Cara Analisis Peluang Usaha Untuk Pebisnis Pemula

2 min read

Cara Analisis Peluang Usaha

Sebelum mulai menjalankan bisnis, ada baiknya jika Anda terlebih dahulu melakukan analisis peluang usaha. Ada berbagai manfaat yang bisa didapatkan dari hasil analisis peluang usaha. Mulai dari memunculkan ide baru, melakukan efisiensi produksi, hingga meningkatkan rasa percaya diri dalam mengambil keputusan bisnis.

Bisa dibilang analisis usaha merupakan salah satu elemen kunci selain modal, skill dan kemauan tinggi. Jadi, apakah Anda tertarik untuk mempelajarinya? Jika tertarik, berikut merupakan pembahasan terkait cara analisis peluang usaha yang bisa dijadikan sebagai pedoman bagi para pebisnis pemula.

Apa Itu Analisis Peluang Usaha?

"<yoastmark

Secara umum, analisis peluang usaha adalah sebuah kegiatan yang dilakukan untuk melakukan riset, perencanaan, prediksi, hingga proses evaluasi suatu usaha, baik yang sudah dijalankan maupun baru akan berjalan.

Analisis peluang usaha sangat penting dilakukan jika Anda ingin lebih optimal dalam mendapatkan potensi keuntungan. Sementara itu, sebuah analisa yang baik biasanya akan memperlihatkan data bisnis dari semua aspek yang bisa dipertanggungjawabkan, mulai dari faktor internal hingga eksternal.

Baca juga: Analisis SWOT: Pengertian, Metode, Hingga Contohnya

Untuk melakukan analisis peluang usaha, diperlukan beberapa langkah yang harus dijalankan. Beberapa di antaranya akan kita bahas bersama-sama di dalam artikel ini. Jadi, usahakan untuk membaca pembahasan sampai akhir ya!

Tujuan Analisis Peluang Usaha

peluang usaha online
peluang usaha online

Ibarat permainan sepak bola, analisis peluang usaha dilakukan dengan tujuan untuk memetakan kekuatan diri sendiri dan juga lawan. Dengan berbekal analisis yang tepat, diharapkan Anda akan lebih siap dan lebih matang ketika terjun langsung ke dalam situasi persaingan.

Berikut merupakan tujuan analisis peluang usaha yang biasa dijadikan sebagai bahan pertimbangan:

1.Mengetahui Potensi Laba dan Rugi

2.Menyusun Teknik Pemasaran yang Tepat

3.Menilik Kondisi Persaingan

4.Mengetahui Produk atau Jasa yang Banyak Dibutuhkan

5.Meminimalisir Kerugian

6.Validasi Bisnis Layak Dijalankan

 

Metode Analisis Peluang Usaha

metode analisa
metode analisa

1.Metode SWOT Untuk Menentukan Peluang

SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threats) merupakan metode analisa yang bisa digunakan untuk berbagai kepentingan bisnis maupun usaha. Analisis SWOT biasa dijalankan untuk mengetahui faktor internal yang terdiri dari Strength dan Weakness, serta faktor eksternal yang terdiri dari Opportunity dan Threats.

Bagi seorang pebisnis, sangat penting untuk melakukan analisis SWOT agar bisa mengukur kekuatan, kelemahan, peluang, hingga ancaman dari luar yang bisa muncul ketika menjalankan bisnis.

Salah satu manfaat utama dari analisa SWOT yakni bisa meningkatkan percaya diri serta tidak gegabah dalam mengambil keputusan bisnis. Alhasil, setiap keputusan bisa lebih terukur dan optimal.

2.Metode Analisis 5W + 1 H

Seperti halnya menyusun artikel berita, kita juga bisa menggunakan teknik 5W + 1H untuk membantu menganalisis peluang usaha. Bagi Anda yang belum paham terkait teknik ini, 5W + 1H adalah daftar pertanyaan yang terdiri dari what, where, when, why, serta who, sementara untuk 1H adalah singkatan dari kata How atau bagaimana.

Sebelum memulai usaha, sahabat Qwords bisa membuat berbagai list pertanyaan dengan konten 5W + 1H, kemudian menjawab pertanyaan tersebut satu persatu sesuai dengan kondisi bisnis saat ini. Metode di atas diharapkan bisa menunjukkan seberapa besar pemahaman sekaligus potensi bisnis Anda di masa depan.

3.Studi Kelayakan Usaha

Ada banyak manfaat yang bisa diambil dari studi kelayakan bisnis, tiga di antaranya yaitu untuk pedoman merintis bisnis baru, untuk mengembangkan usaha yang sudah ada, serta mempermudah filter jenis usaha yang paling menguntungkan.

Terlepas dari itu, secara umum, pengertian studi kelayakan usaha adalah suatu proses penelitian yang dilakukan dalam rangka mencapai keuntungan maksimal pada waktu yang tidak ditentukan. Metode analisa peluang usaha ini begitu populer di kalangan wirausahawan karena mampu mengantar mereka untuk lebih dekat dengan tujuan.

4.Menyiapkan Business Plan

Banyak orang yang ingin jadi pengusaha akhirnya gagal karena tidak memiliki perencanaan bisnis yang matang. Maka dari itu, salah satu syarat wajib jika ingin meminta pendanaan atau investasi adalah dengan terlebih dahulu menyiapkan business plan.

Baca juga: Cara Membuat Business Plan Dengan Mudah

Analisis peluang usaha sendiri bisa dilakukan dengan cara melihat struktur modal dan tantangan yang akan dialami perusahaan kedepannya.

Kesimpulan

Itulah pembahasan terkait cara analisis peluang usaha yang bisa dijadikan panduan bagi para pebisnis pemula. Terlepas dari tujuan awal, hasil analisis peluang bisnis sebenarnya bisa juga dijadikan sebagai strategi untuk memenangkan persaingan. Terlebih lagi di era digital seperti sekarang kompetisi menjadi semakin terbuka lebar, tanpa adanya batas waktu dan teritorial.

Dapatkan kesempatan untuk mengembangkan bisnis secara global dengan memanfaatkan website sebagai ujung tombak pemasaran. Anda bisa mulai dari sekarang dengan memanfaatkan layanan Cloud Hosting Terbaik dan Nama Domain dari Qwords.com sebagai partner kebutuhan website.

Jadi, apakah Anda sudah siap untuk mengembangkan usaha menjadi lebih besar?

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *