Untuk Anda pengelola website tentu lumayan sering mendengar istilah cPanel, dan bagi yang masih terbilang awam dijamin akan bertanya-tanya mengenai apa itu cPanel. cPanel akan sangat familiar bagi pengelola website yang menggunakan sistem operasi Linux. Sebab cPanel memang kompatibel digunakan di sistem operasi tersebut dibandingkan dengan Windows, supaya tidak penasaran simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Apa itu cPanel?

Apa itu cPanel
Apa itu cPanel

Sebelum bisa mempergunakan cPanel maka penting sekali untuk memahami pengertian dari cPanel itu sendiri. Selanjutnya juga perlu memahami bagaimana cara menggunakannya, sebab ada beberapa prosedur yang perlu dilalui seperti pembuatan akun, cPanel login, pemanfaatan fitur-fitur cPanel, dan lain sebagainya.

cPanel adalah panel kontrol yang digunakan untuk melakukan pengaturan sesuai kebutuhan pada layanan web hosting. cPanel sendiri juga seperti kebanyakan panel kontrol lain yakni memiliki database, manajemen file, domain, software, security, dan juga konfigurasi lainnya.

Mengatur sebuah web memang tidak harus selalu mengandalkan cPanel, sebab bisa pula dilakukan secara manual yakni dengan pengaturan lewat perintah teks. Jika menggunakan metode manual maka tentu wajib paham coding dan kesabaran, karena akan memakan waktu lebih lama. Terlebih bagi pemula, sehingga metode manual ini perlahan tergeser oleh cara yang lebih praktis.

Salah satunya adalah dengan menggunakan cPanel tadi, yang nantinya bisa mempermudah pengguna untuk melakukan konfigurasi dari web yang dikelola. cPanel dikenal memberi kemudahan ekstra bagi pengguna karena menyajikan kontrol dengan tampilan user interface yang menarik dan juga mudah untuk dioperasikan.

Berkat beberapa ciri khas yang menguntungkan tersebut tidak heran jika cPanel mulai sering digunakan. Bahkan dikenal luas bahwa cPanel adalah salah satu panel kontrol yang banyak digunakan. Tidak hanya di Indonesia saja namun juga mencakup berbagai negara, sehingga tidak akan rugi untuk ikut menggunakannya.

Kelebihan cPanel

cPanel
cPanel

cPanel yang merupakan web hosting Linux yang menghadirkan kemudahan untuk mengelola domain, hosting, dan juga website. Pengguna akan merasakan banyak keuntungan, karena panel kontrol satu ini memiliki sejumlah kelebihan sebagai berikut:

1. Mudah untuk Dipelajari

Bagi pemula untuk bisa mengelola web hosting tentunya tidak semudah membalikan telapak tangan. Meskipun begitu, berkembangnya teknologi memberi banyak pilihan bagi pengelola web pemula agar lebih cepat mahir. Salah satunya dengan hadirnya panel kontrol yang mudah untuk dipelajari dan digunakan.

cPanel masuk ke dalam kategori panel kontrol tersebut, karena memang mudah untuk dipelajari. Tersedia beberapa fitur yang cukup bermain dengan kursor maka akan memberikan kemudahan dalam mengatur web hosting. Misalnya saja dalam mengatur domain maupun database, sehingga tidak memakan waktu lama untuk menguasainya.

2. Mudah untuk Digunakan

Mengenal bahwa cPanel adalah salah satu panel kontrol berbasis Linux maka dipastikan sangat menarik untuk menggunakannya. Selain mudah untuk dipelajari karena tampilan interface yang simpel dan menarik. Panel kontrol satu ini juga mudah untuk digunakan.

Seperti yang sudah disinggung di poin sebelumnya jika panel ini punya beberapa fitur yang cukup diklik sesuai kebutuhan. Maka pengelola web hosting tidak perlu repot mengotak-atik perintah teks. Cukup mencari fitur yang sesuai kebutuhan agar website bisa berjalan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

3. Menghemat Waktu dan Juga Biaya

cPanel diketahui juga gratis, menggunakannya tidak hanya membantu menghemat waktu karena mudah untuk digunakan. Akan tetapi juga membantu menghemat biaya, sebab sifat cPanel gratis sehingga memungkinkan siapa saja untuk menggunakannya. Anda yang tertarik di dunia web hosting namun terkendala masalah biaya, bisa mempertimbangkan cPanel ini.

4. Memberikan Software Auto Installer

Kemudahan semakin terasa dengan menggunakan cPanel berkat sifatnya yang menghadirkan software auto installer. Sehingga tidak perlu bersusah payah untuk menginstal beberapa fitur yang dibutuhkan dalam pengaturan web hosting. Jadi untuk Install WordPress dengan cPanel menjadi lebih mudah dan cepat

Baca juga : Perbedaan cPanel dan DirectAdmin

Kekurangan cPanel

Dashboard cPanel
Dashboard cPanel

cPanel memang hadir dengan banyak kelebihan seperti yang dijabarkan di atas, namun rupanya panel kontrol satu ini juga punya beberapa kekurangan. Meskipun cPanel adalah panel kontrol yang banyak dilirik, namun sebelum menggunakannya pertimbangkan dulu kekurangannya di bawah ini:

1. Performa cPanel Tergolong Lambat

cPanel memang memiliki kelebihan berupa fitur yang kaya, hanya saja saking banyaknya fitur ini ternyata memberi kelemahan. Fitur yang terlalu banyak tak pelak membuat performa cPanel lebih lambat, misalnya saja jika dibandingkan dengan Plesk.

2. Pengaturan Bisa Berubah Otomatis

Meskipun cPanel juga mudah untuk digunakan, rupanya banyak pengguna yang sering kecolongan karena beberapa pengaturan berubah mendadak. Sehingga pengelola web perlu memeriksa pengaturan secara berkala. Ketika ada perubahan bisa segera mengembalikannya seperti semula.

3. Beberapa Menjalankan Software yang Tidak Diupgrade

Jika mengutamakan keamanan, sepertinya cPanel punya kelemahan di sektor ini karena beberapa hosting menjalankan software tanpa upgrade. Sehingga lebih rentan terkena serangan virus yang tentu berbahaya bagi keamanan data di database website.

Memahami cPanel adalah panel kontrol yang memberi berbagai kemudahan dalam hosting sebuah website. Maka bisa dipertimbangkan, namun kenali juga kelemahannya agar bisa digunakan dengan bijak dan cermat agar tidak terlalu merugikan.

Untuk Anda saat ini yang membutuhkan layanan hosting dengan cPanel, silahkan membuka di website Qwords.com karena disana tersedia layanan hosting murah cPanel dengan harga mulai dari 19.900/bulan saja. Selain itu Qwords juga memiliki layanan selain cPanel yaitu dengan pilihan DirectAdmin yang lebih murah. Tunggu apalagi miliki websitemu sekarang juga dengan hosting dari Qwords.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *