Menjalankan bisnis  merupakan salah satu pekerjaan  yang banyak diminati oleh masyarakat. Selain memiliki sistem yang cenderung “tidak mengikat”, bisnis yang sukses dianggap memberikan keuntungan yang melimpah.

Akan tetapi untuk membuat bisnis menjadi sukses, bukan hanya diperlukan  modal  dan skil, ada alat sederhana yang bisa membantu pelaku usaha untuk membangun, menjalankan, dan mengembangkan bisnis menjadi sangat baik. Ia adalah analisis swot.

Apa itu Analisis SWOT?

Analisis SWOT Pengertian, Metode, Hingga Contohnya
Analisis SWOT Pengertian, Metode, Hingga Contohnya

SWOT merupakan kependekean dari Strenghts yaitu kekuatan, Weakness yakni kelemahan, Opportunities atau peluang, dan Threats yakni ancaman. Analisis ini pertama kali dikenalkan pada 1960-an oleh Albert Humprey  ketika memimpin  sebuah project besar.

Sesuai namanya, analisis ini akan mengatur 4 hal tadi, kekuatan, kelemahan, peluang, beserta ancaman dari bisnis yang Anda jalankan. Metode analisis ini dianggap sebagai alat sederhana namun cukup kuat untuk menemukan ragam permasalahan dari 4 sudut yang berbeda, yakni

  1. Bagaimana kekuatan bisa mengambil keuntungan dari peluang yang ada
  2. Bagaimana mengatasi kelemahan yang dapat memicu kerugian
  3. Bagaimana kekuatan bisa mengalahkan ancaman
  4. Bagaimana mengatasi kelemahan yang dapat menciptakan ancaman dan membuatnya menjadi nyata.

Keempat faktor SWOT tersebut saling berhubungan. Karena itu, dengan adanya analisis omo maka perusahaan akan lebih mudah untuk mewujudkan visi dan misi yang sudah dibangun.

 

Metode Analisis

 

Banyak metode analisis yang sudah dibagian oleh beberapa orang, biasanya berupa Analisis swot pdf. Tapi tidak perlu khawatir, kami juga akan membagi cara membuat analisis swot dengan benar.

1.Membentuk Tim

Tim merupakan salah satu komponen yang cukup penting. Dengan adanya tim, Anda bisa menghemat waktu dan bisa mengumpulkan gagasan dari berbagai sisi. Kumpulkan tim dari perwakilan berbagai divisi di perusahaan. Perspektif  berbeda yang muncul dari banyak kepala akan membuat Anda dan tim berpikir bersama untuk menghasilkan analisis yang berhasil.

Guna meningkatkan efektifitas dan komunikasi antara sesama anggota tim, Anda bisa memanfaatkan layanan Email Colaboration yang juga bisa dipadukan menggunakan jaringan Diego VPN agar koneksi semakin aman.

2.Melakukan Analisa

Analisis ini cukup mudah diterapkan. Hanya perlu mengadakan pertemuan kemudian mendengarkan pendapat dari semua anggota mengenai pandangan akan sebuah hal. Setiap orang yang berpendapat pastikan untuk dicatat. Di akhir pertemuan nanti, notulensi dari sepanjang pertemuan sebaiknya dibacakan dan dikonfirm ke semua anggota yang sudah hadir.

Baca juga: Mengenal Alexa Rank, Layanan Analisa Website Besutan Amazon

3.Mengorganisasikan ide

Ide yang sudah dicatatat tadi lalu diorganisir, dikelompokkan berdasarkan ide yang serupa.

4.Menentukan Ide

Setelah itu, saatnya menentukan ide yang akan dipakai. Alangkah baiknya untuk melakukan sistem demokrasi atau pemungutan suara. Tapi tetap, masing-masing ide harus dipilih berdasarkan analisis kekuatan, kelemhan, peluang, dan ancaman.

 

Contoh Pertanyaan yang Digunakan dalam Analisis

analisis swot
analisis swot

Berikut terdapat pertanyaan yang bisa memicu kreatifitas anggota dalam menjalanan analisis swot. Langkah ini selain mengalisis perusahaan, juga bisa digunakan untuk analisis swot diri sendiri, khususnya tim analisa Anda.

Strengths:

1.Aset apa yang sudah dimiliki? Misalnya pengetahuan, relasi, skill, reputasi, atau pendidikan?

2.Hard aset  apa yang sudah Anda punya? Misalnya peralatan, teknologi, pelanggan, atau hak paten?

 

Weakness:

  1. Proses bisnis di bagian mana yang memerlukan perbaikan?
  2. Adakah aset fisik yang dibutuhkan dalam bisnis?
  3. Apa saja kelemahan dari tim?

 

Opportunities:

1.Adakah tren yang akan membuat orang menggunakan atau mencari lebih banyak daripada yang Anda jual?

2.Apakah ada event yang bisa digunakan untuk melebarkan bisnis?

 

Threats:

1.Adakah kompetitor potensial dari pasar Anda?

2.Apakah ada kemungkinan perilaku konsumen berubah sehingga bisa berdampak negati pada bisnis?

 

Contoh Analisis Swot

 

Untuk membuat Anda lebih mengerti dan memudahkan dalam menjalankan SWOT, berikut akan disajikan contoh analisis swot perusahaan.

Perusahaan dari sektor makanan khas Indonesia yang ada di Yogyakarta (pusat kota). Beragam makanan khas khususnya dari Yogyakarta dijual di sana, beserta oleh-oleh khas Yogyakarta dan beberapa souvenir.  Nah, perusahaan ini hendak membuka cabang di kecamatan untuk melebarkan sayap dan meningkatkan laba. Bagaimana analisisnya? Berikut contoh nya

Baca juga: 5 Tips Sukses Bisnis Franchise Untuk Pemula

Strengths:

  1. Unik, ada makanan, oleh-oleh, dan souvenir tradisional khas. Makanannya juga sehat dan cocok untuk dijadikan oleh-oleh bagi para wistawan baik lokal maupun asing.
  2. Pengelolaan manajemen sudah sangat baik.
  3. Letak kecamatan strategis, berbatasan dengan banyak tempat wisata. Dengan demikian, bisa memungkinkan untuk lebih banyak dikunjungi oleh para wisatawan.

 

Weakness:

  1. Kurangnya modal, tidak mendapat persetujaun pinjaman.
  2. Bisnis belum stabil.
  3. Alat penunjang yang digunakan dalam bisnis masih kurang memadai (menggunakan proses manual) sehingga terkesan lambat.

 

Opportunities:

  1. Petumbuhan ekonomi daerah semakin meningkat dari tahun ke tahun.
  2. Target pertumbuhan market mulai dari wisatawan, warga lokal, dan para pelajar terus

 

Threats:

  1. Ada beberapa bisnis serupa yang sudah punya pelanggan tetap.
  2. Pelanggan hanya datang di saat grand opening.
  3. Manajemen dan pembuatan berbagai macam laporan keuangan belum menggunakan software yang canggih.

 

Jadi, analisis swot bisa dibilang merupakan bentuk alat dan strategi nyata yang dapat membantu Anda untuk memulai, merencanakan, hingga mengembangkan bisnis. Tunggu apa lagi, Yuk segera terapkan analisis SWOT untuk menilai kelayakan bisnis.

Terlepas dari itu, jangan lupa untuk menggunakan layanan Email Colaboration (ECCS, Gsuite, Microsoft365) dari Qwords.com untuk kemudahan mengatur tim dalam kondisi work from home seperti saat ini, selain bisa menggunakan domain sendiri @namaperusahaan.com, layanan ini juga bisa dipadukan dengan fitur extra keamanan dari Diego VPN lho! Sangat menarik bukan?

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *