Alasan Tidak Bisa Login WordPress & Cara Mengatasinya

3 min read

Alasan Tidak Bisa Login WordPress & Cara Mengatasinya

Saat ini lebih dari 30% dari pengguna internet menggunakan WordPress sebagai CMS pilihan. Saat tidak bisa login WordPress, tentunya hal ini akan mengganggu workflow sahabat Qwords.

Banyak alasan yang bisa menjadi penyebab Anda tidak bisa login WordPress. Oleh karena itu, cara mengatasinya pun akan berbeda tergantung akan alasan dibalik error tersebut.

Nah pada artikel kali ini, kami akan membahas beberapa alasan Anda tidak bisa login WordPress beserta beberapa cara paling efektif mengatasinya.

Yuk langsung saja kita mulai!

Alasan Tidak Bisa Login WordPress & Solusinya

Alasan Tidak Bisa Login WordPress & Solusinya

Sebelum masuk ke berbagai alasan Anda tidak bisa login WordPress dan cara mengatasinya, jangan lupa untuk melakukan backup website terlebih dahulu.

Backup data adalah salah satu langkah yang wajib dilakukan sebelum Anda melakukan perubahan apapun pada website tersebut. Tujuannya adalah untuk mengamankan file.

Sehingga jika terjadi kesalahan saat melakukan perubahan, Anda bisa dengan mudah melakukan restore website dan tidak akan kehilangan trafik maupun file penting.

Untuk melakukan backup data tanpa membuka WordPress, gunakan fitur File Manager yang ada di akun hosting Anda maupun melalui FTP client seperti FileZilla.

Setelah backup berhasil dilakukan, berikut adalah beberapa alasan Anda tidak bisa login WordPress dan juga solusi yang bisa dicoba:

1. Kata Sandi Telah Berubah

Salah satu alasan paling umum tidak bisa login WordPress adalah ketika kata sandi user admin Anda telah berubah. 

Hal ini bisa terjadi jika ada user yang tidak sengaja melakukan perubahan ataupun karena pihak ketiga berhasil mendapatkan akses website Anda.

Cara mengatasi kata sandi yang telah berubah sebenarnya cukup sederhana. Anda hanya tinggal menekan pilihan “Lost Your Password?” yang ada pada halaman login WordPress.

Jika metode ini berhasil, Anda akan mendapatkan email dari WordPress berisi dengan reset link yang bisa digunakan untuk mengatur ulang password.

Namun jika email administrasi juga telah berubah dan Anda tidak bisa mengaksesnya, Anda  juga bisa mengubah password WordPress melalui phpMyAdmin.

Berikut adalah tutorial singkatnya:

  1. Login ke kontrol panel hosting Anda. Disini kami menggunakan cPanel sebagai contoh.
  2. Temukan menu phpMyAdmin yang ada di bawah panel Databases.phpmyadmin
  3. Setelah masuk ke menu utama phpMyAdmin, buka website WordPress Anda. 
  4. Pilih dan buka menu Structure pada menu bar atas.
  5. Lalu, cari dan buka pilihan wp_users pada halaman tersebut.
  6. Selanjutnya Anda akan melihat daftar dan kredensial login user yang ada pada website.
  7. Klik kanan untuk melakukan Edit dan masukkan password baru ke kolom user_pass.fitur wp_users di phpmyadmin
  8. Simpan perubahan dan selamat! Anda berhasil mengganti password WordPress melalui phpMyAdmin!

2. Kehilangan Hak Admin

Jika kata sandi user berubah karena ada pihak ketiga yang mendapatkan akses ke website Anda, kemungkinan besar Anda juga akan kehilangan hak admin user tersebut.

Jika saat Anda mencoba login ke WordPress dan username tidak lagi ada dan tidak bisa dikenali, dapatkan kembali hak admin Anda melalui phpMyAdmin.

Langkah-langkah yang harus Anda lakukan sebenarnya hampir sama dengan metode mengganti kata sandi melalui phpMyAdmin di atas. 

Perbedaan utamanya adalah di sini Anda tidak mengganti kata sandi, Anda hanya tinggal menambahkan user melalui fitur Insert

Isi kolom yang diberikan sesuai dengan kebutuhan dan simpan perubahan untuk menambahkan user tersebut sebagai admin situs Anda.

3. Kata Sandi Salah

Alasan umum lainnya user tidak bisa login ke WordPress admin area adalah kredensial login seperti kata sandi dan username yang salah. 

Kredensial login untuk masuk ke WordPress admin area memang bersifat case-sensitive jadi sangat mudah untuk memasukkan informasi yang salah.

Cara mengatasinya cukup mudah. Anda hanya perlu lebih berhati-hati saat memasukan kata sandi dan username Anda.

Jika perlu, bahkan Anda bisa memasukkan kata sandi pada text editor di komputer atau ponsel Anda dan melakukan copy-paste.

4. Terlalu Sering Mencoba Login

Jika Anda pernah menginstall plugin yang membatasi upaya login untuk mendapatkan perlindungan dari brute-force attacks, itu bisa menjadi alasan tidak bisa login WordPress.

Cara mengatasi masalah ini sangat mudah. Anda hanya perlu menonaktifkan plugin yang membatasi dan mengunci Anda dari WordPress tersebut.

Namun karena Anda tidak bisa mengakses dashboard WordPress, gunakan FTP client untuk mengakses file website Anda dan menonaktifkan plugin tersebut.

Nah jika sahabat Qwords belum tahu cara menggunakan FTP client, gunakan artikel Penjelasan Lengkap Tentang Pengertian FTP dan Fungsinya berikut ini sebagai panduan.

Baca juga: Cara Menggunakan FileZilla untuk Upload File ke Web Hosting

5. Error Establishing Database Connection

Terkadang, alasan Anda tidak bisa login WordPress bukan berasal dari WordPress itu sendiri. Error establishing database connection ini adalah salah satu di antaranya.

Error ini menyebabkan website WordPress Anda tidak bisa terhubung dengan database dimana semua data tersimpan. Jadi Anda tidak bisa membuka atau menggunakan website Anda.

Ada banyak alasan mengapa error establishing a database connection ini bisa terjadi. Untungnya, kami sudah pernah membahas cara mengatasi error ini di artikel berikut ini.

Baca juga:  Tips Mudah Mengatasi Error Establishing a Database Connection Pada WordPress

Penutup

Tidak bisa login WordPress bisa menjadi masalah yang besar untuk banyak webmaster. Apalagi jika situs WordPress Anda sudah cukup besar dan mempunyai trafik dan value yang baik.

Banyak hal yang bisa menjadi alasan Anda tidak bisa masuk ke dashboard WordPress. Nah pada artikel kali ini kami sudah membahas beberapa masalah yang menyebabkan error ini.

Berikut adalah rekap singkatnya:

  1. Kata sandi berubah — ganti kata sandi user Anda melalui fitur wp_users di phpMyAdmin.
  2. Kehilangan hak admin — tambahkan admin baru ke website melalui fitur Insert di phpMyAdmin.
  3. Kata sandi salah — ketik kata sandi dan username dengan lebih hati-hati, perlu diingat bahwa kredensial login di WordPress bersifat case-sensitive.
  4. Terlalu sering mencoba login — non-aktifkan plugin yang  membatasi upaya login Anda melalui File Manager atau FTP klien.
  5. Koneksi database error — terkadang WordPress tidak bisa diakses karena koneksi database yang error, kami telah memberikan panduan cara mengatasinya di atas.

Bagaimana sahabat Qwords? Cukup mudah bukan cara mengatasi error tidak bisa login ke WordPress admin area ini? Selamat mencoba!

Tentunya, jangan lupa untuk melengkapi website Anda dengan layanan web hosting terbaik agar lebih aman dari hacker atau pihak ketiga yang tidak bertanggung jawab lainnya.

Sebagai rekomendasi, Qwords.com menyediakan hosting WordPress base terbaik mulai dari 50 ribuan saja perbulan.

Selain 99% uptime dan juga 24 jam support, semua layanan hosting dan server Qwords terletak di data center private tier 3 yang memiliki 24/7 full monitoring network loh!

Sangat menarik bukan? Yuk langsung saja bergabung dengan Qwords!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *