Dalam surat edarannya Nomor 01 Tahun 2018, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengumumkan bahwa tidak ada pembatasan nomor kartu seluler dalam 1 NIK (Nomor Induk Kependudukan).

Sebelumnya, Kemkominfo telah mengeluarkan peraturan bahwa 1 NIK/e-KTP maksimal hanya dapat mendaftarkan 3 nomor seluler. Namun peraturan tersebut ditangguhkan dan memberikan hak kepada outlet untuk menjadi mitra registrasi nomor seluler baru baik itu pendaftaran nomor ke-4 hingga seterusnya.

1 NIK Bisa Daftarkan Banyak Nomor Seluler
1 NIK Bisa Daftarkan Banyak Nomor Seluler

Kepada outlet penjual nomor seluler, Kemkominfo menghimbau agar memberikan laporan registrasi setiap 3 bulan sekali, terutama data pendaftar banyak nomor dalam 1 NIK.

tipsamaninternet
Baca juga: 7 Tips Mengakses Internet dengan Aman

Seperti yang beberapa bulan ini disosialisasikan, setelah 30 April 2018, nomor kartu seluler yang belum dilakukan daftar ulang akan diblokir dan tidak dapat digunakan seterusnya. Namun peraturan ini juga diperbarui oleh pemerintah bahwa nomor yang belum melakukan daftar ulang hingga tenggang waktu yang ditentukan tidak akan diblokir, namun harus melakukan registrasi seperti mekanisme pendaftaran baru (bukan mekanisme daftar ulang).

Peraturan ini dilakukan pemerintah untuk kepentingan konsumen, melindungi privasi mereka, dan menghindari bocornya informasi sensitif agar tidak disalah gunakan.

berbeda dengan Hosting, anda bebas memiliki hosting murah indonesia tanpa adanya batasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *