Eril Obeit Choiri Graduating with an IT degree, Eril falls in love with Digital Marketing especially with Search Engine Optimization and Content Writing.

Mengenal Apa Itu Google Kalender & Fitur Menariknya

3 min read

Google Kalender & Fitur Menariknya

Bagi orang yang memiliki banyak kegiatan, tentu harus selalu berdekatan dengan kalender kegiatan. Tujuan utamanya agar semua kegiatan yang sudah direncanakan seperti rapat, pertemuan dengan client, meeting online, bayar tagihan, booking hotel dll tidak terlewat.

Bagi Anda yang menjalankan semua aktivitas sendiri tidak memiliki asisten pribadi, tentu ini pekerjaan yang melelahkan. Apalagi bagi yang menggunakan smartphone pasti membutuhkan effort yang lebih untuk membuat reminder setiap ada agenda kegiatan.

Nah dari sinilah ada aplikasi yang sangat membantu untuk membantu Anda dalam mencatat semua agenda kegiatan yaitu dengan aplikasi Google Kalender. Bagi Anda yang menggunakan smartphone android coba cek apakah sudah ada atau belum. Meski demikian belum banyak orang yang tahu fitur dan cara memaksimalkan aplikasi Google Kalender.

Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai penjelasan Google Kalender, fitur serta tips menggunakan kalender Google.

Apa Itu Google Kalender

Google Kalender adalah aplikasi web untuk pengelolaan waktu yang dikembangkan oleh Google, pertama kali diluncurkan tanggal 13 April 2006. Untuk bisa menggunakan aplikasi Google Kalender ini pengguna harus memiliki Google Account pada smartphone atau komputer.

Aplikasi Google Calendar ini disediakan gratis oleh Google, pengguna bisa bebas menggunakannya untuk mengatur berbagai kegiatan. Pada beberapa smartphone keluaran terbaru sudah menyertakan aplikasi Google Calendar sebagai aplikasi default. Jadi saat masih dalam satu email walaupun menggunakan beda perangkat, notifikasi Google Calendar tetap bisa tampil.

Gmail otomatis masuk ke Google Calendar

Setiap kali menerima email jadwal meeting, tiket pesawat, konser, hotel dll, Anda akan mendapatkan email yang berisi waktu, tanggal dan detail acara. Nah jika sudah install aplikasi Google Calendar, Anda bisa langsung menambahkannya secara otomatis. Nantinya Google Calendar akan memberikan notifikasi saat sudah mendekati agenda kegiatan yang sudah disimpan sebelumnya.

Fitur Google Kalender

Google Calendar
Google Calendar

Bagi Anda yang belum tahu, ada beberapa fitur menarik dari Google Calendar yang bisa Anda coba. Berikut fitur-fiturnya:

  1. Membantu mengingatkan produktivitas

Anda bisa dengan mudah menambahkan agenda kegiatan ke Google Calendar dengan memberikan reminder sebelum agenda kegiatan dimulai. Jadi Anda bisa mengatur waktu reminder sebelum kegiatan dimulai, jadi Anda bisa mengatur waktu sebelum acara dimulai.

  1. Berbagi kalender

Aplikasi Google Kalender memungkinkan Anda untuk berbagi kalender kegiatan dengan teman satu grup untuk mengkoordinasikan jadwal, jadi jika ada acara yang di reschedule bisa semuanya tahu.

  1. Menyimpan acara dari Gmail

Email yang Anda terima berisi waktu, tanggal dan detail acara bisa Anda langsung simpan pada Google Kalender tanpa harus menuliskan secara manual pada aplikasi kalender. Jika sudah Anda simpan pada Google Calendar, saat ada pemberitahuan ganti jadwal akan secara otomatis berubah secara realtime.

  1. Membuat daftar kegiatan pada kalender

Anda juga bisa menambahkan secara manual daftar kegiatan apa saja yang akan Anda tambahkan pada kalender. Caranya tinggal memilih tanggal berapa saja kemudian pilih jamnya dan masukan detail kegiatan pada kalender.

  1. Reminder acara TV

Bagi Anda yang suka dengan acara TV dan tidak mau terlewat semenitpun, Anda bisa membuat reminder acara-acara TV kesayangan Anda pada Google Calendar. Caranya Anda perlu mengaktifkan fitur Episode Calendar dan silahkan pilih opsi subscribe pada program televisi yang sudah terdaftar pada aplikasi Google Calendar.

  1. Update sosial media

Selain acara TV, Anda bisa membuat reminder untuk update sosial media Twitter atau Facebook pada jam-jam tertentu. Anda cukup menambahkan aplikasi IFTTT (If This Then That) yang memungkinkan aplikasi Google Calendar bisa terhubung dengan sosial media secara langsung.

  1. Pengingat jadwal makan

Terakhir, fitur Google Calendar bisa Anda gunakan untuk membuat reminder jam makan.

Baca juga : Mengenal Google Workspace, Penganti G Suite

Cara Menggunakan Google Kalender

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara menggunakan Google Calendar, berikut kami berikan tutorial cara menggunakan Google Calendar sampai selesai.

  1.   Pastikan Anda sudah login pada akun Gmail, setelah itu silahkan tulis pada browser “Google Calendar” dan pilih paling atas sendiri.

    Google Calendar Website
    Google Calendar Website

  2.   Setelah terbuka, silahkan Anda explore dulu menu apa saja yang ada pada aplikasi Google Calendar ini.
  3.   Untuk memulai membuat acara di Google Kalender, silahkan Anda pilih dulu tanggal acaranya, kemudian silahkan scroll kebawah dan pilih menu reminder.
  4.   Setelah itu tentukan jamnya, akan muncul pop up baru tentang detail acara.
  5.   Silahkan masukan judul acara yang akan Anda buat, disini kami mencontohkan dengan “Meeting online dengan client”.

    Detail acara
    Detail acara

  6.   Ada empat pilihan menu “Event, Out of office, Reminder dan Appointment slot”, disini kami mencontohkan dengan memilih Kalender Event.
  7.   Kemudian silahkan atur waktunya mau jam berapa sampai jam berapa.
  8.   Pada bagian “Add guests”, Anda bisa menambahkan siapa saja yang mengikuti acara tersebut, silahkan masukan email untuk menambahkan pada Google Calendar Event.
  9.   Jika meeting Anda bersifat online, Anda bisa menambahkan pada “Add Google Meet video conferencing”.
  10.   Silahkan Anda masukan lokasi acara berlangsung pada Maps yang sudah disediakan.

    Tempat acara
    Tempat acara

  11.   Agar lebih jelasnya Anda bisa menambahkan notes descriptions kepada semua anggota yang akan mengikuti event.
  12.   Jika sudah Anda bisa lakukan “Save”.

    Reminder berhasil dibuat
    Reminder berhasil dibuat

Selamat Anda sudah berhasil membuat reminder acara di Google Calendar. Untuk reminder biasanya akan berbunyi 10 menit sebelum acara dimulai. Anda bisa mengubahnya sesuai dengan kebutuhan jika memang 10 menit terasa terlalu mepet.

Demikian pembahasan tentang mengenal apa itu Google Kalender dan fitur-fitur menariknya. Jadi aplikasi Google Kalender ini sangat bermanfaat untuk Anda yang memiliki kesibukan dan sering lupa pada agenda-agenda kegiatan.

Perlu Sahabat Qwords ketahui bahwa Qwords.com menjadi salah satu penyedia layanan pembelian domain hosting terbaik di Indonesia saat ini yang sudah berpengalaman puluhan tahun dalam bidangnya. Untuk Anda yang berencana membuat website, bisa langsung pesan saja di Qwords.com.

Terima kasih

Eril Obeit Choiri Graduating with an IT degree, Eril falls in love with Digital Marketing especially with Search Engine Optimization and Content Writing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *