkirim
  5.   tunggu laporan pengiriman dan selesai

2.  Cara bertransaksi dengan menggunakan NFC

Transaksi dengan NFC
Transaksi dengan NFC

Untuk melakukan transaksi dengan fitur NFC, tentu anda harus mengaktifkan NFC anda terlebih dahulu. Setelah itu, ikuti langkah – langkah berikut ini.

  1.   Buka menu Pengaturan atau Setting pada smartphone anda
  2.   Pilih menu connection
  3.   Geser tombol NFC and Payment untuk menyalakannya
  4.   Pilih Tap and pay

3.  Cara cek isi saldo E-Toll dengan NFC

Pembayaran tol
Pembayaran tol

Salah satu fungsi NFC yang paling menarik tentu saja kemudahan untuk cek isi saldo kartu E-Toll anda. Cara untuk mengecek dan mengisi saldo kartu E-Toll anda dengan menggunakan NFC:

  1.   Buka menu pengaturan pada smartphone
  2.   Pilih NFC
  3.   Buka aplikasi terkait
  4.   Tempelkan kartu pada bagian belakang smartphone

Dengan melakukan langkah – langkah di atas, maka aplikasi akan menampilkan jumlah saldo kartu E-Toll atau E-Money anda dengan bantuan NFC.

Setelah membaca keterangan di atas, tentu anda sudah mendapat gambaran jelas tentang apa itu NFC dan kelebihan handphone yang ada NFC. NFC memang fitur yang menarik bagi banyak orang, apalagi dengan fungsi – fungsinya yang beragam.

Sayangnya, tidak semua smartphone memiliki fitur ini. Hanya smartphone dengan merk dan tipe tertentu saja yang memiliki fitur ini. oleh karena itu, pastikan anda mencari tahu dulu apakah smartphone anda atau smartphone yang akan anda beli memiliki fitur NFC.

Perlu diketahui pula bahwa Qwords tidak hanya menyediakan informasi mengenai IT saja, tetapi memiliki layanan penjualan domain hosting murah untuk keperluan website. Tunggu apalagi, segeralah miliki websitemu sekarang dengan Qwords.

Terima kasih  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *