Jika ditanya tentang hobi, apa yang akan anda jawab? Kalau blogger Qwords, tentu akan menjawab hobi menulis. Anda termasuk suka menulis? Upload tulisan anda mulai sekarang sahabat Qwords. Sangat banyak orang yang memiliki kemampuan menulis namun ragu untuk membagikannya secara publik. Anda termasuk orang yang ragu untuk melakukannya? Tenang, banyak cara untuk menyalurkan hobi yang satu ini. Salah satunya dengan blogging. Anda dapat menuliskan tentang apapun dan membaginya kepada dunia luar. Jika masih ragu memulainya, Qwords merangkum beberapa langkah blogging untuk Anda.

1. Siapkan Nama Domain
Siapkan nama yang akan anda gunakan sebagai nama domain, bisa diambil dari nama anda, jenis produk, atau nama brand anda. Kemudian, tingkatkan kredibilitas dengan menggunakan web hosting yang dapat memenuhi kebutuhan anda. Tidak perlu khawatir soal biaya, beli domain dan hosting di Qwords.com harganya terjangkau.

2. Mulailah dari Minat Anda
Mulailah dengan menulis dengan hal yang anda sukai. Blogging kelihatannya mudah, namun bukan perkara sepele atau sekedar menulis lalu dibaca orang. Blogging perlu adanya konsistensi dalam memproduksi konten. Agar konsistensi menulis dapat terbangun, hal-hal yang menjadi minat dan konsentrasi kita adalah faktor penting.

Baca juga: 7 Cara Efektif Promosikan Blog

3. Tentukan kategori blog
Saatnya tentukan kategori konten blog. Apakah anda ingin menulis reportasi umum, review brand, bisnis, online marketing, fashion blog, kuliner, atau yang lainnya. Pemilihan kategori ini akan kembali lagi pada minat dan hal yang anda sukai.

4. Konten tips & trik
Perbanyak konten tips and tricks di blog anda. Menurut survei UNESCO, indeks minat baca masyarakat Indonesia hanya 0,001 yang berarti hanya ada satu peminat baca tinggi dari seribu orang. Dengan tips and tricks, pembaca akan lebih tertarik karena dekat dengan praktik kehidupan sehari-hari.

5. Less Theory, More Practice
Jangan sampai Anda hanya mengumpulkan teori tentang blogging, praktekkanlah sesegera mungkin. Teori memang perlu, tapi jika tidak segera dilaksanakan, inspirasi menulis akan menguap begitu saja.

6. Pemilihan Niche (Topik)
Terakhir, penting untuk memperhatikan pemilihan niche. Niche merupakan topik/subyek pembahasan tertentu yang populer atau hangat diperbincangkan. Mudahnya, niche adalah kata-kata yang tidak memiliki penjelasan kata yang lebih khusus lagi. Agar mahir menulis dan membuat niche, perbanyaklah membaca artikel. Happy blogging sahabat Qwords!

Baca Juga : 7 Rahasia Percepat Laju Website
Baca Juga : 7 Rahasia Percepat Laju Website

One Reply to “6 Cara Praktis Memulai Sebuah Blog”

  1. Saya baru saja membuat sebuah blog [inovatorsblog.blogspot.co.id], saya rasa ke6 tips diatas cukup membantu saya dalam proses pengembangan blog saya tadi. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *