laju website

Website anda sering berjalan lambat? Itu tandanya, anda harus cepat-cepat melakukan pembersihan! Database anda telah mengumpulkan banyak informasi terkait dokumen yang anda upload. Informasi dan dokumen yang semakin banyak membuat space hosting membengkak. Ingin loading website anda lebih ringan mudah diakses? Ini rahasianya.

Plugin website
Semakin banyak plugin yang terdapat pada website, maka penggunaan memori website juga bertambah. Jika plugin-plugin tidak digunakan, ada baiknya dinonaktifkan saja. Hal ini dapat mengurangi kemungkinan di-hack serta mengurangi space pada hosting anda beberapa KB hingga MB.

Widget tak terpakai
Selain plugin, widget yang tidak terpakai juga akan menghambat laju website. Hapus widget yang tidak perlu agar dapat menghemat space hosting anda.

Ukuran gambar
Resize ukuran gambar sebelum posting. Ukuran beberapa KB saja dapat membuat website berjalan lambat. Namun apabila semua gambar website disesuaikan, maka space hosting akan berkurang dan akses menuju website menjadi ringan.

Baca juga 7 Cara Efektif Promosikan Blog

Tema website
Gunakan tema/template wordpress yang ringan dan asli dari developer. Ukuran ringan tema dan template dapat mempercepat laju website apabila diakses. Tema yang terlalu banyak variasi gambar tidak ramah karena server akan lebih cepat menjalankan website tanpa adanya gambar.

Penggunaan video
Hapus media yang tidak digunakan, salah satunya video. Kurangi penggunaan file animasi flash/video berlebih pada website anda. Gunakan seperlunya dan pertimbangan dari sisi nilai guna. Jika dirasa tidak perlu, gunakan gambar atau infografis saja untuk menghemat memori space.

Web Accelerator
Gunakan Web Accelelator seperti google pagespeed dengan teknologi Caching System yang membuat website Anda menjadi lebih cepat. Selain untuk mempercepat load website, Web Accelerator juga berfungsi untuk menjaga koneksi internet agar tetap stabil.

Javascript pada website
Kurangi penggunaan javascript agar loading ke website anda lebih optimal. Tempatkan javascript pada satu tempat. Samakan lokasi javascrip dengan server yang anda gunakan untuk menghindari lemot.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *