mudik tips

Sahabat Qwords web hosting Indonesia, tahukah Anda bahwa fenomena mudik lebaran hanya ada di Indonesia?

9 Persiapan Penting Saat Mudik Lebaran

Banyak tenaga kerja yang memilih ataupun ditempatkan di kota-kota besar akibat tingginya kebutuhan sumber daya manusia sebagai penunjang perekonomian. Program pemerataan penduduk yang belum efektif membuat banyak orang merantau ke tempat yang jauh dari tempat tinggalnya. Sampai lahirlah fenomena mudik yang identik dengan libur Hari Raya Idul Fitri.

Anda termasuk yang melakukan mudik lebaran?

Sebelum mudik tahun ini, perhatikan beberapa tips persiapan mudik lebaran ala Qwords berikut ini.

1. Periksa keadaan rumah sebelum ditinggal mudik.

Pastikan tidak ada listrik, kompor, dan keran air yang menyala. Simpan barang-barang berharga Anda dan kunci rapat-rapat, begitu pula dengan jendela dan pintu rumah.

2. Periksa komponen kendaraan

Khusus bagi Sahabat Qwords yang memilih kendaraan pribadi untuk mudik, tips ini adalah yang utama. Periksalah setiap komponen penting dari kendaraan Anda, apakah kondisi mobil atau motor Anda siap saat perjalanan jauh. Periksa accu, kondisi rem, filter BBM, dan tekanan ban. Lakukan hal-hal preventif untuk mencegah kemungkinan buruk selama perjalanan.

3. Jaga kondisi tubuh agar selalu fit

Sebab, perjalanan jauh tidak hanya menguras waktu tetapi juga tenaga dan kesabaran. Ditambah istirahat yang cukup setidaknya sehari sebelum jadwal keberangkatan.

4. Cadangan makanan

Termasuk perjalan jauh ataupun dekat, Anda tetap harus mempersiapkan cadangan makanan dan obat-obatan selama di kendaraan. Bila perlu, siapkan pula kotak P3K di kendaraan Anda. Sebab, tidak ada yang dapat memastikan konsistensi keadaan fisik Anda termasuk diri Anda sendiri.

5. Browsing peta dan pelajari medan jalan

Ini khusus bagi Anda yang memilih menggunakan kendaraan pribadi untuk mudik. Jangan sampai Anda salah arah dan menyimpang jauh dari arah tujuan. Selain membuang waktu, akan ada pengeluaran ekstra untuk bahan bakar kendaraan.

6. Checklist barang bawaan Anda

Bawa secukupnya yang benar-benar Anda butuhkan. Apalagi jika Anda memilih untuk mengendarai sepeda motor. Jangan sampai melebihi kapasitas kendaraan. Selain mengganggu kenyamanan Anda, pengendara lain juga akan merasakan dampaknya.

7. Selama perjalanan menuju kampung halaman

Sahabat Qwords tentu akan sedikit diliputi rasa bosan. Karena itu, hiburan merupakan salah satu faktor penting. Siapkan playlist lagu di ponsel atau film untuk di putar di mobil Anda.

8. Sahabat, hal yang satu ini juga tidak bisa diremehkan

Baterai ponsel. Ya! Siapkan ponsel Anda dalam keadaan baterai yang terisi penuh. Jika tidak, bawalah power bank untuk cadangan daya ponsel anda.

9. Persiapkan Tiket

Terakhir, jika hendak mudik ke luar kota dengan angkutan umum, persiapkan tiket jauh-jauh hari. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari dua hal, yakni ketersediaan tiket (habis) dan melonjaknya harga tiket menjelang Hari Raya.

Bagaimana, sudah siap mudik sahabat Qwords? Semoga checklist di atas dapat membantu kelancaran rencana mudik Anda ya. Hati-hati dijalan dan semoga selamat sampai tujuan. Selamat mudik!

 

One Reply to “9 Persiapan Penting Saat Mudik Lebaran”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *