Aged Domain Vs Expired Domain, Mana yang Lebih Bagus?

2 min read

Aged Domain vs Dropped Domain, Mana yang Lebih Bagus

Dalam proses pemilihan nama domain ada banyak sekali istilah-istilah yang sering digunakan, di antaranya seperti dropped domain, aged domain dan expired domain. Pasti istilah ini sudah tidak asing lagi bagi sahabat Qwords yang tertarik dengan metode link building via PBN atau Private Blog Network.

Secara umum, penggunaan aged domain merupakan sebuah strategi lama yang saat ini berkecamuk lagi dengan segala perubahan metriks sesuai dengan aturan main Google Search Engine. Banyak sekali praktisi SEO yang menggunakan cara ini untuk menaklukkan beberapa keyword besar dan kompetitif. Hasilnya? Tentu sangat berfariasi tergantung dengan tekad serta eksekusi masing-masing praktisi.

Aged Domain vs Dropped Domain, Mana yang Lebih Bagus
Aged Domain vs Dropped Domain, Mana yang Lebih Bagus

Sementara itu, dropped domain merupakan aged domain yang sudah berstatus deleted. Jadi, secara otomatis nama domain tersebut sudah direset oleh ICANN sehingga bisa didaftarkan kembali oleh siapa saja dan dari registrar mana saja. Yang termasuk ke dalam dropped domain ini salah satunya adalah expired domain.

Baca juga: 4 Hal yang Perlu Dihindari Saat Memilih Nama Domain

Expired domain atau domain expired belakangan ini sedang naik daun di kalangan blogger. Secara umum, expired domain yaitu sebuah domain yang masa aktifnya sudah tidak diperpanjang oleh pemilik sebelumnya. Sehingga expired domain ini bisa diregistrasi ulang oleh pengguna.

Terlepas dari penjelasan tersebut, tahukah Anda, mana yang lebih bagus antara aged domain atau dropped domain?

Anda bisa menemukan jawaban selengkapnya pada ulasan berikut ini.

 

Kelebihan Dan Kekurangan Aged Domain

aged domain
aged domain

Segala sesuatu yang ada di dunia ini pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri, tak terkecuali aged domain. Tentunya Anda bisa menggunakan aged domain dengan membelinya di beberapa tempat yang menyediakan jasa pencarian nama domain. Nah, setelah mengetahui pengertian aged domain kini saatnya sahabat Qwords mengetahui lebih jauh tentang hal ini.

Salah satunya yakni tentang kelebihan dan kekurangannya. Hal ini bertujuan agar Anda bisa mempertimbangkan kembali apakah akan menggunakan aged domain atau tidak. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan dari aged domain:

Kelebihan Aged Domain:

  • Umur domain tidak di-reset ke 0
  • Bisa dibedakan dengan jelas antara domain deindex dengan yang masih terindex.

Kekurangan Aged Domain:

  • Kurang fleksibel dalam memilih nama domain, karena harus menyesuaikan dengan stok yang ada di lelang/auction
  • Harga lebih mahal karena harus membayar biaya jasa domain dan renewal untuk satutahun kedepan.

 

Kelebihan dan Kekurangan Expired Domain

expired domain
expired domain

Sama halnya dengan aged domain, expired domain juga memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Tentunya Anda harus mengetahui hal ini agar bisa mempertimbangkan dengan jelas mana yang akan digunakan. Berikut merupakan ulasan dari beberapa kelebihan dan kekurangan dropped domain:

 

Kelebihan Dropped Domain:

  • Lebih fleksibel dalam memilih nama domain karena mempunyai stok yang melimpah
  • Harga lebih murah karena sama seperti membeli domain baru.

Kekurangan Dropped Domain:

  • Umur domain di-reset kembali ke 0
  • Sulit dibedakan antara deindex atau tidak, karena hampir semua dropped domain indexnya kembali 0. Akan tetapi, jika Anda beruntung maka tidak menutup kemungkinan bakal mendapatkan nama domain murah, nama branded, tidak deindex, dan dengan kualitas backlink yang bagus.

 

Website Yang Menyediakan Daftar Domain Expired

 

Terdapat beberapa jenis domain yang bisa Anda pilih. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, terdapat aged domain dan juga dropped domain. Nah, bagi Anda yang tertarik untuk menggunakan expired domain yang terdapat dalam dropped domain, berikut beberapa website yang menyediakannya:

Baca juga: Menilik Peluang Bisnis Jual Beli Nama Domain Unik

  • Domcop.com
  • expireddomain.net
  • HammercheadDomains.com
  • RegisterCompass.org
  • Moonsy.com
  • FreshDrop.com

Selain menggunakan website, Anda juga bisa mncari daftar nama domain expired melalui software yang diinstal ke komputer/laptop. Tentunya beberapa aplikasi ini sangat recomended dan wajib digunakan. Aplikasi tersebut di antaranya yaitu sebagai berikut:

  • Scrapebox
  • Domain Hunter Gatherer
  • Dan lain-lain.

Penutup

 

Nah, seperti itulah ulasan mengenai aged domain vs dropped domain yang harus diketahui. Dengan mempelajari hal tersebut, kini Anda bisa dengan mudah menyimpulkan mana yang terbaik untuk digunakan.

Terlepas dari itu, untuk mendaftarkan nama domain dengan harga kompetitif Anda bisa beli domain melalui layanan Qwords.com sebagai salah satu registrar yang sudah terakreditasi PANDI (Pengelola Nama Domain Indonesia).

Dapatkan berbagai promo domain menarik untuk kebutuhan website Anda. Contohnya saat ini Qwords.com memberikan potongan diskon beli domain .COM hanya Rp115 ribu untuk pendaftaran 1 tahun pertama. Selain promo .com, ada juga penawaran untuk ekstensi domain lainnya seperti .ID, .MY.ID, atau domain internasional lainnya.

Bagaimana menurut Anda? Sangat terjangkau bukan? Semoga ulasan di atas berguna bagi Anda yang menyukai metode link building via PBN.

Tinggalkan jejak di kolom komentar jika ada pertanyaan, dan klik bagikan agar artikel ini bisa dibaca oleh banyak orang.

Sampai Jumpa.

2 Replies to “Aged Domain Vs Expired Domain, Mana…”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *