Backlink merupakan salah satu aspek penting yang bisa menentukan posisi website di penelusuran mesin pencari. Alhasil, pertanyaan tentang apa itu backlink dan bagaimana cara mendapatkan backlink gratis kerap kali melintas di kepala sebagian besar blogger maupun web developer.

Mempelajari dan memahami konsep backlink memang tidak gampang. Pasalnya, selalu saja ada aturan dari Google yang membatasi setiap gerak-gerik yang dinilai bisa merugikan banyak orang. Salah satunya yakni kehadiran algoritma Google Penguin yang diplot untuk menurunkan peringkat situs dengan jumlah backlink spam yang tidak relevan.

Nah, agar semakin mengenal seputar backlink dan berbagai perintilannya, pada artikel kali ini secara khusus sudah kami rangkum pengertian backlink lengkap dengan contoh backlink, tips, hingga panduan cara mendapatkan backlink gratis berkualitas.

Penasaran seperti apa isinya? Yuk, langsung saja kita simak bersama-sama.

Apa Itu Backlink?Bagaimana Tips Cara Mencari Backlink Gratis Berkualitas?
Apa Itu Backlink?Bagaimana Tips Cara Mencari Backlink Gratis Berkualitas?

Apa Itu Backlink?

Backlink adalah sebutan untuk menamai sebuah tautan/link yang mengarah ke website kita. Backlink bisa dimanfaatkan sebagai rujukan untuk memudahkan pengguna atau sekadar untuk keperluan optimasi agar website kita lebih populer di mata mesin pencari.

Dari segi manfaat, backlink dibedakan menjadi dua jenis, yakni dofollow dan nofollow. Kedua jenis backlink di atas sebenarnya tidak berbeda sama sekali jika dilihat secara kasat mata. Namun, jenis backlink dofiollow lebih banyak disukai karena memiliki nilai tinggi di mata mesin pencari, sementara jenis nofollow relatif kurang diminati karena tidak memberikan efek berarti untuk website.

Dewasa ini, kebutuhan backlink semakin berkembang pesat seiring maraknya kampanye berbasis SEO sebagai salah satu strategi untuk menarik calon pembeli. Lantas, kira-kira adakah tips atau cara ampuh untuk mencari backlink berkualitas tinggi?

Baca Juga: Panduan Belajar SEO WordPress Untuk Pemula

Tips Cara Mencari Backlink Berkualitas

Ada beragam cara untuk bisa mendapatkan backlink berkualitas, baik secara gratis maupun berbayar. Untuk cara gratisan, Anda bisa memanfatkan metode peletakan backlink profile, sosial bokmarking, atau guestpost. Sedangkan untuk cara mendapatkan backlink berkualitas yang berbayar bisa melalui kerjasama content placement atau sponsored post.

Berikut merupakan tips cara mencari backlink berkualitas untuk memenuhi kebutuhan website Anda.

1. Membuat Konten yang Unik dan Menarik

Sudah bukan rahasia lagi jika konten yang baik akan menarik banyak orang untuk membaca sekaligus mereferensikannnya. Jadi, fokuslah untuk mencari ide baru sebagai bahan tulisan. Siapa tahu artikel Anda bisa menjadi rujukan situs authrity seperti Wikipedia yang memang terkenal sering memberikan backlink berkualitas.

2. Aktif Membangun Relasi Pertemanan

Jika Anda merupakan seorang blogger, jangan sampai terlewat untuk ikut bergabung dalam sebuah komunitas. Di Jogja misanya, ada KBJ (Komunitas Blogger Jogja) yang menjadi wahana efektif untuk saling bertukar pikiran maupun menambah jejaring pertemanan.

Kalau Anda beruntung, bisa jadi ada satu atau dua orang yang tertarik dengan website Anda dan bersedia untuk diajak saling bertukar link.

3. Tulis Informasi yang Sedang Banyak Dicari

Untuk bisa menghadirkan konten berkualitas ada berbagai macam jalan yang bisa ditempuh, salah satunya yakni dengan menemukan topik bahasan yang sedang banyak dibutuhkan.

4. Melakukan Blogwalking ke Website yang Memiliki Topik Sama

Aktivitas blogwalking memang sudah mulai ditinggalkan karena dianggap cukup merepotkan dan kurang powerfull untuk mendongkrak posisi website di hasil pencarian. Namun, bagaimana jika blogwalking dilakukan pada blog/website dengan topik bahasan yang sama? Silahkan Anda coba dan buktikan sendiri efeknya.

5. Gunakan Tools

Agar proses pencarian backlink Anda semakin mudah, gunakan juga tools seperti Ahrefs, MOZ, atau Majestic yang bisa menampilkan data backlink dari website kompetitor. Dari data tersebut, kemudian bisa Anda pilah untuk dijadikan target membuat link building yang lebih optimal. Sayangnya, tools ini menerapkan sistem berlangganan sehingga Anda harus mengeluarkan investasi uang yang angkanya cukup lumayan.

Kumpulan Website Sumber Backlink Gratis

Kumpulan sumber backlink gratis berkualitas
Kumpulan sumber backlink gratis berkualitas

Agar semakin melengkapi pengetahuan Anda tentang apa itu backlink, dibawah ini sudah kami rangkum sejumlah website yang bisa dijadikan sebagai sumber mencari backlink berkualitas untuk website Anda.

Perlu diketahui, proses mencari backlink melalui beberapa situs ini cukup memakan waktu dan melelahkan, jadi jangan lupa siapkan kopi serta camilan agar tetap fokus dan mendapatkan hasil maksimal.

  • About Me

Domain Authority (DA): 93

Tipe backlink: Profile

Cara mendapatkan backlink: Membuat akun kemudian menambahkan URL website target di halaman about atau profil tautan website.

  • Medium.com

Domain Authority (DA): 95

Tipe backlink: Contextual

Cara mendapatkan backlink: Medium tak ubahnya seperti blogspot atau wordpress.com yang menawarkan platform blogging dengan kebebasan menulis yang tidak dibatasi. Jadi, Anda bisa memanfaatkn layanan ini sebagai sarana latihan menulis sekaligus menyisipkan backlink contextual yang mengarah ke website Anda.

  • YouTube.com

Domain Authority (DA): 99

Tipe backlink: Profile / contextual

Cara mendapatkan backlink: Sebagai salah satu produk hasil besutan Google, YouTube tentu bisa menjadi salah satu website powerfull untuk mencari backlink berkualitas. Ada dua cara mendapatkan backlink dari YouTube, pertama Anda bisa memasang URL homepage website di halaman profil about me, lalu yang kedua YouTube backlink berupa URL homepage maupun artikel yang bisa disematkan di dalam kolom deskripsi.

  • Scribd

Domain Authority (DA): 94

Tipe backlink: Contextual

Cara mendapatkan backlink: Apakah Anda punya file-file tugas kuliah yang menumpuk di harddisk komputer? Jangan sia-siakan kerja keras Anda tersebut, edit dan tambahkan hyperlink di bagian dokumen yang menurut Anda relevan, kemudian unggah ke website dokumen sharing Scribd untuk mendapatkan potensi backlink dari situs DA besar.

  • Kaskus.co.id

Domain Authority (DA): 80

Tipe backlink: Contextul

Cara mendapatkan backlink: Untuk bisa mendapatkan backlink berkualitas dari Kaskus Anda harus bisa membuat sebuah thread menarik yang tidak repost dan bermanfaat bagi banyak orang. Di bawah thread Anda bisa memberikan tautan referensi atau sumberyang benar-benar sesuai dengan tpik bahasan terkait.

Itulah pembahasan terkait apa itu backlink lengkap dengan tutorial cara mendapatkan backlink gratis yang bisa dijadikan sebagai alternatif pilihan. Kita semua tentu sepakat jika salah satu langkah optimasi website adalah dengan cara menambahkan kualitas maupun kuantitas backlink senatural mungkin dan jangan lupa untuk selalu cek backlink.

Namun, hal tersebut rasanya bakal sia-sia saja jika website Anda belum ditopang dengan performa layanan hosting optimal, sehingga berpotensi menyebabkan website sering down atau mengalami server error.

Maka dari itu, sebelum memulai tahapan pemberian backlink sebaiknya Anda terlebih dahulu harus mempertimbangkan untuk menggunakan provider web hosting Indonesia terbaik dengan berbagai teknologi canggih untuk menjaga kinerja website Anda.

Sekian artikel pada kesempatan kali ini, jangan lupa untuk klik bagikan atau meninggalkan jejak di kolom komentar jika ada pertanyaan lebih lanjut seputar backlink dan tips-tips cara mencarinya.

Semga bermanfaat.

259 Replies to “Apa Itu Backlink? Bagaimana Tips Cara Mencari Backlink Gratis Berkualitas?

  1. Terimakasih saya di kasih mampir di web Agan….kalau boleh usul coba di tambahkan Vidionya supaya lebih Faham…tx

  2. Terimakasih gan artikel menambahkan ilmu pengetahuanku dan saya mau bertanya benarkah backlink bisa naik kan artikel page one google?

      1. Untuk itu perlu memprioritaskan backlink ke tempat yang memang layak dan bukan spam agar website tidak kena resiko atau dampaknya, tidak perlu banyak backlink tapi yang terpenting kualitas kayaknya ya gan bukan kuantitas ?

    1. DA PA hanya ukuran metrik dari Tool SEO kak, semua kembali kepada kualitas konten artikel yang dibuat dan persaingan di mesin pencari.
      CMIIW 🙂

    1. kalau ga pake tool susah kak nyari backlink gratisan,
      solusinya beli aja tinggal bayar beres haha.
      terima kasih sudah berkunjung kak 🙂

    1. Kalau maunya gitu rada susah kak, coba hubungi pemilik blog siapa tau mau diajak untuk tukeran backlink.
      Thanks sudah berkunjung.

  3. kalo aku pribadi sih lebih suka pakai Myblog U , dengan buat akun disana dan lumayan aktif post disana , backlink yang di dapatkan juga lumayan sih min , sebelumnya thanks min uda memberikan informasi tentang situ-situs yang memberikan backlink yg lumayan besar. berguna banget buat saya yang baru mencoba 😀 pertahankan min

  4. Harus ada upaya lebih dari kita. Tidak semudah yg kita bayangkan utk dapat backlink berkualitas. Kerja keras yang paling banyak menyita waktu adalah MIX informasi yang kita dapatkan sehingga kita selalu bingung dan selalu berjalan di ditempat.

    1. Bisa dijelaskan lebih detail memasang backlink yang bagaimana ya?
      Untuk spam score jika masih dibawah 30% masih terbilang wajar, jika sudah lebih dari itu perlu segera perbaikan.
      Thanks

  5. Selama ini saya masih dipusingkan dg masalah backlink, sy udah nanem byk backlink trus sy cek di ahrefs kok gak muncul ya min?

    1. Backlink itu ga bisa langsung di detect, perlu index dulu.
      Dan index backlink biasanya lebih lama daripada artikel.
      Cek aja sebulan kemudian.
      Thanks sudah berkunjung kak

    1. Itu di postingan sudah diberikan beberapa contoh kak, selain itu silahkan cari sendiri website yang sejenis.
      Thanks sudah berkunjung kak
      Jangan lupa untuk urusan domain hosting percayakan pada Qwords.com

    1. Masangnya kapan mas?
      Backlink itu indexnya lebih lama daripada artikel, minimal sebulan baru tahu efeknya mas.
      Thanks sudah berkunjung mas
      Jangan lupa untuk urusan domain hosting percayakan pada Qwords.com

  6. Saya masih berusaha dan pantang menyerah untuk pasang backlink walaupun kayanya gak banyak ngaruh, saya sempat berfikir penilaian google sekarang sudah erubah, apakah benar mas?

    1. Apakah sudah benar memasang backlinknya?
      Apakah sudah memasang pada website yang berkualitas?
      Itu yang paling penting kak

    1. Thanks sudah berkunjung kak
      Jangan lupa untuk urusan domain hosting percayakan pada Qwords.com
      Terima kasih

  7. Baru belajar backlink. dan baru tau ternyata youtube dan kawan2 diatas bisa jdi tempat building backlink :D. thank artikelnya mas. sngt bermanfaat.

  8. Ternyata selain SEO Off Page, faktor backink masih memegang peranan yang urgent juga ya..?

    Jadi tambah ngarti nih min.. Thanks yah

  9. ok gan, bagus, bisa diaplikasikan.
    Mungkin bisa ditulis juga bagaimana cara membangun jaringan blog untuk backlink.

    Terima kasih

  10. saya suka penjelasan nya, mantap.. terimakasih ilmunya gan.. tapi kenapa saya beli jasa backlink bukannya web naik malah down ya gan?

    1. Perlu dicek reputasi penyedia jasa backlinknya itu.
      Kalau ada minta reportnya backlink dari website mana saja biar bisa dicek apakah berkualitas atau tidak BL yang masuk.
      Terima kasih

  11. isi dari tulisan ini sangat membantu para pemula seperti saya yang baru memulai tentang dunia blog, isi artikel ini ringkas namun sangat mudah dimengerti. terima kasih gan sudah membuat konten ini.

  12. Apakah untuk algoritma google sekarang backling masih ampuh ?
    saya sudah melakukan backlink namun trafic tetap sedikit.

    1. Backlink efeknya ga bisa langsung kak,
      Paling cepat nunggu sebulanan baru bisa kerasa dan itupun kalau backlinknya berkualitas.
      Terima kasih sudah berkunjung kak
      Jangan lupa untuk urusan domain hosting percayakan pada Qwords.com

  13. Mau tanya dong. Sekuat apa backlink dapat merubah posisi ranking website? Backlink > Konten atau sebaliknya? Terima kasih.

  14. Backlink berbayar untuk blog baru apakah disarankan? Haruskah membangun link gratis dengan blogwalking, sampai blog berumur dulu baru boleh pakai jasa backlink?

  15. Mau tanya kak, apakah blog umur 1 bulan udah boleh pasang backlink? apa ada dampak nya jika pasang terlalu awal? terimakasih

    1. Boleh saja kak tidak ada larangan, asal pasang backlinknya benar dan bukan spam saja.
      Terima kasih sudah berkunjung di Qwords kak.

  16. Kak mau nanya nih
    kalo misalnya kita ngebacklink dari website A ke situs sendiri
    Bagusnya cukup sekali backlink aja atau boleh diulang ulang terus ya..
    Mohon pencerahannya

  17. Terima kasih mas, materinya sangat membantu. Kira kira backlink yang paling powerfull seperti apa mas ?

    1. Kalau mau cari backlink itu kita harus bisa kontrol kak,
      Jadi kalau ada apa2 kita bisa langsung bisa benerin.
      Untuk PBN bagus tidaknya tergantung domain yang dipakai.
      CMIWW

      1. Sudah terpapar dengan baik dan saya mau tanya. Apa boleh blog baru umur sebulan langsung tanam backlink? Terimakasih

  18. Backlink memang bagian dari SEO, tapi ada baiknya memahami lebi jauh bagaimana cara mendapatkan backlink yang baik dan benar sesuai ketentuan search engine, masalahnya , beberapa kesalahan yang sering di lakukan pemula seperti yang dulu-dulu pernah saya lakukan, niatnya pengen cari sebanyak-banyaknya backlink , tapi yang ada malah memperburuk seo , pasalnya , tempat untuk menaruh backlink yang salah.

    1. Benar sekali kak
      Kunci utamanya adalah quality bukan quantity untuk urusan backlink.
      Terima kasih sudah berkunjung, jangan lupa untuk urusan domain hosting percayakan pada Qwords.com

  19. Mencari backlink yang berkualitas memang susah susah gampang , ada baiknya untuk mendapatkan backlink yang baik dengan aktif di berbagai forum sosial media dan forum-forum diskusi online……

    1. Boleh juga kak seperti itu, asal tidak spam aja naruh linknya.
      Terima kasih sudah berkunjung, jangan lupa untuk urusan domain hosting percayakan pada Qwords

  20. Dalam situasi situasi tertentu backlink sangat berguna untuk optimasi , tapi di lain sisi backlink juga dapat memperburuk traffic pada website, ibarat pedang bermata dua , jika salah penempatan ,maka akan berakibat buruk…

    1. Setuju kak,
      Bukan banyaknya backlink tetapi harus berkualitas.
      Dalam pengunaan backlink usahakan kita harus punya akses langsung, jadi kalau ada kendala langsung bisa copot saat itu juga.
      Terima kasih sudah berkunjung, jangan lupa untuk urusan domain hosting percayakan pada Qwords

    1. Tidak ada batasan, tetapi untuk baiknya lakukan backlink secara naturan setiap hari jangan langsung banyak.
      Thanks sudah berkunjung di blog Qwords.

  21. apakah backlind sama dengan mempromosikan link website kita ke orang dengan tujuan pengujung website kita meningkat. ? jika iya. apakah menshare setiap artikel kita ke media sosial dan forum melanggar ketentuan google ads.? terimakasih.

    1. Penjelasan backlink seperti itu kak benar sekali.
      Untuk share konten tidak ada larangan dari Google, jika konten sudah bagus maka secara organik akan banyak orang yang shrare secara sukarela.
      Thanks sudah berkunjung di blog Qwords.

  22. Halo mas. mau tanya bagaimana cara menentukan atau menilai bahwa backlink yang sudah kita tanam tersebut adalah backlink yang berkualitas bagus untuk website atau blog kita? apakah ada kriteria tertentu? Soalnya selama ini kita hanya bisa menilai backlink berdasarkan kuantitasnya. Trims

    1. Bisa dicek apakah ada efek yang dirasa seperti trafik website meningkat atau keyword naik peringkatnya,
      Jika tidak ada efek apa2 berarti backlinknya kurang powerful.
      Terima kasih sudah berkunjung di Qwords.com

  23. Saya rasa medium sekaranh gk bisa buat post sembarangan. Harus bayar minimal $5 wkwk. Tapi, bener sih sebelum backlink harusnya persiapkan konten dulu ya

    1. Ini karena kebanyakan memanfaatkan buat backlink aja tanpa memperdulikan kualitas haha
      Thanks sudah berkunjung di blog Qwords.

      1. Untuk berlangganan menjadi member harus membayar 5$/month atau 50$/year.
        Terima kasih sudah berkunjung di Blog Qwords kak

  24. Ternyata membuat backlink itu tidak mudah ya. Harus benar-benar sabar dan butuh ketekunan.

    Terima kasih Qwords. Artikelnya bermanfaat.

  25. keren, gak cuma berjasa sediakan domain + hosting, qwords juga kasih tips bermanfaat kayak gini hehe

  26. dapat menambah ilmu tentang bagaimana cara mendapatkan backlink berkualitas,
    terimakasih, sukses terus min..

    1. Saran kami arahkan pada homepage terlebih dahulu agar lebih kuat.
      Terima kasih sudah berkunjung di Blog Qwords.

  27. kak maaf mau tnya.
    sya udah bkin konten di wiki.
    pas sya cek BL di ahref dot com, knpa wiki smp skrg blm k htg BL ya?

    1. BL gabisa langsung ke index sama mesin pencari kak,
      coba tunggu sebulanan ntar cek lagi.
      Terima kasih sudah berkunjung di Blog Qwords.

  28. Wah terima kasih Kang Mimin atas informasi lengkapnya mengenai backlink. Sangat membantu saya buat belajar. Semoga berkah artikel ini kang…

    1. Tidak ada patokan waktu tiap website satu dengan lainnya berbeda kak,
      Sering2 cek aja di Ahrefs untuk indexingb backlinknya.
      Terima kasih sudah berkunjung di Blog Qwords.

  29. Apakah blog blog tinggi PA/ DA tapi sudah mati atau lama gak posting masih berguna ya Gan untuk backlink?

    Soalnya sekarang banyak blog-blog zombie bermunculan lagi, hehe…

    1. Selama backlink masih terindex bisa dimanfaatkan kak, kalau bagus sikat aja.
      Terima kasih sudah berkunjung di blog Qwords.

  30. Sebagaimana dijelaskan di atas, medium dan kaskus direkomendasikan untuk mendapat backlink, bagaimana dengan blog yang satu platform? Misalnya blogspot dibacklink dari blogspot lain? Apakah baik untuk kualitas backlink?

    1. Bisa juga kak membuat backlink dari platform yang sama, asal tidak spam saja.
      Terima kasih sudah berkunjung di Blog Qwords.

  31. Tidak apa-apa walaupun satu platform, tetap bisa memberikan backlink asalkan salah satunya punya DA yang tinggi. Dan terimakasih untuk artikelnya…

  32. Mas, bagaimana dengan nilai DA PA, ada banyak yang bilang itu penting, tp banyak juga yang bilang ga penting, jadi bingung, mohon penjelasannya mas

    1. DA PA cuma jadi patoak dasar aja kak, untuk tahu bagus tidaknya bisa dilihat tentu backlinknya darimana saja.
      Terima kasih sudah berkunjung di Blog Qwords.

  33. BTW, saya punya pertanyaan nih.

    Pilih mana?

    1. Fresh domain
    2. Expired domain
    3. Subdomain dari blog utama?

    Terima kaish

  34. Min mau tanya, kalau tukar link dengan website milik teman kebetulan Niche nya sama. Nah itu linknya di tempat kan dimana ya baiknya? Apakah di sidebar atau di footer atau harus buat pos?

    Terima kasih sebelumnya 🙏

    1. Paling bagus link berada di post artikel atau bisa disebut kontekstual link.
      Untuk lokasi footer dan sidebar efeknya ga sebagus link pada post.
      Terima kasih sudah berkunjung di Blog Qwords.

  35. Mas saya baru ganti domain lama ke domain baru dengan alasan untuk branding. Dan domain lama sudah saya bangun cukup lama, dan backlink-backlink yang mengarah ke domain lama biar mengarah ke domain baru itu gimana? dan saya tidak punya data backlinknya. Mohon solusinya

  36. Dari kaskus cukup menarik, saya sering menulis post di kaskus untuk menggiring ke web saya hehe

  37. coba bikin artikel tentang cara tanam backlink yang baik dan benar
    serta cara menanam backlink di wikipedia kk
    di tunggu update terbaru nya 🙂

    1. Noted kak nanti diusahakan ditambahkan artikel barunya tentang cara tanam backlink.
      Terima kasih sudah berkunjung di blog Qwords.

    1. Halo

      Sebenarnya ada banyak faktor untuk bisa masuk ke halaman satu Google. Tidak hanya butuh banyak backlink, tapi juga butuh artikel berkualitas, loading website yang cepat, dan lain sebagainya.

      Untuk loading website agar lebih cepat salah satunya Anda bisa mencoba paket HPCH dari Qwords, sementara terkait masalah backlink sendiri bukan seberapa banyak, tapi seberapa tinggi kualitas backlink yang didapatkan.

      Ibaratnya, lebih baik mendapat 1 backlink dari web terpercaya daripada 10 backlink dari web abal-abal.

      Semoga bisa menjawab.

      Salam

    2. Tidak ada jaminan kak,
      Backlink hanya salah satu ranking factor dari raturan list ranking factor yang berpengaruh untuk SEO.
      Terima kasih sudah berkunjung di blog Qwords.

  38. Backlink juga mempengruhi kualitas blog dalam mencapai halam pertama google disetiap blog. Tetapi jangan terlalu mengandalkan backlink, yang lebih utama adalah article.
    Terimakasih Mas telah berbagi informasi.

    1. Benar sekali kak setuju dengan pendapatnya.
      Jangan lupa untuk urusan domain hosting percayakan pada Qwords saja.
      Terima kasih

  39. Memang di akui untuk mengharapkan backlink dari web lain agak susah di era ini jika kita tidak konsisten dan secara berkala melakukan update konten, sebab kontenlah yang akan menjadi review dari kemajuan web qta jangan di abaikan sosial media sebab area ini menjadi salah satu penghasil backlink terbaik juga walaupun tidak semua pengunjung menyukai kenten didalamnya.
    tulisan mencerahkan thanks gan

    Salam sukses

    1. Benar sekali kak,
      Semua kembali kepada konten yang paling utama.
      Jangan lupa jika butuh domain hosting bisa pesan di Qwords saja 🙂

  40. Jadi intinya konten yang berkualitas ya Mas salah satu faktor paling signifikan untuk dijadikan backlink, disamping beberapa faktor lainnya. Terima kasih artikelnya, alhamdulillah saya juga baca dari awal hingga akhir banyak sekali tehnik dan ilmu yang didapat. Sangat bermanfaat, Jazakalloh khoiron katsiiro

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *