Menyambut Era Artificial Intelligence Dalam Bidang Pendidikan

3 min read

Menyambut Era Artificial Intelligence Dalam Bidang Pendidikan

Teknologi berkembang sedemikian rupa menjadi semakin maju dan memudahkan kita dalam melakukan beberapa pekerjaan. Salah satu teknologi yang sering diobrolkan di masyarakat luas adalah mengenai teknologi artificial intelligence atau yang bisa diartikan juga dengan kecerdasan buatan. Sayangnya, meski sudah sering mendengar istilah ini, kita biasanya tidak paham dengan apa itu artificial intelligence.

Barangkali saat mendengar istilah asing tersebut, Anda akan terbayang pada berbagai siaran televisi dan berita mengenai aneka robot canggih yang bersikap layaknya manusia. Bisa juga membayangkan tentang ragam fitur canggih pada smartphone yang kini bahkan bisa mengenali objek dengan sangat akurat dan begitu cepat.

 

Apa Itu Artificial Intelligence?

Menyambut Era Artificial Intelligence Dalam Bidang Pendidikan
Apa Itu Artificial Intelligence?

Terdapat beberapa pengertian mengenai apa itu artificial intelligence dan contohnya menurut pandangan dari para ahli. Berikut penjelasan selengkapnya mengenai hal tersebut:

H. A. Simon

Menurut H. A. Simon kecerdasan buatan adalah sebuah tempat penelitian, atau aplikasi dan instruksi yang saling berkaitan dengan pemrograman yang ada pada komputer. Ia dapat melakukan sejumlah hal yang bisa dibilang cerdas dalam pandangan manusia.

Rich and Knight

Sementara itu menurut Rich and Knight, artificial intelligence atau AI ini adalah sebuah studi yang mana berisikan tentang bagaimana cara membuat komputer melakukan sejumlah hal yang kini bisa dilakukan manusia dengan lebih baik.

John McCarthy

Menurut John McCarthy mengenai apa itu artificial intelligence atau kecerdasan buatan yang dimaksud di sini merupakan proses memodelkan cara berpikir manusia dan mendesain suatu mesin agar dapat berperilaku layaknya manusia.

Haugeland

Sedangkan menurut Haugeland sendiri menyatakan bahwa artificial intelligence adalah sebuah usaha untuk membuat komputer dapat berpikir atau disebut juga machine with minds.

Winston dan Prendergast

Kemudian ada pula pengertian menurut Winston dan Prendergast yang mana AI atau kecerdasan buatan ialah mesin yang justru lebih pintar, lebih bermanfaat dan dapat memahami dengan baik apa itu kecerdasan dibandingkan manusia.

Baca juga: Meraup Keuntungan dari Jualan Produk Digital

Lebih jauh lagi, adanya artificial intelligence ini bertujuan untuk membuat pekerjaan manusia menjadi lebih mudah. Terbukti dengan adanya beberapa robot atau mesin yang diciptakan untuk menggantikan peran manusia dalam mengerjakan sesuatu.

Contoh saja dalam aktivitas membersihkan rumah, saat ini bahkan sudah ada robot pelayan yang ditanami kecerdasan buatan sehingga Anda tak perlu repot lagi.

 

Cara Kerja Artificial Intelligence

AI
AI

Setelah membahas mengenai apa itu artificial intelligence tentunya Anda juga ingin tahu perihal cara kerja dari kecerdasan buatan tersebut yang mana sebenarnya cukup rumit.

AI sendiri bekerja dengan cara menggabungkan adanya sejumlah data, pengolahan yang berulang, serta algoritma cerdas. Hal ini justru memungkinkan perangkat lunak supaya dapat belajar dengan cara otomatis dari pola atau fitur yang ada dalam data.

AI juga bisa dikatakan sebuah bidang studi yang amat sangat luas. Cakupan teori, metode, teknologi dan subbidang yang ada pada AI sangatlah banyak meliputi pembelajaran mesin, jaringan neural, komputasi kognitif, visi komputer kemudian pemrosesan bahasa secara ilmiah.

Baca juga: Data Jumlah Pengguna Internet di Indonesia Saat Ini

Artificial intelligence kini sudah diterapkan dalam berbagai bidang dan salah satunya adalah bidang pendidikan. Dalam bidang yang satu ini, AI berperan dalam hal menyampaikan adanya berbagai informasi dan juga membantu dalam membuat proses belajar menjadi lebih efektif lagi.

Adanya berbagai macam media pembelajaran justru membuat para pembelajar tersebut jadi lebih mudah memahami apa yang telah dijelaskan oleh guru. Bahkan para murid juga memiliki kemudahan belajar meski tanpa harus berhadapan dengan para guru secara langsung.

 

Produk Artificial Intelligence di Dunia Pendidikan

 

artificial intelligence adalah
artificial intelligence adalah

Ada beberapa produk artificial intelligence dalam pendidikan seperti salah satunya adalah educational robot atau robot pendidikan. Adapun contoh beberapa robot dengan kecerdasan AI lainnya yang digunakan pada bidang pendidikan adalah:

1. Microbot

Microbot memiliki 2 jenis robot yaitu Microbot Minimower serta Microbot Teachmower. Minimower sendiri bisa dengan mudah untuk diprogram menggunakan komputer Apple atau bisa juga melalui TSR-80. Sementara itu, Teachmower sendiri dapat digunakan sebagai simulasi robot industri serta memakai teach pendant untuk bisa memrogramnya.

2. Robot Hero-01

Hero-01 adalah robot yang dicipta oleh Heath/Zenith dan bisa bergerak serta dirancang secara khusus demi membantu mempelajari robot industri. Terdapat sejumlah sensor yang ada pada Hero-01. Unit sensor tersebut dapat melakukan beberapa hal seperti mendeteksi gerak, mengukur jarak, membedakan dua buah suku kata, mendeteksi adanya perubahan cahaya dan sebagainya.

3. Rhino Robot XR-2 System

Robot yang telah dibuat oleh Rhino Inc. ini dipakai untuk melakukan simulasi terhadap operasi dari robot-robot industri dan dapat dilakukan pemrograman lewat komputer Apple. Program untuk robot ini sendiri dapat juga disimpan di disk.

Nah, apakah masih bingung tentang apa itu artificial intelligence? Sebenarnya, banyak sekali produk AI yang diterapkan dalam berbagai bidang seperti kesehatan, dalam rumah tangga dan sebagainya agar dapat membantu memudahkan kita menyelesaikan pekerjaan.

Namun, tetap saja dengan adanya AI, sebaiknya kita bisa memanfaatkannya dengan baik dan tidak menjadikannya alasan untuk menjadi malas. Semoga dengan adanya info di atas dapat memperluas wawasan Anda tentang teknologi AI yang saat ini sedang berkembang.

 

Kirim Email Marketing Lebih Mudah dengan MailToGo

 

Tidak hanya bakal mempermudah pekerjaan, Artificial Intelligent juga sangat berperan dalam dunia bisnis yang memerlukan presisi serta efisiensi dalam segala bidang.

Dari segi promosi dan pemasaran misalnya, meskipun belum sepenuhnya menerapkan AI, saat ini Anda bisa menggunakan layanan email marketing MailToGo untuk mengrim ribuan promo penawaran yang menjangkau banyak orang secara otomatis.

Selain itu, keberadaan fitur statistik serta template email profesional yang melimpah sedikit banyak juga mampu menambah efektifitasm MailToGo untuk menjalankan setiap campaign yang Anda jalankan. Sangat menarik bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *