3 Rekomendasi CMS Toko Online & eCommerce Terbaik

3 min read

Rekomendasi CMS Toko Online & eCommerce Terbaik

Jika Anda sedang berencana untuk membuat toko online, tentunya Anda akan mencari rekomendasi CMS toko online dan eCommerce terbaik.

Namun dengan banyaknya pilihan CMS (content management system) platform yang ada di luar sana, tidak mudah untuk memutuskan platform mana yang paling tepat untuk Anda.

Nah pada artikel kali ini, kami akan memberikan beberapa rekomendasi cms toko online terbaik nih sahabat Qwords! 

Kami telah memilih 3 platform terbaik untuk dibahas secara lengkap agar Anda bisa memilih CMS toko online untuk bisnis Anda dengan lebih mudah dan cepat.

Yuk langsung saja kita mulai!

Poin Wajib CMS Toko OnlinePoin Wajib CMS Toko Online

Keberhasilan bisnis online Anda tergantung pada kinerja dan performa toko online Anda. Inilah salah satu alasan mengapa sangat penting untuk memilih platform cms yang tepat sejak awal.

Banyak faktor yang terlibat pada platform eCommerce yang baik, nah berikut ini adalah beberapa faktor paling penting sahabat Qwords!

  • Mudah digunakan — CMS toko online dan e-Commerce yang baik harus memiliki fitur yang memudahkan pengguna. Fitur seperti dasbor intuitif dan fitur yang bisa digunakan oleh pemula akan membantu Anda mengelola toko dan produk dengan lebih baik.
  • Keamanan yang kuat —  untuk memastikan semua transaksi yang terjadi pada toko online Anda tetap aman, gunakan platform CMS dengan keamanan terjamin. CMS dengan keamanan yang baik mempunyai fitur yang melindungi data dan informasi kartu kredit pelanggan.
  • Skalabilitas — gunakan platform dengan skalabilitas yang mampu mengakomodasi kebutuhan lalu lintas website toko online Anda yang terus berkembang.
  • Mobile responsive — saat ini lalu lintas mobile dan seluler menghasilkan lebih dari 50% traffic lalu lintas situs web global. Oleh karena itu, memiliki toko online yang mobile responsive akan berguna untuk meningkatkan conversion rate situs Anda.
  • SEO friendly — Anda juga perlu memastikan bahwa CMS toko online yang Anda pilih mempunyai alat SEO yang mumpuni. SEO adalah salah satu hal terpenting jika Anda ingin mendapatkan peringkat tinggi dan visibilitas di SERPs (search engine result pages).
  • Support — platform CMS toko online yang baik tentunya akan menyediakan tim support yang selalu siap membantu melalui berbagai saluran seperti live chat, call support, dan lain lain.
  • Harga — selain menawarkan alat dan sumber daya yang mencukupi, platform CMS harus juga harus mempunyai harga yang sepadan dengan kualitas.

Baca juga: 15 Template Toko Online WordPress Terbaik & Gratis

Rekomendasi CMS Toko Online Terbaik

Rekomendasi CMS Toko Online Terbaik

Untuk menemukan sebuah eCommerce platform yang mempunyai semua faktor tersebut tentunya tidak mudah. Untungnya, kami sudah memilih 3 pilihan terbaik untuk sahabat Qwords.

Nah pada bagian ini, kami akan memberikan review komplit beserta harga dan fitur unggulan dari setiap platform yang telah terpilih: Shopify, WooCommerce, dan juga Prestashop.

Baca juga: 10+ Website eCommerce Terbaik di Indonesia Saat Ini

Shopify

Jika sahabat Qwords sudah lama mencari CMS toko online, pastinya Anda sudah pernah mendengar tentang Shopify sebelumnya.

Shopify adalah salah satu platform eCommerce yang paling populer saat ini berkat fleksibilitas dan skalabilitasnya. 

Platform ini datang dengan fitur-fitur canggih yang bisa digunakan untuk mengakomodasi bisnis toko dengan skala kecil hingga bisnis eCommerce yang sudah besar.

Selain mendukung perkembangan toko online, Shopify juga menyediakan sistem point of sale yang sangat memudahkan penjualan di dalam toko Anda.

Fitur e-Commerce lainnya termasuk banyak pilihan payment gateway, pajak otomatis, marketing dan SEO, dan juga fitur dropshipping.

Dari segi desain, Shopify juga memberikan banyak fleksibilitas dalam membangun toko online Anda. Ada banyak pilihan template gratis dan berbayar yang tersedia di direktori tema Shopify.

Jika Anda membutuhkan bantuan dalam membangun toko online, Shopify juga menyediakan 24 jam support melalui email, live chat, dan juga telepon.

Selain itu, platform Shopify juga dikenal memiliki forum komunitas resmi dengan ratusan ribu member dan merchant yang siap membantu Anda.

Shopify juga menawarkan courses yang mencakup semua hal yang perlu Anda ketahui. Mulai dari cara menyiapkan toko Shopify hingga cara menggunakan fitur Shopify secara optimal.

Saat ini, harga Shopify mulai dari $29 USD per bulan dengan 2% biaya transaksi untuk pembelian dengan pembayaran non-Shopify.

Semua paket Shopify dilengkapi dengan web hosting, nama domain Shopify gratis, dan juga uji coba gratis 14 hari.

Baca juga: Apa Itu Shopify Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

WooCommerce

WooCommerce adalah plugin WordPress open-source yang memungkinkan Anda mengubah situs WordPress Anda menjadi toko online profesional.

Selain mendukung pembayaran online, WooCommerce juga mengakomodasi pre-order dan juga transaksi berbasis langganan.

Selain itu, penjual juga bisa dengan mudah menggunakan WooCommerce untuk menjual produk fisik, digital, dan juga memfasilitasi dropshipping.

WooCommerce memprioritaskan kemudahan penggunaan. Oleh karena itu, platform ini menyediakan Setup Wizard yang memandu Anda melalui semua proses instalasi toko online Anda.

Dalam sisi support, WooCommerce menyediakan saluran dukungan yang cukup lengkap seperti forum komunitas, halaman FAQ, dan sistem support ticket.

Software WooCommerce bisa diunduh dengan gratis melalui direktori plugin official WordPress,. Namun, tidak seperti Shopify, WooCommerce membutuhkan hosting dan nama domain pihak ketiga.

Jika Anda membutuhkan desain dan juga fungsi tambahan, WooCommerce juga menyediakan ekstensi plugin dan tema yang tersedia di WooCommerce direktori.

Baca juga: Cara Membuat Toko Online dengan WordPress

PrestaShop

PrestaShop adalah sebuah dedicated CMS yang memiliki banyak fitur dinamis dan mudah digunakan.  Anda bisa dengan mudah dan cepat membuat toko online dan mulai berjualan

Selain bisa digunakan untuk membuat toko online profesional secara cepat, keunggulan lain dari PrestaShop adalah adanya sejumlah fitur eCommerce untuk mendukung toko online Anda.

Fitur-fitur seperti manajemen produk, gateway pembayaran yang bisa dilakukan melalui PayPal maupun ATM transfer, checkout yang bisa dibuat sesuai keinginan, dan masih banyak lagi.

Selain itu, PrestaShop juga menyediakan analytics, perhitungan pajak, dan juga bantuan pelanggan tanpa harus menginstal plugin terlebih dahulu loh sahabat Qwords!

Jika Anda masih kurang puas dengan fitur-fitur yang tersedia, PrestaShop juga menyediakan extension plugin dan tema yang bisa Anda dapatkan dengan harga yang berbeda.

Sebagai eCommerce platform, PrestaShop sendiri sebenarnya bisa digunakan secara gratis. Namun tentunya Anda membutuhkan web hosting dan juga nama domain dari pihak ketiga untuk memulai toko online Anda.

Penutup

Bagaimana sahabat Qwords? Dengan ketiga pilihan terbaik tersebut, tentunya sekarang Anda tidak perlu pusing memilih CMS toko online yang paling tepat untuk bisnis Anda bukan?

Nah jika sudah memutuskan CMS platform yang akan digunakan, jangan lupa memilih layanan hosting terbaik untuk host situs toko online Anda ya sahabat Qwords!

Sebagai rekomendasi, Qwords.com menyediakan layanan value performance hosting mulai 14 ribuan per bulan dengan 24 jam support, 99.9% server up-time, dan juga unmetered bandwidth.

Tunggu apalagi? Yuk buka dan mulai bisnis toko online Anda bersama Qwords!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *