Dalam suatu pengelolaan sebuah situs web, tentunya setiap orang ingin memiliki banyak pengunjung. Mulai dari cara yang relevan yang umumnya digunakan atau menggunakan cara yang aneh dan cenderung membuat orang tak percaya. Salah satu hal yang bisa digunakan adalah dengan clickbait. Banyak orang yang tidak tahu apa itu clickbait? Hingga proses penggunaan nya. Berikut ini merupakan pemaparan singkat terkait dengan click bait.

Pengertian Clickbait

Apa itut clickbait
Apa itut clickbait

Clickbait adalah cara yang bisa digunakan oleh si penyedia konten agar menarik banyak pengunjung adalah dengan membuat judul unik dan menarik. Judul yang unik merupakan judul yang jarang ditemui. Judul tersebut nantinya akan merangsang di pembaca untuk mengetahui lebih dalam lagi. Alhasil, mereka akan membaca artikel tersebut hingga habis. Bahkan terdapat pula yang langsung melakukan share pada artikel meskipun tidak tahu isi pasti nya.

Penggunaan clickbait sendiri memiliki ragam variasi dan inovasi. Banyak penyedia konten yang menggunakan clickbait dengan baik, sehingga judul unik tersebut memiliki relevansi dengan isi yang diberikan. Clickbait yang seperti ini yang biasanya lebih dicari oleh para pembaca. Sedangkan banyak pula si penyedia konten yang sengaja menggunakan judul unik dan tidak memiliki relevasi dengan artikel yang diberikan.

Clickbait yang kedua tersebut sering membuat para pembaca nya menjadi jengkel. Karena dinilai tidak menampilkan artikel yang baik. Dalam tersebut si penyedia konten hanya menggunakan judul sebagai pancingan agar si pembaca melakukan klik pada judul tersebut. Hal ini sah-sah saja dan sudah banyak digunakan.

Hal tersebut bisa dinamakan sebagai taktik dalam pembuatan konten. Penggunaan clickbait merupakan hal yang wajar dan sah jika tidak terlalu berlebihan. Namun, jika terlalu berlebihan hingga menimbulkan dampak negatif, maka tidak diperbolehkan.

Arti Clickbait

Masih banyak orang yang bertanya apa itu clickbait? Umumnya hal tersebut ditanyakan oleh orang yang baru saja ikut bergabung dengan dunia penulisan. Bagi yang baru memulai tentu masih bingung dalam berbagai istilah yang sering digunakan dalam penulisan.

Headline Yang Menarik
Headline Yang Menarik

Clickbait artinya adalah umpan klik. Mengapa suatu judul dinamakan clickbait. Hal tersebut dikarenakan judul tersebut hanya menjadi umpan agar pembaca melakukan klik. Belakangan ini clickbait memang muncul ke permukaan. Seiring dengan maraknya pembuat konten yang ingin mencari viewer atau mencari banyak klik pada kontenya.

Bukan hanya judul yang mengandung unsur clickbait, namun juga banyak para pengembang yang menggunakan gambar. Gambar tersebut juga mengandung unsur clickbait.

Bagi Anda yang baru saja mendengar istilah clickbait, pasti mengira bahwa istilah tersebut merupakan istilah lama yang telah banyak digunakan oleh orang asing atau orang Barat. Namun malah sebaliknya. Apabila dilihat dari cara penggunaan dan fungsinya maka clickbait telah ada sejak zaman dahulu.

Baca juga : Panduan Belajar SEO Untuk Pemula

Tetapi jika dilihat dari segi Bahasa, clickbait artinya umpan balik, dan Bahasa ini masuk ke dalam Bahasa gaul. Bisa dianggap sebagai bahasa yang sering digunakan untuk memberikan istilah pada kegiatan tertentu yang dilakukan orang. Kegiatan tersebut adalah umpan klik.

Penggunaan clickbait sendiri saat ini digunakan secara berhati-hati. Tidak seluruh judul clickbait mampu menarik pengguna. Terlebih pengguna yang pernah merasa tertipu dengan penggunaan judul jenis ini. Saat ini banyak para pembaca yang menghindari judul clickbait. Tentu saja hal ini akan membuat para pembuat judul merasa kesulitan.

Saat ini membuat judul tidaklah mudah. Para penyedia konten harus bisa menyajikan judul yang tepat dengan unsur clickbait yang pas. Karena clickbait yang memiliki kesan dibuat-buat atau dilebih-lebihkan tentu saja akan dihindari oleh para pembaca.

Clickbait yang bagus akan menarik minat banyak pembaca. Banyaknya yang menggunakan clickbait tidak selaras dengan isi artikel, membuat banyak pembaca yang menganggap bahwa clickbait adalah judul yang bohong. Karena tidak sesuai dengan isinya. Meskipun demikian, banyak pula orang yang berusaha menimbulkan keselarasan antara judul clickbait dengan artikel.

Setelah mengetahui apa itu clickbait? Tentunya Anda dapat membuat keputusan yang ttepat terkait dengan judul clickbait. Umumnya judul clickbait lebih menekankan pada kosa kata yang memiliki kontroversi.

Apabila Anda adalah orang yang menyediakan konten, maka penggunaan clickbait bisa dipertimbangkan. Tentunya hal tersebut harus di pertanggung jawabkan. Karena clickbait yang baik adalah yang memiliki keselarasan dengan isi artikel. Hindari penggunaan judul yang nisa menimbulkan dampak buruk dan dapat merugikan orang lain. Apabila hal ini terjadi, maka sudah pasti konten Anda akan sepi pengunjung. Karena pengunjung akan merasa tertipu.

Apabila Anda adalah seorang pembaca yang biasa menikmati suatu konten baik tulisan atau video. Maka pasti bisa membedakan judul yang sesuai dengan isinya atau judul yang tidak memiliki kesesuaian. Sebenarnya sangat mudah dalam membedakan suatu judul. Apabila judul yang digunakan mengandung kesan berlebihan dan tidak masuk akal, maka jelas nantinya tidak akan sesuai dengan isinya. Oleh karena itu, penggunaan clickbait harus relevan.

Untuk Anda yang saat ini membutuhkan layanan Unlimited Hosting untuk website, Kami memiliki rekomendasi dari website Qwords. Mulai dengan harga 34.900/bulan Anda sudah mendapatkan unlimited hosting dengan 5 addon domain. Tunggu apalagi miliki website pertamamu sekarang juga.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *