Macam-Macam Alat Pembayaran dan Cara Penggunaannya

2 min read

Macam-Macam Alat Pembayaran dan Cara Penggunaannya

Orang sudah pasti paham tentang alat pembayaran, yakni alat yang digunakan untuk melakukan pembayaran transaksi segala hal. Alat tersebut berupa dua macam yakni ada yang tunai dan ada yang non tunai.

Metode alat pembayaran saat ini juga berkembang pesat sekali, pada zaman dahulu pembayaran bisa dilakukan dengan menggunakan sistem barter. Tapi pada masa sekarang pembayaran bisa dilakukan dengan uang, bahkan Anda yang hanya menggunakan elektronik uang.

Orang harus memahami cara menggunakan alat pembayaran, alat untuk pembayaran harus memiliki nilai transaksi yang sama dari barang yang akan Anda beli.

Untuk lebih jelasnya sahabat Qwords bisa membaca tulisan kami berikut ini agar paham tentang alat pembayaran agar transaksi bisa dilakukan lebih cepat dan lancar.

 

Alat Pembayaran Tunai

Macam-Macam Alat Pembayaran dan Cara Penggunaannya
Macam-Macam Alat Pembayaran dan Cara Penggunaannya

Untuk jenis pembayaran yang pertama adalah jenis pembayaran tunai. Pembayaran ini merupakan pembayaran yang sudah lama dan paling awal dilakukan oleh manusia. Seperti fungsi alat pembayaran ini adalah untuk melakukan transaksi proses jual beli.

Baca juga: Digital Payment, Solusi Pembayaran Zaman Now

Pembayaran tunai adalah dengan menggunakan uang tunai, mengenai ini uang adalah pembayaran paling awal dan pertama dilakukan oleh manusia. Uang adalah alat yang diciptakan (di Indonesia) oleh Bank Indonesia sebagai alat tukar yang sah.

Uang yang dibuat oleh perusahaan lainnya itu dinamakan dengan uang palsu, inilah yang harus Anda hindari.

Untuk menghindari penggandaan uang palsu, banyak negara yang sudah mengembangkan uang non tunai sebagai alat transaksinya. Dan inilah yang akan menjadikan pemerintah Indonesia mendukung proses tersebut. Karena untuk pengadaan uang sendiri juga membutuhkan biaya yang banyak.

 

Alat Pembayaran Non Tunai

alat pembayaran non tunai
pembayaran non tunai

Pengertian alat pembayaran non tunai adalah pembayaran yang tidak menggunakan uang tunai, tapi menggunakan uang non tunai seperti cek, giro dan  lain sebagainya. Di Indonesia yang berhak menciptakan giro adalah seluruh bank, kecuali bank Indonesia.

Berikut kami sampaikan beberapa jenis alat transaksi non tunai yang bisa Anda gunakan.

 

1.Cek

Jenis yang pertama adalah cek, cek adalah sebuah kertas yang akan menjadi bukti bagi bank agar bisa mencairkan dana dari nasabah yang kepada orang yang namanya tertulis di dalam cek tersebut.

 

2.Giro

Giro ini hampir sama dengan cek tadi, tapi bedanya jika menggunakan Giro bukan untuk mencairkan uang kepada nama yang tertera pada kertas tersebut. Tapi dengan menggunakan Giro maka bank akan memindahkan uang dari nasabah lain kepada nama nasabah yang ada di dalam kertas tersebut.

Dengan menggunakan Giro maka proses pembayaran akan lebih cepat, terlebih jika Anda melakukan transaksi dalam jumlah uang yang cukup besar.

 

3.Utang debit

Untuk pembayaran ini Anda melakukan hutang terlebih dahulu pada salah satu bank, kemudian Anda menggunakannya. Setiap kali Anda menggunakan uang tersebut maka harus Anda tulis pada sebuah kertas.

Kertas tersebut nantinya yang akan diproses oleh bank agar Anda mengembalikannya.

 

4.Kartu kredit

alat pembayaran international
pembayaran international

Mungkin merupakan salah satu alat pembayaran non tunai yang paling terkenal, kenapa?. Karena hampir semua orang sudah menggunakan kartu ini agar pembayaran bisa berjalan dengan lancar.

Prosesnya sebenarnya hampir sama dengan utang debit, hanya saja ini menggunakan kartu yang mirip dengan ATM, jadi lebih gampang dan lebih mudah.

 

5.Uang elektronik

Uang elektronik merupakan salah satu dari jenis jenis alat pembayaran non tunai yang bisa Anda gunakan dalam transaksi pembelian. Caranya adalah Anda harus menyetorkan uang kepada pihak ketiga untuk menjadikan uang tunai menjadi uang elektronik.

Contoh perusahaan yang menggunakan uang elektronik ini adalah OVO, Go-Pay dan lain-lainnya.

 

Alat Pembayaran Internasional

cryptocurrency
cryptocurrency

Sekarang pembelian bisa dilakukan antar negara yang berbeda, sehingga tidak mengherankan jika tetangga Anda melakukan pembelian pada negara yang berbeda. Untuk itu Anda harus paham tentang pembayaran dalam pembelian internasional.

Untuk melakukan pembayaran Internasional maka bisa menggunakan uang dalam bentuk uang tunai atau juga uang non tunai.  Alat yang bisa digunakan adalah Walet pos, inilah media untuk mengirimkan uang dari dalam negeri ke negara lain.

Dengan menggunakan uang Payment ini hampir mirip dengan uang elektronik, salah jasa perusahaan uang Payment yang paling terkenal adalah PayPal yang banyak digunakan orang.

Cryptocurrency adalah alat pembayaran yang sering digunakan akhir-akhir ini, bisa dilakukan dengan online sehingga bisa mudah dibayarkan sekaligus cepat untuk bertransaksi.

Tapi di Indonesia tidak diakui karena tidak sesuai dengan undang-undang yang ada di Indonesia. Maka untuk itu Anda bisa menggunakan sistem transaksi pembayaran yang lainnya selain Cryptocurrency.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Cryptocurrency, Mata Uang Digital Terbaru

Perdagangan sekarang sudah semakin maju Anda bisa berdagang di berbagai negara dengan mudah. Untuk transaksi dalam jumlah besar maka Anda harus mengetahui tentang alat pembayaran yang tepat untuk digunakan, agar proses pembayaran berjalan dengan cepat. Namun, Anda tetap harus berhati-hati karena banyak sekali orang yang terkena penipuan.

Nah, di Qwords.com sendiri Anda bisa melakukan pembelian cloud hosting dan nama domain dengan berbagai alat pembayaran. Mulai dari transfer bank, uang digital, hingga melalui paypal. Jadi, Anda tidak perlu pusing lagi karena bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.