Istilah Deep Web tentu sudah tidak asing lagi bagi para pegiat IT. Banyak orang mengatakan bahwa Deep web itu merupakan situs sarang penjahat yang kerap kali digunakan untuk transaksi barang-barang ilegal dan tindakan kriminal. Namun, tahukah Anda jika asumsi tersebut pada kenyataannya kurang tepat atau tidak benar? Mari kita simak fakta deep web.

Nah, sebelum kita bahas lebih lanjut tentang apa itu Deep Web alangkah baiknya kalau kita pelajari dulu pengertian dan informasi-informasi penting yang sudah disajikan berikut ini.

Pengertian Apa Itu Deep Web

apa itu deep web
Apa itu Deep web?

1. Pengertian Deep Web

Deep web atau yang biasa disebut sebagai invisible web, hidden web, maupun DeepNet sebenarnya adalah bagian dari protokol world wide web (www), hanya saja keberadaannya tidak termasuk ke dalam index publik, dan tidak dapat diakses secara leluasa oleh pengguna jaringan Internet pada umumnya.

Istilah penamaan di atas diberikan bukan tanpa alasan, hal tersebut diambil berdasarkan fakta bahwa Deep web memuat banyak sekali konten informasi terpendam yang sulit atau bahkan tidak bisa diakses (invisible) oleh orang biasa.

Berbagai situs yang ada di dalam Deep web juga tidak bisa ditemukan dengan mudah layaknya melakukan aktivitas browsing menggunakan mesin pencari seperti biasa. Anda harus menggunakan browser deep web.

Contoh situs Deep web sendiri beberapa diantaranya meliputi server lokal kampus, layanan apikasi pesan instan yang tidak terindeks mesin pencari, serta aplikasi online yang hanya bisa diakses oleh karyawan atau pekerja tertentu.

Lalu, apakah Deep web berbahaya? Jawabannya tentu saja tidak.

ilustrasi pengertian deep web
ilustrasi pengertian deep web

Ibarat kata, kalau kita ilustrasikan dunia internet sebagai sebuah bongkahan es maka berbagai situs website yang bisa kita telusuri menggunakan Google, Bing, atau Yahoo itu merupakan bagian permukaan yang bisa dilihat dengan mata atau istilahnya surface web.

Sedangkan bongkahan es di bagian bawah permukaan air laut adalah gambaran dari tumpukan konten yang ada di dalam Deep Web.

2. Perbedaan Deep Web dan Dark Net

Seperti yang sudah dijelaskan pada pengertian di atas, Deep web sejatinya merupakan keseluruhan data (konten) yang ada di Internet namun tidak bisa di akses secara umum oleh pengguna.

Sementara DarkNet lebih condong ke arah sistem yang dibangun untuk melindungi privasi dan terkadang masih bisa diakses untuk keperluan eksploitasi barang-barang ilegal.

Jadi, keduanya relatif berbeda dan tidak bisa disamakan, meski dari segi penamaan agak sedikit nyerempet. Bagaimana dengan pengertian dark web?

Fakta Tentang Deep Web

fakta seputar deep web
Fakta seputar deep web – sejarah deep web

Internet merupakan infrastruktur kekinian untuk mengekspresikan jati diri serta menjadi simbol kebebasan. Jadi tidak heran jika didalamnya terdapat berbagai macam informasi diluar nalar yang tidak lazim untuk dicerna oleh kebanyakan manusia.

Selain terkenal karena banyak digunakan sebagai sarang kejahatan cyber, Sejarah deep web juga banyak dibicarakan karena ukurannya yang diklaim mencapai 7,5 petabite atau jika dihitung secara matematis berukuran hingga 20 kali lipat dari kapasitas server Facebook, Google, atau Microsoft.

Baca juga: Informasi Seputar Hosting/Server, Pemilik Website Wajib Tahu!

Tak terbayang bukan besarnya? Lalu dimanakah lokasi server Deep Web? Bagaimana cara maintenance sumber tenaganya? Apakah ada akibat membuka deep web? Siapa pembuat deep web?

Perlu diketahui, sejatinya akses dunia internet yang bisa digunakan saat ini totalnya tak lebih dari 5 persen saja dari keseluruhan kapasitas server yang ada, sementara sisa kapasitas server milik perusahaan seperti Google, Microsoft, ataupun Facebook lah yang selama ini berada di balik Deep Web membentuk kumpulan situs deep web.

Cara Masuk Deep Web

Bagamana cara masuk Deep web? Apakah ada trik cara membuka deep web di Android? Karena Deep web merupakan tulang punggung informasi dari konten yang bisa di akses melalui halaman mesin pencari, maka sudah seharusnya jika Deep web bersifat kaku dan tidak terbuka untuk umum.

Sementara itu, untuk Dark web/Dark net/deep internet sendiri sifatnya lebih fleksibel karena konsepnya lebih ke arah perlindungan privasi dimana terkadang masih bisa dibuka dan dimanfaatkan oleh para hacker untuk mengeksploitasi celah demi kepentingan pribadi.

Layaknya ketika kita ingin menyelam ke dasar laut paling dalam, cara masuk ke dalam DarkNet juga begitu rumit dan tidak bisa dilakukan dengan cara asal-asalan. Untuk bisa masuk kedalam Dark net Anda butuh tools khusus yang terdiri dari VPN, browser bernama TOR, serta identitas palsu untuk jaga-jaga jika dibutuhkan.

Apa Isi dari Deep Web?

Dengan cakupan kapasitas yang berkali-kali lipat lebih besar dari surface web, Deep web tentu berisi informasi yang jauh lebih banyak dan lebih lengkap.

Misalnya seperti database pelanggan, data penjualan, transaksi keuangan, hingga dokumen rahasia yang memang tidak seharusnya dipublikasikan.

Kesimpulan

Bagaimana? Dari penjelasan singkat tentang apa itu Deep web di atas tentunya Anda sudah jauh lebih paham dong terkait perbedaan Deep web dan dark web/DarkNet, bahkan Anda juga bisa melihat beberapa korban deep web indonesia. Jika selama ini Anda masih memiliki anggapan bahwa Deep web itu berbahaya, maka segeralah bertobat dan kembali kejalan yang benar.

Deep web itu sama sekali tidak berbahaya, karena hanya berisi konten tersembunyi yang tidak bisa diakses oleh pengguna biasa menggunakan mesin pencari.

Sekian artikel kali ini, jika dirasa bermanfaat jangan lupa klik tombol share untuk membagikan informasi ini ke kanal sosial media kesayangan Anda.

Sementara jika saat ini Anda sedang membutuhkan referensi hosting terbaik untuk membangun website toko online maupun blog pribadi, bisa melihat penawaran paket web hosting Indonesia dari Qwords.com melalui halaman berikut ini.

4 Replies to “Apa Itu Deep Web? Inilah Penjelasan dan Fakta-fakta Didalamnya

    1. Deep Web bukan seperti itu kak,
      Itu hanya control panel website aja.
      Terima kasih sudah berkunjung di Qwords kak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *