5 Tips Sukses Bisnis Franchise Untuk Pemula

3 min read

5 Tips Sukses Bisnis Franchise Untuk Pemula

Wirausaha merupakan salah satu pekerjaan yang sangat diminati masyarakat Indonesia sampai sekarang. Hal ini dibuktikan dengan semakin maraknya usaha bisnis seperti franchise.  Bisnis franchise ini dapat dijadikan sebagai sumber pendapatan utama, atau pendapatan sampingan seperti halnya bisnis franchise yang banyak digeluti kalangan selebriti. Lantas, Apa Itu franchise?

Franchise adalah bisnis yang tergolong mumpuni dan dapat dijalankan dengan modal minim. Namun, tentu saja disesuaikan dengan jenis franchise yang akan dipilih. Meskipun demikian, bisnis franchise juga memiliki peluang untung dan rugi yang sama dengan jenis usaha lainnya. Untuk itu bagi pemula yang berencana membuka bisnis franchise sebaiknya mengetahui rules apa saja yang harus dipahami dalam bisnis ini.

Baca juga: Dropshipper : Bisnis Online Minim Risiko

Sebelum kami menjelaskan tentang apa saja tips sukses bisnis franchise, di bawah ini kami akan menjelaskan terlebih dahulu tentang arti franchise.

Mengenal Apa Itu Bisnis Franchise

5 Tips Sukses Bisnis Franchise Untuk Pemula
5 Tips Sukses Bisnis Franchise Untuk Pemula

Secara umum franchise adalah usaha untuk turut serta menjalankan bisnis yang telah memiliki brand yang kuat dan terkenal.

Di Indonesia franchise dikenal juga dengan istilah waralaba. Dalam bisnis franchise terdapat beberapa istilah umum, seperti :

1. Pemberi Waralaba (Franchisor)

Merupakan perseorangan atau badan usaha yang memberi hak pada orang lain untuk memanfaatkan brand  dan atau  alat/material  yang ada kaitannya dengan brand  itu.

2. Penerima Waralaba (Franchisee)

Merupakan pihak yang menerima hak serta manfaat dari brand  tersebut.

3. Biaya Waralaba (Franchise Fee)

Merupakan biaya yang diperlukan untuk mulai usaha waralaba (tercantum dalam surat kontrak), diantaranya biaya lisensi untuk menggunakan brand dan biaya royalti.

Keuntungan Dalam Menjalankan Bisnis Franchise

 

1.Bisnis franchise pada umumnya didukung oleh training (pelatihan) dan konsultasi langsung pada franchisor bilamana terdapat kesulitan saat menjalankan bisnis.

2. Bisnis franchise memiliki konsep bisnis yang jelas sehingga franchisee tinggal meniru konsep utama.

3. Menggunakan sistem yang dipercaya dapat membantu kontrol bisnis.

Kekurangan Dalam Menjalankan Bisnis Franchise

 

1. Jika Anda tidak hati-hati saat memilih franchise dan terlanjur menyetor biaya dalam jumlah yang besar bisa menyebabkan gulung tikar.

2. Sebagian franchisor telah menetapkan keuntungan bagi hasil. Namun, tak jarang franchisor tidak bertanggungjawab saat franchisee mendapat kesulitan dalam menjalankan bisnis.

3. Apabila franchise utama menghadapi masalah, maka secara langsung akan memberikan dampak negatif kepada franchise lainnya.

Bila Anda berencana membuka bisnis franchise namun belum memiliki ide jenis franchise apa yang akan dipilih, di bawah ini ada beberapa contoh franchise di Indonesia yang populer dan menghasilkan keuntungan besar, misalnya :

Franchise Makanan

Makanan yang umum dalam bisnis feanchise seperti ayam goreng crispy, ayam geprek, bakso, dll.

Franchise Minuman

Francihe minuman jenis bubble dan boba serta franchise kopi termasuk franchise terlaris dan memiliki banyak peminat.

Baca juga: Menilik Peluang Bisnis Jual Beli Nama Domain Unik

Tips Sukses Bisnis Franchise

sukses bisnis
sukses bisnis

Nah, bila Anda sudah tahu franchise jenis apa yang akan dijalankan, maka untuk langkah selanjutnya Anda harus mengetahui tips agar bisnis yang Anda sukses dan terkenal.

1.Tentukan Sistem Pemasaran yang Tepat

Franchise adalah suatu bisnis yang membutuhkan sistem pemasaran yang tepat. Ada baiknya melakukan uji coba terhadap sistem pemasaran, seperti menggunakan digital marketing atau brosur, sebelum benar-benar menjalankan bisnis franchise agar tidak terjadi kerugian di masa mendatang.

Selain memilih sistem pemasaran,  bisnis franchise yang akan dijalankan juga harus disesuaikan dengan kemauan juga skill dari franchisee. Meskipun sebagian menawarkan pelatihan sebelum memulai bisnis, namun tekad kuat untuk belajar dan upgrade tentang pengetahuan bisnis adalah salah satu modal dasar memulai bisnis franchise.

2.Tetapkan Rencana Bisnis dan Goal

Sebelum menjalankan bisnis franchise sebaiknya tetapkan terlebih dahulu rencana bisnis Anda, termasuk soal anggaran keuangan. Dalam rencana bisnis wajib tertera angka riil dari biaya-biaya yang akan dikeluarkan. Oleh  sebab itu, sebelum membuat rencana bisnis termasuk anggaran keuangan maka perlu dilakukan praktek langsung atau dengan konsultasi dengan rekan bisnis.

Meskipun bisnis franchise adalah bisnis turunan yang pastinya akan mengikuti ciri khas franchise utama, namun tidak ada salahnya untuk memodifikasi sistem yang ada. Lakukan beberapa uji coba jika dianggap perlu untuk mencapai goal bisnis Anda.

3.Beri Fokus Terhadap Pemasaran dan  Layanan Konsumen

Pemasaran melalui sosial media merupakan salah satu langkah tepat untuk mendapatkan respon cepat dari konsumen. Untuk itu buatlah desain produk menarik sebagai trik menjual produk Anda. Serta layanilah komsumen selayaknya raja, artinya bilamana ada pertanyaan seputar produk atau bahkan komplain dari konsumen, sebaiknya ditanggapi dengan ramah dan bijaksana. Agar dapat bersaing dengan kompetitor, berilah diskon atau voucher kepada konsumen sebagai apreasiasi telah membeli produk atau daya tarik untuk membeli produk Anda.

4.Lakukan Observasi Pasar

Franchise adalah bisnis yang menguntungkan meski banyak kompetitor. Bilamana sistem bisnis yang kita jalankan tidak disesuaikan dengan kondisi dan minat belanja masyarakat yang gampang berubah, tentu bisnis kita tidak akan laku di pasaran. Sebaiknya lakukanlah observasi untuk memantau, perbandingan bahkan evaluasi terhadap beberapa kompetitor di sekitar Anda.

5.Wajib Miliki Kantor Offline

Franchisee wajib memiliki kantor offline. Rumah pribadi atau ruang kerja dapat dimanfaatkan sebagai kantor offline sebagai bukti kredibilitas juga profesionalitas dalam berbisnis franchise. Adapun manfaat dari kantor offline ini adalah untuk memudahkan dan mengoptimalkan koordinasi dalam tim, terutama saat diperlukan evaluasi kerja.

Demikian penjelasan kami mengenai pengertian franchise dan beberapa tips sukses menjalankan bisnis franchise. Oh iya, dalam mengelola bisnis berbasis franchise nantinya Anda juga bakal membutuhkan berbagai macam kanal pemasaran untuk menarik banyak pelanggan.

Nah, untuk menyiasati hal ini, Anda bisa memanfaatkan website sebagai salah satu pilihan. Gunakan layanan Cloud Server berkualitas dari Qwords.com agar para pengunjung bisa mengakses informasi secara mudah dan cepat. Anda tentu tidak mau kan jika calon pengunjung kabur hanya gara-gara website bisnis Anda lambat diakses?

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *