Mengenal Apa Itu Facebook Ads (Bonus Ebook Facebook Ads)

3 min read

Apa Itu Facebook Ads

Salah satu jalan yang bisa dilakukan untuk menjual produk adalah dengan melakukan promosi kepada konsumen. Promosi menjadi kegiatan wajib yang dilakukan oleh perusahaan dan bisnis agar produknya dikenal oleh banyak orang.

Ada dua metode promosi yang bisa dilakukan yaitu dengan media online dan offline. Saat ini masih banyak ditemui perusahaan dan bisnis yang masih menggunakan metode offline, memang tekniknya tidak ada yang salah pada era modern saat ini.

Sekarang ini hampir semua orang memiliki gadget yang terhubung dengan koneksi internet. Sayang sekali kalau tidak memanfaatkan internet sebagai media promosi online yang lebih efektif dibandingkan dengan offline. Internet memungkinkan promosi dengan menyasar target sesuai dengan yang dicari dan memiliki jangkauan yang lebih luas. Secara biaya, promosi online lebih murah dibandingkan dengan cara konvensional, salah satu promosi online yang sedang banyak digunakan saat ini adalah dengan Facebook Ads.

Apa itu Facebook Ads

Apa Itu Facebook Ads
Apa Itu Facebook Ads

Facebook Ads atau FB Ads adalah layanan periklanan yang dimiliki oleh Facebook yang digunakan untuk mempromosikan berbagai jenis produk di social media Facebook dan Instagram dengan berbagai latar belakang pengguna yang berbeda. Kelebihan dari Facebook Ads ini adalah Anda bisa mengatur target pasarnya sendiri sesuai dengan karakteristik produk yang akan diiklankan.

Contoh mudahnya saat Anda ingin menjual layanan domain hosting, pasti target market Anda yang paling benar adalah orang yang memiliki background IT, bukan kepada para mahasiswa ataupun pelajar. Nah ini yang menjadi kelebihan Facebook Ads bisa melakukan filter sesuai dengan target pasar.

Mengapa Memilih Facebook Ads?

Facebook Ads dipilih karena dari jumlah pengguna sampai kuartal pertama tahun 2020 ini sudah memiliki jumlah pengguna 2.6 miliar di seluruh dunia. Belum lagi ditambah dengan pengguna Instagram sampai saat ini yang semakin bertambah banyak.

Nah dari banyaknya user kedua social media menjadikan Facebook Ads dipilih sebagai salah satu media promosi yang menguntungkan, karena ada milyaran pengguna dengan berbagai latar belakang yang berbeda. Banyak brand-brand besar di Indonesia yang menggunakan layanan Facebook Ads untuk memasarkan produk-produknya, jadi Anda tidak perlu khawatir lagi tinggal memulai untuk mengiklankan produk Anda di FB Ads.

Cara Kerja Facebook Ads

Cara Kerja Facebook Ads
Cara Kerja Facebook Ads

Untuk bisa memulai beriklan di Facebook Ads langkah pertama Anda haruslah memiliki akun facebook terlebih dahulu. Setelah itu Anda bisa memulainya dengan menyiapkan beberapa hal teknis berikut ini:

  1.   Mempersiapkan akun business manager facebook
  2.   Mempersiapkan akun untuk beriklan
  3.   Mempersiapkan metode pembayaran
  4.   Mempersiapkan pages facebook
  5.   Mulai beriklan

Iklan facebook dimulai dengan setting materi iklan dengan audience yang sudah ditentukan, setelah itu iklan bisa berjalan setelah saldo Anda terisi. Untuk melihat performa iklan bisa Anda lihat pada business manager facebook.

Baca juga : Tutorial Facebook Ads Untuk Pemula

Istilah-Istilah Dalam Facebook Ads

Agar Anda tidak bingung saat terjun ke Facebook Ads, maka Anda perlu memahami beberapa istilah-istilah yang sering ditemui saat menjalankan Facebook Ads. Apa saja itu? silahkan simak pembahasannya dibawah ini.

  • Ad

Istilah dalam FB Ads pertama yang sering banget muncul adalah “Ad”. Ad adalah materi iklan yang akan Anda promosikan kepada target market, biasanya ada banyak materi iklan yang dibuat berbeda untuk mengetahui mana materi iklan yang paling bagus.

  • Adset

Adset adalah kumpulan dari beberapa Ad. Dalam Adset ini Anda bisa melakukan penargetan, penjadwalan, penawaran, anggaran dan peletakan iklan.

  • Ads Manager

Ads Manager adalah halaman pada facebook yang isinya semua kampanye iklan Facebook Ads. Jadi dalam satu dashboard ini Anda bisa melihat semua performance iklan.

  • Campaign

Campaign adalah bagian dari Facebook Ads yang berisi kumpulan dari beberapa adset. Pada campaign ini Anda bisa memilih dan menentukan objective dari iklan yang sedang berjalan.

  • CPM

CPM (Cost Per Million) adalah biaya yang dikeluarkan dari 1000 tayangan iklan. Jadi Anda cukup membayar setiap kelipatan 1000 iklan yang sudah ditayangkan.

  • CTR

CTR (Click Through Rate) adalah jumlah klik yang dihasilkan dari iklan dalam periode waktu tertentu. Anda akan membayar dari sejumlah klik yang masuk, besarnya berbeda-beda tergantung dari jenis produk yang Anda jual.

  • Custom Audience

Custom audience adalah database target market yang sudah Anda miliki. Isi dari custom audience ini bisa berisi list email, nomor hp, pixel facebook, likes, orang yang mengunjungi website, orang yang pernah berinteraksi dan lain sebagainnya.

  • Objective

Objective adalah tujuan dari iklan yang sedang Anda jalankan.

  • Relevance Score

Relevance score adalah ukuran nilai dari 1-10 tentang seberapa baik iklan Anda ditanggapi oleh target audience yang dipilih.

  • Pixel

Pixel adalah kode tracking yang dipasang pada website yang memiliki tujuan untuk melakukan pengukuran, optimasi dan menyimpan audience pada kampanye Facebook Ads.

  • Reach

Reach adalah besaran jangkauan iklan atau seberapa banyak orang yang melihat iklan yang sedang Anda jalankan.

  • Facebook Business Manager

Facebook Business Manager adalah tools yang berfungsi untuk melakukan pengelolaan dan akses ke halaman facebook page dan akun iklan.

Kunci Sukses Iklan Facebook Ads

Iklan di Facebook
Iklan di Facebook

Nah agar sukses beriklan di Facebook Ads, ada beberapa hal yang menjadi kunci sukses menjalankan campaign di Facebook. Jika tidak tahu ini Anda hanya akan membuang-buang uang saldo saja tanpa menghasilkan keuntungan.

Berikut 4  kunci sukses dalam menjalankan iklan Facebook Ads:

  1.   Pertama Anda harus memahami karakter dari target audience Anda terlebih dahulu sebelum memulai menjalankan iklan.
  2.   Kedua Anda harus belajar bagaimana caranya untuk membuat iklan yang menarik kepada semua target audience sehingga orang mau melihat dan klik iklannya.
  3.   Memaksimalkan semua fitur-fitur yang dimiliki pada facebook ads.
  4.   Terakhir adalah bagaimana cara mengkonversi calon customer menjadi customer sehingga menghasilkan keuntungan.

Nah bagaimana sudah bisa memahami apa itu Facebook Ads secara menyeluruh? Nah jika sudah kini saatnya Anda mempraktekannya secara langsung. Anda tidak perlu khawatir karena kami sudah menyiapkan ebook gratis Facebook Ads yang bisa Anda download, silahkan klik linknya dibawah ini.

Download Ebook Facebooks Ads Gratis Sekarang !!

Sebelum ditutup, untuk kebutuhan landing page dan website produk Anda, kami memiliki rekomendasi hosting bisnis terbaik untuk kebutuhan toko online Anda. Segera pesan hostingmu sekarang juga di Qwords.com dan dapatkan gratis domain untuk setiap pembelian layanan hosting.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *