Pada saat membuat website, ada berbagai cara yang bisa dilakukan. Kalau zaman dulu untuk bisa memiliki website diperlukan kemampuan coding yang mumpuni, jika tidak bisa Anda perlu menyiapkan budget lebih untuk membayar jasa pembuatan website. Tetapi sekarang ini Anda tidak perlu khawatir karena cara untuk membuat website cukup mudah yaitu menggunakan CMS atau Content Management System.

Sejarah WordPress

Sejarah WordPress
Sejarah WordPress

Mungkin dari sebagian orang yang ada yang belum mengetahui apa itu CMS? CMS (Content Management System) adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk mengatur konten pada website dengan tujuan agar lebih mudah dalam pengelolaan website. Yang perlu Anda ketahui lagi bahwa di dalam CMS terdiri dari 2 elemen penting yaitu:

  • Aplikasi managemen konten (Content Management Application) berfungsi sebagai ujung tombak dari CMS. Desain antarmuka CMA memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengelola konten sebuah website. Apalagi desain dashboard CMS terutama WordPress sekarang ini sudah user friendly, mudah sekali digunakan walaupun untuk sekelas pemula sekalipun.
  • Aplikasi pengiriman konten (Content Delivery Application) secara fungsi CDA mengantikan seorang administrator website. Content Delivery Application mengerjakan semuanya yang ada pada belakang website, sehingga tidak begitu terlihat. Secara mudahnya CDA adalah sebagai backend dari sebuah website. Salah satu contoh cara kerjanya ketika Anda ingin mempublish sebuah konten dengan mengklik “Publish” pada halaman post, CDA melakukan pekerjaanya dibelakang tombol publish tersebut sehingga konten Anda bisa tampil sempurna pada pencarian di Internet.

Nah sekarang ini perembangan penggunaan CMS sudah berkembang dengan pesat, salah satu CMS yang paling banyak penggunanya adalah WordPress. Data statistik dari w3techs.com  sampai saat ini menunjukan bahwa pengguna CMS WordPress di dunia ini mencapai 61.4% dari keseluruhan CMS yang ada. Jadi WordPress ini menguasai setengah lebih pengguna CMS di dunia saat ini.

Apa Itu CMS WordPress

Apa Itu CMS WordPress
Apa Itu CMS WordPress

Sejarah perkembangan WordPress dimulai pada tahun 2001, awalnya bernama b2 atau cafelog, pada saat  itu sudah ada pengguna b2/cafelog sekitar 2000 user pada bulan Mei 2003. Saat itu menggunakan bahasa pemrogaman PHP dan MySQL dengan menggunakan lisensi GPL (General Public License).  Saat itu Matthew Charles Mullenweg mengajak seorang temannya yang bernama Mike Little untuk mengembangkan b2/cafeblog menjadi WordPress.

Pada bulan Mei tahun 2003 WordPress versi pertama pengembangan dari b2/cafeblog resmi dirilis dan dilanjutkan dengan wordpress wiki atau bisa disebut codex.wordpress yang diluncurkan pada bulan Desember 2003. Saat itu popularitas WordPress meningkat secara pesat, pada akhirnya pada Januari 2004 WordPress mengupdate fitur secara besar-besaran seperti edit link, multiple category, interface dan sebagainya.

Update WordPress pun dilanjutkan pada bulan Mei 2004 yang bertepatan dengan rilis WordPress versi 1.2 dengan penambahan fitur arsitektur plugin versi terbaru, moderasi komentar, post review dan sebagainya. Semakin berkembangnya tahun, WordPress mengalami pertmabahan pengguna yang besar, puncaknya pada tahun 2005 saat rilis WordPress versi 1.5 sudah didownload sebanyak 900 ribu  kali.

Selain itu pada tahun 2005 WordPress menambah layanan mereka dengan WordPress.com yang menyedikan platform untuk membuat website secara gratis seperti blogspot. WordPress.com selain memberikan secara cuma-cuma, terdapat juga fitur untuk pembelian domain, persewaan hosting dan beberapa fitur menarik lainnya. Hingga saat ini WordPress menjelma sebagai CMS dengan jumlah pengguna terbesar di dunia.

Keunggulan CMS WordPress

Ada berbagai keunggulan yang dimiliki CMS WordPress dan tidak dimiliki oleh CMS lainnya, berikut daftarnya:

1. WordPress bersifat gratis

Cara Membuat Blog
Cara Membuat Blog

Salah satu daya tarik utama dari WordPress adalah bersifat gratis, sehingga cocok bagi Anda yang baru memulai untuk memuat website. Jika Anda ingin membuat website gratis dengan alamat URL domainanda.wordpress.com bisa mengunjungi website WordPress.com, tetapi untuk Anda yang ingin membuat website dengan ekstensi domain TLD, Anda perlu menyiapkan domain dan hosting untuk menginstall WordPress.

2. Mudah digunakan

Keunggulan dari CMS WordPress yang kedua adalah kemudahan dalam penggunaan. Bahkan bagi orang awam sekalipun dijamin tidak akan menemui kesulitan dalam penggunaan WordPress, apalagi menu di dashboard WordPress sudah jelas dan lengkap. Pada artikel lain juga sudah dijelaskan pengenalan dashboard WordPress. Jadi jika Anda ingin membuat website kami sarankan untuk menggunakan CMS WordPress saja.

3. Lebih fleksibel

Jasa pembuatan website
Jasa pembuatan website

Fleksibel disini  maksudnya WordPress bisa digunakan untuk berbagai keperluan website seperti website pribadi, website perusahaan, company profile hingga toko online.

4. Aman

Selain menyandang sebagai CMS dengan pengguna terbesar di dunia, WordPress juga memiliki keamanan yang bisa diacungi jempol. Banyak para hacker yang mencari celah kelemahan yang dimiliki oleh WordPress, tetapi WordPress selalu sigap dengan melakukan update rutin agar semua pengguna WordPress aman dari tindak kejahatan.

5. Tersedia banyak plugin

Alasan selanjutnya harus menggunakan CMS WordPress adalah karena tersedianya banyak plugin. Dengan adanya plugin ini Anda tidak perlu melakukan coding untuk menambahkan beberapa fitur pada WordPress, cukup install saja sesuai dengan kebutuhan. Terdapat ribuan jenis plugin yang tersedia di WordPress, untuk Anda yang baru memulai WordPress silahkan cek dulu plugin WordPress yang wajib diinstall. 

6. Tersedia banyak themes

Themes WordPress
Themes WordPress

Selain plugin, themes atau template wordpress juga tersedia banyak pilihan. Anda tidak perlu mengerti coding untuk bisa mendesain website menjadi terlihat cantik, cukup pilih saja sesuai keinginan kemudian install. Dalam pemilihan themes, Anda perlu membaca tips memilih themes WordPress yang sudah kami bahas pada artikel sebelumnya agar tidak salah pilih.

7. Support dan komunitas besar

Jika Anda mengalami kendala dengan CMS WordPress tidak perlu khawatir, Anda bisa menemukan berbagai solusi yang banyak di share di group, forum dan di berbagai website yang membahas tentang WordPress. Selain itu ada berbagai komunitas baik lokal maupun internasional yang membahas tentang WordPress. Anda bisa bertanya kepada komunitas WordPress secara langsung, selain itu Anda juga bisa sharing tentang WordPress kepada seluruh anggotanya.

8. Mendukung SEO

SEO WordPress
SEO WordPress

WordPress memiliki banyak plugin SEO untuk website yang tersedia secara gratis. Hal ini tentunya bermanfaat sekali untuk menaikan peringkat website Anda pada mesin pencarian Google. Jika dibandingkan CMS yang lainnya, WordPress adalah yang paling mendukung SEO. Bagi Anda yang belum tahu apa itu SEO silahkan buka baca-baca dulu pada pembahasan sebelumnya.

Kesimpulan

Nah demikianlah pembahasan mengenai apa itu CMS WordPress. CMS merupakan perangkat lunak paling bagus untuk mengatur konten website dan WordPress menjadi CMS dengan pengguna terbesar sampai saat ini.  Selain WordPress sebenarnya masih ada macam-macam CMS yang ada saat ini, tetapi memang yang paling populer adalah WordPress.

Untuk memaksimalkan kinerja WordPress, Anda perlu menggunakan hosting khusus WordPress. di Qwords.com kami menyediakan layanan WordPress Hosting Indonesia khusus untuk Anda pengguna WordPress, banyak fitur yang tidak dimiliki pada layanan hosting biasa. Tunggu apalagi segera pesan WordPress hosting dari kami.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *