kiatkonsisten

Sudahkah anda menyelesaikan pekerjaan tepat pada waktunya? Jika belum, apa yang menghambat anda? Jika semangat kerja anda masih naik turun, berarti anda perlu meningkatkan konsistensi dalam bekerja.

Konsistensi merupakan faktor yang sangat penting untuk mencapai kesuksesan jangka panjang. Apapun bidang pekerjan anda baik itu bisnis, seni, hukum, maupun kesehatan, konsistensi merupakan kunci utama.  Konsistensi adalah hal esensial yang membantu menciptakan perubahan dalam hidup untuk menjadi seseorang yang profesional. Kami akan mengulas 5 kiat agar bisa bekerja secara konsisten yang dikutip dari tulisan seorang enterpreneur & filantropis, Marie Forleo.

Kiat Konsisten dalam Bekerja

1. Punya Visi

Jika ingin konsisten, anda harus mempunyai visi jelas tentang what you want? Mengetahui apa yang ingin anda capai & tahu mengapa anda menginginkannya. Jika dari awal visi kita sudah jelas, kita tidak akan kebingungan menentukan langkah selanjutnya. Anda hanya tinggal improvisasi saja.

2. Fokus pada tujuan

Punya banyak keinginan memang tidak salah, tapi alangkah baiknya jika kita fokus pada 1 tujuan dan benar-benar berniat untuk menekuninya. Seperti misalnya, perokok yang ingin berhenti merokok sekaligus melakukan diet. Jika dia tidak fokus, dia justru akan gagal di keduanya. Maka dari itu, pilih satu hal lalu perjuangkan hingga berhasil.

3. Buat jadwal prioritas kegiatan

Sebelum hari-hari anda penuh keluh kesah akibat kesibukan, buat jadwal kegiatan dan urutkan berdasarkan prioritas. Dengan mendahulukan prioritas, anda akan terbiasa konsisten dan mudah menyesuaikan ritme kerja. Seperti misalnya, memberi porsi lebih pada membaca artikel bermanfaat dibandingkan waktu bergosip dengan teman kantor.

4. Abaikan Sugesti negatif

Dalam mewujudkan konsistensi, anda harus mengabaikan  kata-kata seperti “Aduh, saya malas”, “Saya tidak mampu” dan sebagainya. Semua orang pasti pernah merasakan hal itu, termasuk anda. Mulailah anda melatih diri untuk mengabaikan kata-kata negatif di kepala anda. Anda sendiri yang dapat menentukan tujuan hidup anda.

5. Kejar Ketertinggalan

Semua orang pasti pernah gagal. Berhasil atau tidaknya orang tersebut, hanya dia sendiri yang tentukan. Jika itu terjadi pada anda, apa yang anda lakukan? Diam di tempat atau coba lagi? Ciri orang konsisten, ia akan selalu terbawa dalam suasana kompetitif. Ia akan mengejar ketertinggalan dan tidak punya waktu untuk menyalahkan diri sendiri.

Yang perlu kita ingat, sukses tidak instan. Tidak datang hanya dengan sekali percobaan. Anda perlu melakukannya berulang kali dan mengalami jatuh bangun. Itu sudah bisa.

Itulah 5 kiat ampuh agar Anda bekerja secara konsisten sehingga menimbulkan kebiasaan yang baik.

Jangan lupa share jika artikel ini bermanfaat untuk anda 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *