Seringkali pengguna internet tidak dapat membedakan apa itu Website dan apa itu Blog. Keduanya dianggap sama karena berupa laman online berisi teks, video, dan gambar yang hanya dapat diakses dengan jaringan internet. Namun ternyata, Website dan Blog itu sangat berbeda loh, sahabat Qwords. Keduanya memiliki fungsi tersendiri yang menyesuaikan kebutuhan penggunanya. Mari kita simak indikator apa saja yang membedakan Website dan Blog berikut ini.

Perbedaan Blog dan Website
Perbedaan Blog dan Website

Perbedaan Blog dan Website

Komunikasi

Blog

Komunikasi yang terjadi pada Blog bersifat interaktif. Pembaca tidak hanya mengkonsumsi informasi secara satu arah, tetapi bisa menanggapi penulis melalui kolom komentar. Dengan begitu, komunikasi yang terjadi bisa dua arah.

Website

Pada website, komunikasi bersifat informatif dan linear. Pengelola website hanya menyajikan informasi yang ingin mereka sampaikan kepada khalayak. Komunikasi yang terjadi bersifat 1 arah (one-way communication). Namun bagi pelanggan yang ingin berinteraksi, website biasanya dilengkapi dengan informasi kontak berupa email, nomor call center, dan live chat.

Konten

Blog

Blog memungkinkan penulisnya untuk mengejutkan pembaca dengan konten dinamis yang diupdate secara berkala. Biasanya berisi tentang pengalaman personal penulis, buah pikiran/asumsi, atau isu yang sedang hangat diperbincangkan di masyarakat.

Website

Website biasanya dimiliki oleh badan khusus, organisasi, dan perusahaan untuk kebutuhan komersial. Karena itu, konten dari website lebih bersifat statis namun update. Mengulas informasi tentang perusahaan (company profile) dan informasi detail produk/jasa mulai dari deskripsi, gambar, hingga harga.

Bahasa

Blog

Blog biasanya dikelola oleh penulisnya sendiri. Tujuannya untuk menarik minat pembaca. Karena itu, bahasa yang digunakan harus bisa membuat pelanggan merasa betah dan nyaman. Bahasa informal bisa menjadi pilihan, namun harus tetap sopan dan mudah dipahami.

Website

Website perusahaan biasanya memiliki target sasaran yang spesifik. Untuk memberikan kesan profesional serta meraih trust pelanggan, bahasa yang digunakan harus formal dan lugas.

History Post

Blog

Konten yang dinamis dan di-update secara berkala membuat Blog harus menyimpan history post-nya. Pembaca yang baru pertama kali mengunjungi Blog dapat melihat postingan beberapa bulan/tahun yang lalu. Pembaca juga dapat melakukan tracking/searching artikel yang akan mereka baca ulang.

Website

Dari segi konten, website bersifat statis dan hanya menyajikan informasi yang terkini. Perusahaan hanya akan menampilkan informasi yang ingin disampaikan. Karena itu, history post tidak diperlukan untuk website. Konten lama yang sudah tidak update, tidak lagi ditampilkan. Hanya dimiliki oleh pengelola saja, tidak untuk konsumsi eksternal.

Coding

Blog

Blog diciptakan agar mudah dikelola. Konfigurasi yang diperlukan dalam memanage “dapur” blog juga tidak rumit. Karena itu, pengelola tidak wajib memiliki kemampuan programming khusus.

Website

Website dilengkapi dengan tools yang memungkinkan administratornya mengelola dan mendesain halaman sedemikian rupa. Custom konfigurasi ini membutuhkan keahlian programming seperti HTML5, PHP, CSS3, dan sebagainya. Namun, kini sudah banyak Website Builder yang easy to use dengan metode drag & drop sehingga memudahkan pengguna. Pengelola tidak harus memiliki skill khusus untuk melakukan coding.

Administrator

Blog

Blog biasanya dimiliki oleh perorangan. Karena kustomisasi-nya yang sederhana, membuat siapa saja dapat mengelolanya tanpa harus dimanage secara berkelompok.

Website

Membangun website berarti membangun sebuah “rumah” virtual untuk perusahaan, bisnis, toko online, dan sebagainya. Di dalamnya diatur sebaik mungkin agar tampilan terlihat profesional dan dapat dipercaya. Maka dari itu, “dapur” website biasanya terdiri dari tim pengelola yang terdiri dari developer, system analyst, web designer, dll.

Sahabat Qwords, itu tadi 7 perbedaan antara Blog & Website. Jadi, sekarang Anda bisa tentukan, apakah ingin membuat Blog atau Website dengan Web Hosting Indonesia. Sebelum itu, pilih Nama Domain impianmu dan Paket Hosting yang sesuai ya! 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *