Jordy Prayoga He enjoys creating clear and helpful content. In his free time, he loves to hike.

Gabung Afiliasi Domain dan Raih Kesuksesan Secara Online!

4 min read

Afiliasi Domain

Bila Anda adalah seorang blogger yang sedang mencari penghasilan tambahan, mungkin program afiliasi domain bisa Anda ikuti karena potensi keuntungannya sangat besar.

Istilah afiliasi sendiri nampaknya sudah mulai dikenal oleh masyarakat Indonesia, menyusul beberapa waktu lalu sempat mencuat kasus yang berkedok afiliasi binary option.

Terlepas dari kasus tersebut, sebenarnya afiliasi sangat menguntungkan karena hanya dengan sedikit modal, Anda berpeluang mendapatkan keuntungan yang berlipat.

Nah, salah satunya adalah program afiliasi domain yang cocok untuk diikuti terutama oleh para blogger.

Lalu, apa yang dimaksud dengan afiliasi domain itu? Tenang saja, Sahabat Qwords, pada artikel ini akan dijelaskan secara lengkap mulai dari pengertian, hingga cara bergabung program afiliasi domain. Yuk, mari kita mulai.

Apa Itu Afiliasi Domain?

Afiliasi adalah strategi pemasaran yang dilakukan dengan keterlibatan pihak ketiga dalam mempromosikan sebuah produk.

Bila pihak ketiga berhasil memasarkan dan menjual produk, ia akan mendapatkan komisi sesuai dengan kesepakatan di awal.

Bisa dibilang, afiliasi ini termasuk win-win solution, di mana kedua pihak akan diuntungkan.

Di sisi brand/perusahaan, mereka dapat menjual barang tanpa harus mengeluarkan effort yang lebih.

Kemudian di sisi afiliator, ia akan mendapatkan komisi ‘hanya’ dengan memasarkan dan menjualkan produk.

Beberapa tahun ke belakang, mungkin hanya sebagian orang saja yang tahu istilah afiliasi ini. Namun, karena belum lama ini publik sempat digegerkan dengan kasus yang berkedok afiliasi, akhirnya banyak yang mencari tahu apa itu afiliasi.

Sebetulnya, apabila dijalankan dengan benar, afiliasi ini sangat menguntungkan terlebih jika Anda ingin mendapatkan penghasilan tambahan dari internet.

Dalam pelaksanaannya, produk apa saja bisa dipasarkan menggunakan strategi afiliasi ini. Bahkan, di kalangan blogger, ada sebuah program afiliasi yang juga berfokus pada dunia blogging dan website, yaitu afiliasi domain.

Sederhananya, sang afiliator domain akan memasarkan produk domain dalam bentuk artikel di blog atau website mereka dengan menambahkan kode referral yang ia miliki. Bila Anda berminat untuk bergabung menjadi afiliator domain, ada beberapa contoh program afiliasi yang bisa Anda ikuti, baik itu dari Indonesia, maupun luar negeri.

Baca Juga: Bisnis Investasi Domain? Berikut Tips Untuk Memulainya

Contoh Program Afiliasi Domain

Ada setidaknya empat program afiliasi domain hingga hosting yang bisa diikuti bila Anda adalah seorang blogger yang ingin menginginkan keuntungan tambahan.

  • GoDaddy

GoDaddy adalah sebuah perusahaan registrar domain dan hosting yang sudah ada sejak lama dan berasal dari Amerika Serikat.

Dalam program afiliasi yang diadakan oleh GoDaddy, Anda bisa memilih produk yang bisa dipasarkan seperti domain, website, SSL, hosting,email profesional, WordPress, hingga Microsoft 365.

  • Netim

Netim juga merupakan salah satu perusahaan registrar dan web hosting yang mengadakan program afiliasi domain.

Besaran komisi yang didapatkan afiliator akan berbeda-beda tergantung pada TLD yang ditawarkan.

Misalnya Anda berhasil menjual domain .COM, jumlah komisinya akan berbeda dengan domain .NET.

  • Domain.com

Domain.com adalah perusahaan yang menjual berbagai produk seputar website, seperti domain, SSL, desain web, dan sebagainya.

Khusus untuk program afiliasi domain, para afiliator berpotensi mendapatkan keuntungan sebesar 30% dari setiap domain yang berhasil didaftarkan pengguna menggunakan kode referral Anda.

Tidak ada batasan produk yang bisa Anda pasarkan. Artinya semakin banyak produk yang laku, semakin besar keuntungan yang akan Anda dapatkan

  • Qwords

Qwords adalah salah satu perusahaan penyedia cloud web hosting terbaik di Indonesia. Bermacam-macam produk website pun ditawarkan oleh perusahaan ini, seperti domain, SSL, VPS, dan masih banyak produk lainnya.

Sedangkan untuk program afiliasi, Qwords menawarkan beberapa produk yang bisa Anda tawarkan sebagai afiliator, seperti hosting dan cloud VPS. Untuk domain, sayangnya kami belum membuka program afiliasi untuk Anda. Mungkin untuk ke depan, program afiliasi domain Qwords bisa diadakan dan Anda bisa bergabung dengan kami.

Kelebihan Afiliasi Domain

Anda telah mengetahui beberapa contoh program afiliasi domain yang tentu bisa menambah penghasilan secara online.

Namun, tahukah Anda kelebihan lain ketika menjadi seorang afiliator domain? Jika belum, coba simak ulasan berikut ini

  • Modal Minim

Bila ingin memulai usaha, banyak hal yang harus Anda siapkan agar dapat berjalan lancar, seperti produk, packaging, marketing, dan sebagainya.

Dengan hal sebanyak itu, modal yang harus Anda miliki juga tidak kecil. Namun, untuk bergabung menjadi afliator domain, Anda bisa memangkas biaya untuk mendapatkan keuntungan berlipat, bahkan beberapa program afiliasi bisa diikuti secara gratis dan hanya dengan mendaftarkan email saja.

  • Bisa Dari Mana Saja (Fleksibel)

Selain dengan modal yang minim, bergabung menjadi afiliator memungkinkan Anda untuk bekerja secara fleksibel atau dari mana saja.

Pasalnya, Anda tetap bisa memiliki pekerjaan utama, dan menjadikan afiliasi sebagai pekerjaan sampingan untuk memperoleh pendapatan pasif.

Lagi pula, cara kerja afiliasi juga sangat mudah, Anda tinggal membuat konten berupa review atau ajakan agar pengguna mendaftarkan domain menggunakan kode referral Anda.

Lalu, konten tersebut bisa Anda publikasikan melalui blog atau website pribadi. Mudah, bukan?

  • Menambah Penghasilan (Passive Income)

Hal yang paling disukai para afiliator sehingga akhirnya mereka mau memasarkan produk adalah karena potensi penghasilan yang didapatkan sangat besar.

Karena mereka merasa apa yang telah dilakukan sangat mudah (fleksibel), tanpa modal, dan keuntungannya besar.

Benar saja, mereka pun bisa memperoleh penghasilan tambahan dari program afiliasi.

Namun, sebelum memutuskan untuk menjadi afiliator apa saja termasuk domain, ada baiknya bila mempertimbangkan baik buruknya efek yang mungkin Akan Anda alami.

Sehingga tidak semata-mata tentang keuntungannya saja, tetapi juga risikonya. Lalu apa saja kekurangan bila Anda menjadi seorang afiliator domain?

Baca Juga: Jangan Sampai Expired! Yuk, kenali Masa Aktif Domain Anda!

Kekurangan Afiliasi Domain

Sebelum Anda akhirnya memutuskan untuk menjadi atau tidaknya sebagai afiliator domain, ada dua kekurangan yang harus Anda pikirkan, antara lain:

  • Prosesnya Tidak Singkat

Meskipun iming-iming keuntungannya berlipat, serta sistem kerja yang mudah dan fleksibel, Anda tetap harus dapat berkompromi dengan waktu yang dibutuhkan untuk mencapai proses keuntungan tersebut.

Pasalnya, tidak semua pengguna yang melihat konten afiliasi Anda di blog selalu tertarik untuk mendaftarkan domain menggunakan kode referral Anda. Hal itu terjadi karena beberapa faktor. Bisa saja karena konten Anda terlalu hard selling, atau bisa juga karena kurang edukatif.

Tak hanya itu, blog yang Anda miliki harus setidaknya sudah memiliki traffic, dan untuk membangun blog sendiri juga memerlukan waktu yang tidak singkat.

  • Ketergantungan Terhadap Gadget

Kekurangan kedua apabila menjadi seorang afiliator domain adalah Anda akan memiliki ketergantungan gadget yang tinggi.

Pasalnya, bisa dipastikan bahwa Anda akan selalu memantau progres afiliasi yang telah Anda ikuti. 

Belum lagi, masih ada afiliator lain yang menjadi saingan Anda dalam merebut minat pengguna.

Nah, apabila Sahabat Qwords tetap berniat menjadi afiliator domain setelah mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya, kami akan memberikan panduan bagaimana cara bergabung menjadi afiliator domain.

Cara Bergabung Afiliasi Domain

Berikut adalah langkah-langkah bergabung menjadi afiliator domain, perhatikan baik-baik ya, Sahabat Qwords.

1. Mendaftar Program yang Tepat

Karena program afiliasi yang tersedia sangat banyak, Anda bisa memilih salah satu atau beberapa program yang menurut Anda sesuai. Namun, Anda juga bisa memilih beberapa program sekaligus tergantung dengan kebutuhan Anda. Selama Anda tidak merasa terbebani dan gratis, memilih beberapa program dalam satu waktu tidaklah menjadi masalah.

2. Memilih Produk 

Produk yang ada pada program afiliasi tidak hanya domain saja, dan Anda bisa memilih beberapa produk yang berbeda untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya.

Misalnya mendaftar afiliasi domain melalui GoDaddy Affiliate, kemudian Anda mendaftar afiliasi hosting di Qwords.

3. Buat Konten Berkualitas (SEO Friendly)

Sebagai seorang blogger yang bergabung menjadi afiliator domain, tugas Anda adalah membuat konten berkualitas dalam bentuk review, tutorial, atau komparasi produk yang ditawarkan.

Dalam membuat konten tersebut, usahakan Anda berlaku jujur serta tidak menjelek-jelekkan sesama afiliator.

Jangan lupa untuk membuat semua konten termasuk konten afiliasi Anda ramah SEO agar pengguna dapat menemukannya di SERP.

Paling tidak, untuk menjadi seorang afiliator domain, Anda sebaiknya memiliki pemahaman dasar SEO untuk dapat bersaing dengan website afiliator lain.

Kemudian, jangan lupa untuk menambahkan kode referral milik Anda pada setiap konten afiliasi agar pengguna mau membeli produk melalui kode tersebut. Sehingga komisi yang akan Anda dapatkan semakin bertambah.

Baca Juga: 5+ Alasan Mengapa Domain Penting Untuk Bisnis

Siap Menjadi Afiliator Domain Sukses?

Afiliasi merupakan strategi pemasaran yang memungkinkan dua pihak yaitu afiliator dan pemilik produk saling mendapat keuntungan. Lagi pula, untuk menjadi seorang afiliator hanya membutuhkan modal yang tidak banyak. Hanya saja diperlukan ketelatenan yang tinggi.

Bagaimana, Sahabat Qwords siap menjadi afiliator domain sukses? Atau ingin mencoba bisnis lain? Bila ingin mencoba yang lain, cobalah untuk mengikuti bisnis reseller domain dari Qwords, ya.

Jordy Prayoga He enjoys creating clear and helpful content. In his free time, he loves to hike.

Review Qwords, Provider Hosting dengan Layanan…

Provider hosting yang memiliki layanan lengkap adalah Qwords, sudah lama membangun reputasi sebagai penyedia layanan hosting dengan keunggulan layanan yang lengkap dan berkualitas. Sebagai...
Eril Obeit Choiri
5 min read

6 Tips Menjadi Wirausaha Sukses dari…

Seiring berkembangnya zaman dan teknologi, berbagai aktivitas bisa dilakukan dengan fleksibel dan mudah. Salah satunya adalah menjalankan bisnis dari rumah. Mundur tiga hingga empat...
Jordy Prayoga
2 min read

Review Qwords, Hosting Cloud Cepat, Aman…

Qwords, mungkin ada dari beberapa pembaca blog ini yang belum mengenal secara detail tentang Qwords.  Qwords memiliki layanan utama penjualan domain hosting dengan berbagai...
Eril Obeit Choiri
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *