Apa Itu Black Friday? Ini Sejarah & Definisinya

2 min read

apa itu black friday

Apa itu Black Friday? Apakah sahabat Qwords pernah mendengar istilah tersebut?

Bagi para shopaholic atau penghobi belanja, istilah black friday sale tentu sudah tidak asing lagi.

Event yang rutin digelar setiap tahun tersebut kerap kali dijadikan sebagai momen spesial untuk belanja online tanpa takut kantong jebol.

Secara khusus, black friday sendiri memang besar di Amerika Serikat, namun seiring perkembangan zaman, perayaan ini juga turut digelar di sejumlah negara, termasuk di Indonesia.

Apa Itu Black Friday?

black friday adalah
black friday adalah

Apa itu Black Friday? Black friday adalah istilah yang digunakan untuk menyebut hari jumat pertama setelah perayaan Thanksgiving.

Arti black friday yang sebenarnya merujuk pada kejadian mengenaskan yang terjadi di kawasan Philadelphia, Amerika Serikat.

Kendati demikian, saat ini black friday lebih identik dengan diskon dan promo spesial yang digelar secara besar-besaran.

Kapan Black Friday?

Black friday sale dirayakan setiap tahun pada hari jumat pertama setelah perayaan Thanksgiving.

Tahun ini Black Friday jatuh pada tanggal 27 November 2020, sementara untuk tahun depan akan digelar pada tanggal 26 November 2021.

Sama seperti namanya, black friday selalu dirayakan setiap hari jumat mulai pukul 00.00 hingga 23.59.

Biasanya, toko online di Indonesia ikut merayakan momen ini dengan memberikan diskon produk pilihan setiap jam, dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan harga normal.

Sejarah Black Friday

promo belanja jumat
promo belanja jumat

Menilik dari laman wikipedia, sejarah black friday merujuk pada kejadian di kota Philadelphia, Amerika Serikat pada kisaran tahun 1950-an.

Pada zaman dahulu, setiap hari jumat pertama setelah perayaan Thanksgiving, masyarakat memadati jalan-jalan di seputaran distrik perbelanjaan kota Philadelphia, sehingga menimbulkan kerumunan massa.

Saking ramainya perkumpulan yang terjadi, polisi setempat kerap kali sampai menerjunkan personil ekstra untuk menjaga agar tidak ada kecelakaan atau tindak kriminal yang berpotensi menghilangkan nyawa.

Di era tahun 2000-an, istilah black friday semakin populer di ranah industri e-commerce dan hiburan. Momen ini dimanfaatkan oleh para pelaku usaha, baik retail online maupun offline untuk menyebar promo diskon secara gila-gilaan.

Seiring waktu berjalan, kebiasaan tersebut semakin meluas berkat perkembangan internet yang menyebar ke seluruh dunia.

Terlepas dari sejarahnya yang kelam, kini black friday sale menjadi salah satu hari favorit para penggemar belanja untuk mendapatkan barang-barang impian dengan harga miring.

Baca juga: Pengertian E-Commerce dan Perkembangannya di Indonesia

Adapun untuk sejarah perayaan black friday di Indonesia, awal mulanya dilakukan pada tahun 2012 atas prakarsa dari brand e-commerce raksasa seperti Lazada Indonesia, Blanja, BerryBenka, Bukalapak, dan sejumlah toko online lainnya.

Tradisi ini masih bertahan sampai sekarang.

Tips Belanja Saat Black Friday

apa itu black friday
apa itu black friday

1.Buat Daftar Belanjaan

Saat Black Friday, penawaran dari toko online biasanya sangat menggiurkan.

Nah, untuk menghindari pembelian secara impulsif maka Anda perlu membuat daftar belanjaan barang-barang yang ingin dibeli.

Selain akan menghemat waktu, cara ini juga bisa menjaga agar kantong tidak jebol akibat besarnya godaan promo black friday sale.

2.Cek Harga

Potongan harga merupakan salah satu trik marketing yang usianya sudah cukup lama.

Biasanya, vendor kerap kali menggunakan trik diskon gila-gilaan dengan cara menaikkan harga terlebih dahulu sebelum memberikan potongan diskon.

Maka dari itu, Anda harus teliti dan rajin membandingkan harga dengan toko lainnya.

Pastikan bahwa harga jual memang benar-benar nyata bukan akal-akalan marketing semata.

Baca juga: 7 Strategi Penjualan Untuk Meningkatkan Keuntungan

3.Jangan Panik

Para pembeli di event black friday kerap kali mengalami kepanikan ketika berbelanja.

Hal ini memang wajar, terutama mengingat adanya banyak peringatan terkait keterbatasan waktu dan stok produk yang diberikan oleh vendor.

Tips dari kami, usahakan untuk tidak panik ketika berburu barang di black friday sale, karena setelah event selesai terkadang ada barang yang dijual dengan harga diskon tambahan.

4.Persiapkan Saldo Pembayaran

Tips yang satu ini tidak boleh dilewatkan ketika berburu flash sale, black friday, atau event rebutan lainnya.

Pastikan Anda sudah menyiapkan metode pembayaran yang berlaku, lengkap dengan saldo yang mencukupi.

Misalnya, saat ingin membeli nama domain dari perusahaan di luar negeri, maka Anda harus menyiapkan kartu kredit atau paypal yang sudah diisi saldo pembayaran.

5.Pastikan Koneksi Internet Stabil

Ibarat senjata perang, koneksi internet yang stabil merupakan alat tempur utama yang harus dipersiapkan ketika berburu black friday sale.

Jangan sampai jaringan internet Anda malah ngadat ketika event flash sale sudah dibuka, karena Anda bakal kehabisan kuota.

Nah, salah satu trik untuk membuat koneksi internet jadi lebih stabil adalah dengan menggunakan provider populer yang memiliki sinyal kuat di sekitar tempat tinggal.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan layanan Virtual Private Network (VPN) dari Diego VPN untuk menjaga agar jaringan tetap lancar sekaligus mengenkripsi data-data pribadi.

virtual private network
virtual private network

Sudah Siap Merayakan Black Friday?

Bagi Anda yang saat ini memiliki barang incaran, siap-siap saja menyambut perayaan black friday sale yang akan jatuh pada tanggal 27 November 2020 mendatang.

Black friday adalah hari belanja yang ditunggu-tunggu banyak orang. Sehingga bisa di manfaatkan untuk berburu diskon dan promo istimewa dari belasan toko online terkemuka di Indonesia.

Nah, untuk Anda yang berencana membeli nama domain dan Hosting Bisnis, momen Black Friday juga bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan diskon spesial.

Jadi, jangan lewatkan momen ini dengan berlangganan newsletter Qwords sekarang juga.

Semoga bermanfaat.

Cara Mengaktifkan WordPress Debug, Termudah!

WordPress telah lama menjadi CMS primadona bagi banyak pengguna di seluruh dunia. Itu karena WordPress menawarkan kemudahan dalam berbagai aspek, mulai dari mengelola konten...
Jordy Prayoga
1 min read

Perbedaan Hosting Biasa dengan WordPress Hosting,…

Bagi Sahabat Qwords yang akan membuat website, memilih hosting menjadi langkah awal yang harus dilakukan. Dari beberapa jenis hosting yang ada, termasuk hosting biasa...
Jordy Prayoga
2 min read

Mengenal Keyword Tracking dalam SEO, Apa…

Dalam strategi SEO, ranking website menjadi salah satu goals bagi para pemilik website. Cara paling mudah untuk mengetahui ranking keyword adalah dengan tools tracking...
Eril Obeit Choiri
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *